PERENCANAAN STRATEGI KOMUNIKASI PENCEGAHAN STUNTING DIREKTORAT KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI BKKBN (Studi Kasus Program Vodcast Waktu Indonesia Berencana Periode Oktober 2021-Oktober 2022)
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan paradigma pospositivisme untuk menggambarkan dan mengetahui perencanaan strategi komunikasi yang dilakukan Direktorat Komunikasi, Informasi, dan Edukasi dalam upaya melakukan pencegahan Stunting dan hambatannya pada program vodcast waktu indonesia berencana. Target sasarannya yaitu ibu hamil, calon pengantin, BKKBN Provinsi, dan orang tua, terkait pemahaman pencegahan dan bahaya Stunting dengan tujuan akhir perubahan sikap audiens. Metode pengumpulan data yang digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukan DITKIE BKKBN menerapkan semua tahap pada Model Perencanaan Komunikas Lima Langkah yaitu Penelitian, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengukuran dan Pelaporan. Penelitian dilakukan pada sebelum vodcast waktu indonesia berencana, menyiapkan tim produksi. Perencanaan pembuatan media dan isi konten vodcast waktu indonesia berencana, mencari narasumber, riset tema, target sasaran utama, peralatan, studio, brifing serta kerja sama dengan Kominfo, Mahaka Group, MNC Group dan Radio Kompas. Pelaksanaan melaksanakan tugas masing-masing pada tim produksi. Pengukuran evaluasi untuk mengetahui hasil akhir dan saat kegiatan vodcast, pada tahap evaluasi juga peneliti memakai Teori Adopsi Inovasi yaitu fase kesadaran (awareness), Keinginan (Interest), Evaluasi (Evaluation), Fase Mencoba (Trial), Fase Adopsi (Adoption) untuk melihat sikap informan terhadap vodcast wib dan masuk dalam tahap pengukuran/evaluasi. Tahap pelaporan merupakan akhir dari kegiatan vodcast, laporan berupa lisan dan tulisan (dokumen) dilaporkan kepada penanggung jawab vodcast wib, lalu dilaporkan lagi sebagai informasi progres vodcast kepada Koordinator, Direrktur, Deputi dan Kepala BKKBN.
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.https://journal.uinsi.ac.id/index.php/lentera_journal/article/view/428
ADPIN BKKBN.(2021). Indonesia Cegah Stunting https://www.BKKBN.go.id/berita-indonesia-cegah-Stunting#:~:text=Apa%20sih%20Stunting%20itu%3F,dari%20standar%20tinggi%20balita%20seumurnya diakses pada 17 November 2022.
Ali Nurdin. (2013). Strategi komunikasi dalam sosialisasi pembangunan jembatan Selat Sunda di Propinsi Banten dan Lampung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 183. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/356
Allifiansyah, S. (2018). Podcast dan Teori Uses & Gratifications. Academia. edu.
Cangara, H. (2013). Perencanaan dan strategi komunikasi. Raja Grafindo Persada.
Creswell, J. W., & Kualitatif, P. (2014). Kuantitatif dan Mixed. Edisi Ketiga. PUSTAKA PELAJAR, YOGYAKARTA.
Desa, K., Tertinggal, P. D., & Indonesia, T. R. (2017). Buku saku desa dalam penanganan Stunting. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.
Effendy, Onong Uchjana. (2015). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, 1-161.
Moekahar, F. (2021). Komunikasi Korporat Teori Dan Praktis: Strategi Komunikasi dan Perencanaan Strategi.
Moleong, J. Lexy, Prof. Dr., 2013, Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakaya. Bandung.
Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi.
Mulyana, D. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya).
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3-4.
Nurdin, A. (2013). Strategi komunikasi dalam sosialisasi pembangunan jembatan Selat Sunda di Propinsi Banten dan Lampung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 183-206.
Peraturan.bpk.go.id. (2021).Percepatan Penurunan Stunting https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/174964/perpres-no-72-tahun- 2021diakses pada tanggal 15 November 2022.
PUTRI, I. D. A. H. (2013). Difusi Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Politik Indonesia. Communication, 4(2).
Raharjo, T. B., & Kartika, T. (2019). Komunikasi sosial dan pembangunan. Katalog Dalam Terbitan (KDT), 70. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/viewFile/19239/18790
Siswati, T. (2018). Tri Siswati. Stunting. Yogyakarta. Husada Mandiri. 2018.
Sucin, S., & Utami, L. S. S. (2020). Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast. Koneksi, 4(2), 235-242.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suryadi, E. (2018). Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. PT Remaja Rosdakarya.
Tasruddin, R., & Astrid, F. (2021). Efektivitas Industri Media Penyiaran Modern “Podcast” di Era New Media. Al-MUNZIR, 14(2), 211-230.
UNICEF/WHO/WORLD BANK. (2021). Levels and trends in child malnutrition UNICEF / WHO / World Bank Group Joint Child Malnutrition Estimates Key findings of the 2021 edition. World Health Organization, 1–32.https://www.who.int/publications/i/item/9789240025257
Wijaya, I. S. (2015). 428-Article Text-1096-1-10-20160423. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatan Pembangunan, XVIII(VOL 17, NO 1 JUNI (2015): LENTERA), 53–61. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/lentera_journal/article/view/428
PERENCANAAN KOMUNIKASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT CHEVRON PACIFIC INDONESIA. Jurnal Komunikasi, 11(2), 123-134.
World Health Organization. (2021). Levels and trends in child malnutrition: UNICEF.
Yin, R. K. (2008). Studi Kasus: Desain dan Metode, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 29
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v21i01.703
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats