STRATEGI PERSONAL BRANDING MELALUI KONSEP SEGITIGA POSITIONING, DIFERENSIASI, BRAND (STUDI KASUS : TUKUL ARWANA SEBAGAI PRESENTER TERKENAL DI INDONESIA)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini berisi tentang strategi personal branding melalui konsep segitiga positionong- difrensiasi-brand. Penelitian ini terfokus pada tukul sebagai pelawak dan presenter terkenal di Indonesia. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi personal branding yang dilakukan oleh tukul untuk menjadi pelawak sekaligus presenter terkenal di Indonesia. Adapun tujuan skripsi adalah untuk mengetahui strategi personal branding yang dilakukan oleh tukul sebagai pelawak serta presenter yang terkenal di Indonesia. Subyek penelitian adalah tukul sebagai pelawak serta presenter karena menurut penelitian nama tukul sangat fenomenal dan menarik untuk dibahas karena dia memiliki karakter yang unik dan memiliki ciri khas yang menjadi trade-mark tukul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Sifat penelitian yang dipergunakan adalah eksplanasi. Sedangkan yang menjadi unit analisis adalah perseorangan. Sedangkan desain penelitian yang dipergunakan peneliti gunakan tipe 1, satu kasus yang dibahas yaitu strategi personal branding. Sedangkan yang menjadi sumber informasi dan data penelitian, peneliti menganalisa satu unit perseorangan yaitu tukul. Teknik pengumpulan data yang diambil yaitu secara primer dengan cara wawancara dan observasi, sekunder dengan cara studi kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data penelitian akan menguraikan data yang diperoleh secara deduktif. Dalam penelitian ini menggunakan konsep segitiga positionong-difrensiasi-brand dalam profesinya sebagai pelawak dan presenter terkenal, dengan demikian strategi personal branding yang peneliti gunakan hanya terbatas 3 elemen dari 9 elemen pemasaran yaitu positionong-difrensiasi-brand. Dari hasil penelitian ini, penulis mendapatkan hasil bahwa strategi personal branding yang dilakukan melalui konsep positionong yang tepat sebagai orang desa dengan segala kepolosan yang dia miliki. Sehingga dia memiliki difrensiasi dalam cara melawak yang tidak dibuat-buat, gaya bahasa yang “ndeso” membuat tukul tetap diingat masyarakat. Dari sisi brand tukul arwana melakukan strategi untuk menambahkan nama arwana dibelakang nama Tukul, sebagai Brand dia sudah memiliki brand charisma. Dapat disimpulkan bahwa sebagai personal brand tukul berusaha menyajikan yang terbaik sesuai dengan kemampuan yan dia miliki dengan didukung bakat dan pengalaman selama ini. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan agar tukul melakukan inovasi terbaru dan melakukan repositioning dengan terus belajar menggali potensi yang ada di dalam dirinya agar tukul tetap eksis di panggung hiburan.
Kata Kunci: Strategi Personal Branding, Positioning, Difrensiasi
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Alifahmi, Hifni, “Sinergi Komunikasi Pemasaran”, PT. Mizan Pustaka, Jakarta, 2005.
Amir, M. Taufiq, “Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.
Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2002.
Bahar, Ahmad, “Kisah Sukses dengan Kristalisasi Keringat : Tukul Arwana”, Swadaya, Jakarta, 2007.
Cangara, Hafied, “Pengantar Ilmu Komunikasi”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2007.
Celebrand, Bagus, “Tukul Kyai yang Menyamar jadi Presenter”, Wijayawiyata Media Utama, Jakarta, 2007.
Kartajaya, Hermawan, “Hermawan Kartajaya on Marketing”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002.
Kartajaya, Hermawan, “MarkPlus on Strategy”, PT.
Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.
----------------------------------, “positioning-difrensiasi- Brand”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.
Kasali, Rhenald, “Membidik Pasar Indonesia”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005.
Kottler, Philip, “Marketing Insights From A to Z”, Erlangga, Jakarta, 2003.
Kottler, Philip & Amstrong, Gary, “Prinsip. prinsip Pemasaran”, Edisi 12, Erlangga, Jakarta, 2006.
Lair, Daniel J, “Marketi zation and The Recasting of The Professional Self”, Management Communication Querterly 18, 2005.
Manasse, Malo, “Metode Penelitian Sosial : Proses Peneleitian dan Penjelasan Ilmiah”, Universitas Terbuka, Jakarta, 2000.
Moleong, Lexy, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.
-------------------, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.
Mulyana, Deddy, “Ilmu Komunikasi suatu Pengantar”, PT Remaja rosdakarya, Bandung, 2002.
Nicolino, Patricia F, “Brand Management”, Prenada
Media, Jakarta, 2004.
Shimp, Terence A, “Periklanan Promosi: Komunikasi Pemasaran Terpadu”, Erlangga, Jakarta, 2003.
Suyanto, Bagong dkk, “Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan”, Prenada Media, Jakarta, 2005.
Tjiptono, Fandi dkk, “Pemasaran Strategik”, CV.
Andi Offset, Jakarta, 2008.
Yin, Robert K, “Studi Kasus : Desain dan
Metode”, Raja Grafindo Persada, Jakarta,
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v5i2.64
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats