STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 2 BOGOR

Sri Nurlela, Amri Dunan

Abstract


Interaksi pembelajaran jarak jauh tidak terlepas dari peranan guru dalam mengatur strategi komunikasi. Batasan penelitian ini adalah ruang lingkup komunikasi interpersonal guru di SMAN 2 Bogor melalui PJJ. Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) berdampak pada kebijakan pemerintah untuk memerangi penyebaran virus seiring pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan dunia. Penelitian ini bertujuan bagaimana pelaksanaan strategi komunikasi interpersonal pelaksanaan pembelajaran online dalam pandemi COVID-19 kepada peserta didik SMAN 2 Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data secara Triangulasi yaitu melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk sumberdata yang sama secara serempak. Hasil studi menunjukkan dalam mengetahui dan menganalisis perencanaan dan pelaksanaan strategi komunikasi interpersonal guru dalam penyampaian pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19 kepada peserta didik SMAN 2 Bogor, yakni: a) Guru menata kembali kelas tatap muka menjadi kelas jarak jauh; b) Guru memberikan dukungan mental dan emosional kepada peserta didik untuk memotivasi mereka berpartisipasi dalam pembelajaran dan membantu mereka mengatasi ketakutan dan kecemasan; c) Guru mendidik dan mendorong peserta didik agar merasa nyaman dan dipahami saat belajar online.

 

Kata Kunci : COVID-19, Strategi, Pelaksanaan, Online

Full Text:

PDF

References


Alqahtani, Rajkhan. (2020). E-Learning Critical Success Factors durinng the COVID-19 Pandemic: A Comprehensive Analysis of E-Learning Managerial Perspectives. International Journal of Education Sciences.

Asgarwijaya, D. (2015). Strategi Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Murid Paud (Studi Deskriptif Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Murid PAUD Tunas Bahari Dalam Kegiatan Belajar Mengajar).

Belawati. (2019). Pembelajaran Online. Universitas Terbuka Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Elva Ronaning Roem, Sarmiati. (2019). Komunikasi Interpersonal. Purwokerto: CV IRDH.

Hamid, Sentryo, Hasan. (2020). Online Learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Prima Edukasia, 86-95.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.

Hermawan. (2021). The Rise of E-Learning in COVID-19 Pandemic in Private University: Challenges and Opportunities. IJOGER: International Journal of Recent Educational Researh, Vol. 2, No. 1, 86-89.

Muh Hasan Marwiji dan Eneng Yeni Mariah. (2021). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan.

Muktiyo, W. (2020). Strategi Komunikasi dan Diseminasi Informasi Publik Pemerintah Terkait Penanggulangan Pandemi Covid-19. Jakarta: Halaman Moeka Publishing.

Mulyana. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Covid-19. Jakarta: Litbangdiklat Press.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nurdin, A. (2020). Teori Komunikasi Interpersonal (Disertai contoh Fenomena Praktis). Jakarta: Kencana.

Pratiwi, I. W. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar, Klaten, Jawa Tengah. JP3SDM, Vol. 9. No. 2.

Purandina, I. P. (2021). Guru Dalam Membangun Strategi Komunikasi Interpersonal Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 1 No. 3.

Salim, Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keadaam dan Pendidikan. Medan: Citapustaka Media.

Suryadi, E. (2021). Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v20i01.573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats