STRATEGI PERSONAL BRANDING MELALUI KONSEP SEGITIGA POSITIONING, DIFERENSIASI, BRAND (STUDI KASUS : TUKUL ARWANA SEBAGAI PRESENTER TERKENAL DI INDONESIA)

Ferdinand Nababan

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  berisi  tentang  strategi  personal  branding  melalui  konsep  segitiga  positionong- difrensiasi-brand.  Penelitian  ini terfokus  pada tukul sebagai  pelawak  dan presenter  terkenal  di Indonesia.  Rumusan  masalah  dalam  skripsi  ini adalah  bagaimana  strategi  personal  branding yang dilakukan oleh tukul untuk menjadi pelawak sekaligus   presenter terkenal di Indonesia. Adapun tujuan skripsi adalah untuk mengetahui strategi  personal branding yang dilakukan oleh tukul  sebagai  pelawak  serta  presenter  yang  terkenal  di Indonesia.  Subyek  penelitian  adalah tukul sebagai pelawak serta presenter karena menurut penelitian nama tukul sangat fenomenal dan menarik untuk dibahas karena dia memiliki karakter yang unik dan memiliki ciri khas yang  menjadi  trade-mark  tukul.  Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dengan metode   penelitian   studi   kasus.   Sifat   penelitian   yang   dipergunakan   adalah   eksplanasi. Sedangkan yang menjadi unit analisis adalah perseorangan. Sedangkan desain penelitian yang dipergunakan peneliti gunakan tipe 1, satu kasus yang dibahas yaitu strategi personal branding. Sedangkan yang menjadi sumber informasi dan data penelitian, peneliti menganalisa satu unit perseorangan yaitu tukul. Teknik pengumpulan data yang diambil yaitu secara primer dengan cara wawancara  dan observasi,  sekunder  dengan cara studi kepustakaan  dan dokumentasi. Analisis  data  penelitian  akan  menguraikan  data  yang  diperoleh  secara  deduktif.  Dalam penelitian   ini  menggunakan   konsep   segitiga  positionong-difrensiasi-brand   dalam  profesinya sebagai pelawak dan presenter terkenal, dengan demikian strategi  personal branding yang peneliti gunakan  hanya terbatas  3 elemen dari 9 elemen pemasaran  yaitu positionong-difrensiasi-brand. Dari hasil penelitian  ini, penulis  mendapatkan  hasil bahwa   strategi   personal  branding  yang dilakukan melalui konsep positionong yang tepat sebagai orang desa dengan segala kepolosan yang dia miliki. Sehingga dia memiliki difrensiasi dalam cara melawak yang tidak dibuat-buat, gaya bahasa yang “ndeso”  membuat  tukul tetap diingat masyarakat.  Dari sisi   brand tukul arwana  melakukan  strategi  untuk  menambahkan  nama  arwana  dibelakang  nama  Tukul, sebagai Brand dia sudah memiliki  brand charisma. Dapat disimpulkan  bahwa sebagai personal brand  tukul  berusaha  menyajikan  yang  terbaik  sesuai  dengan  kemampuan  yan  dia  miliki dengan  didukung   bakat  dan  pengalaman   selama  ini.  Dari  kesimpulan   tersebut   maka disarankan  agar tukul melakukan  inovasi  terbaru  dan melakukan  repositioning  dengan  terus belajar  menggali  potensi  yang  ada  di  dalam  dirinya  agar  tukul  tetap  eksis  di  panggung hiburan.

 

Kata Kunci: Strategi Personal Branding, Positioning, Difrensiasi


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alifahmi, Hifni, “Sinergi Komunikasi Pemasaran”, PT. Mizan Pustaka, Jakarta, 2005.

Amir, M. Taufiq, “Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2002.

Bahar, Ahmad, “Kisah Sukses dengan Kristalisasi Keringat : Tukul Arwana”, Swadaya, Jakarta, 2007.

Cangara, Hafied, “Pengantar Ilmu Komunikasi”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2007.

Celebrand, Bagus, “Tukul Kyai yang Menyamar jadi Presenter”, Wijayawiyata Media Utama, Jakarta, 2007.

Kartajaya, Hermawan, “Hermawan Kartajaya on Marketing”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002.

Kartajaya, Hermawan, “MarkPlus on Strategy”, PT.

Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.

----------------------------------, “positioning-difrensiasi- Brand”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.

Kasali, Rhenald, “Membidik Pasar Indonesia”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005.

Kottler, Philip, “Marketing Insights From A to Z”, Erlangga, Jakarta, 2003.

Kottler, Philip & Amstrong, Gary, “Prinsip. prinsip Pemasaran”, Edisi 12, Erlangga, Jakarta, 2006.

Lair, Daniel J, “Marketi zation and The Recasting of The Professional Self”, Management Communication Querterly 18, 2005.

Manasse, Malo, “Metode Penelitian Sosial : Proses Peneleitian dan Penjelasan Ilmiah”, Universitas Terbuka, Jakarta, 2000.

Moleong, Lexy, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.

-------------------, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Mulyana, Deddy, “Ilmu Komunikasi suatu Pengantar”, PT Remaja rosdakarya, Bandung, 2002.

Nicolino, Patricia F, “Brand Management”, Prenada

Media, Jakarta, 2004.

Shimp, Terence A, “Periklanan Promosi: Komunikasi Pemasaran Terpadu”, Erlangga, Jakarta, 2003.

Suyanto, Bagong dkk, “Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan”, Prenada Media, Jakarta, 2005.

Tjiptono, Fandi dkk, “Pemasaran Strategik”, CV.

Andi Offset, Jakarta, 2008.

Yin, Robert K, “Studi Kasus : Desain dan

Metode”, Raja Grafindo Persada, Jakarta,




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v5i2.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats