PENGARUH PESAN KAMPANYE REAL PEOPLE REAL BODY DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BRAND IMAGE NIPPLETS PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @NIPPLETS_OFFICIAL
Abstract
Perempuan sering kali diabaikan, direndahkan, dan dipaksa dimasukkan ke dalam kotak berjudul standar kecantikan. Perempuan cantik harus tinggi, langsing, berkulit putih, berambut hitam panjang, dan masih banyak lagi kualifikasi yang harus dipenuhi untuk diakui kecantikannya. Perempuan juga terikat dengan peraturan dan norma-norma tertentu yang mana perempuan harus selalu menyetujui peraturan tersebut. Penggunaan lingerie adalah salah satunya. Lingerie diketahui sebagai pakaian yang digunakan untuk memuaskan hasrat laki-laki, dan perempuan yang mengenakannya akan dicap sebagai perempuan yang kurang baik dan berkurang rasa hormat dan nilainya. Untuk mematahkan kedua stereotip ini, Nipplets melalui kampanyenya, Real People Real Body angkat bicara, mengedukasi dan memberikan informasi terkait standar kecantikan dan lingeries untuk meningkatkan kepercayaan diri wanita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah terdapat dan seberapa besar pengaruh antara Pesan Kampanye, Persepsi Konsumen dan Brand Image. Penelitian ini menggunakan metodologi Kuantitatif. Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara Pesan Kampanye RPRB dan Persepsi Konsumen terhadap Brand Image Nipplets sebesar 45,5%.
Full Text:
PDFReferences
Aaker, & Biel, D. A. (2009). Brand Equity and Advertising: Advertising Role In Building Strong Brand. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Anggraini, M. (2019). Hubungan Antara Citra Tubuh dan Kepercayaan Diri pada Wanita Bertubuh Besar (Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta). Diakses dari https://repository.usd.ac.id/35408/2/129114023_full.pdf
Asy’ari, M. F. (2021). Perempuan dan Standar Kecantikan [Artikel Jurnal]. Diakses dari https://komahi.uai.ac.id/perempuan-dan-standar-kecantikan/
Body Image Survey Results (2020). The Women and Equalities (Publications). House of Commons. Diakses dari https://publications.parliament.uk/pa/cm5801/cmselect/cmwomeq/80 5/80502.htm
Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta, Indonesia: KENCANA.
Dewi, V. R., & Winduwati, S. (2019). Kampanye Tubuh Positif Perempuan “Real People Real Body” oleh @Nipplets_official (Skripsi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanegara). Diakses dari https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6352/49
Djamarah, Syaiful Bahri. (2014). Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Dove Ajak Perempuan Indonesia Rayakan Kecantikan yang Beragam. [Artikel Weblog]. Diakses dari https://www.unilever.co.id/news/press-releases/2018/dove-cantik- satukan-kita/
Fadila, D., Ridho, S., & Zainal., L. (2013). Perilaku Konsumen. Palembang, Indonesia: Citrabooks.
Frederick, D. A., Peplau, L. A., & Lever, J. (2006). The swimsuit issue: Correlates of body image in a sample of 52,677 heterosexual adults. Body Image, 3(4), 413–419. Diakses dari https://doi.org/10.1016/j.bodyim.2006.08.002
Gusril, F. (2017). Perancangan Kampanye Periklanan Program Petualang Romantis Untuk Membangun Brand Awareness Travelxpose. com Sebagai Media Referensi Travelling. Diakses dari https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/11283
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran. (1st ed). Jakarta, Indonesia: Erlangga.
Kustiani, R. (2019, September 20). Salah Kaprah Tentang Lingerie, Kerap Dikaitan dengan Hal Negatif [Artikel Weblog]. Diakses dari https://cantik.tempo.co/read/1250013/salah-kaprah-tentang-lingerie- kerap-dikaitan-dengan-hal-negatif
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (Eds). (2009). Encyclopedia of Communication Theory. California, USA: SAGE Publications.
Mind Shift (2021) How Body Image Affects Self-Esteem? [Artikel Weblog]. Diakses dari https://www.mindshiftwellnesscenter.com/how-body- image-affects-self-esteem/
Nabavi, R. T. (2012). Bandura’s Social Learning Theory & Social Cognitive Learning Theory. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/267750204_Bandura%27s _Social_Learning_Theory_Social_Cognitive_Learning_Theory
Nugroho, F. D. (2010). Pengaruh Sikap pada Pesan Kampanye Terhadap Loyalitas Konsumen. (Disertasi Doktoral, Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Diakses dari http://e- journal.uajy.ac.id/1887/1/0KOM02732.pdf
Putri, A. W., & Teguh, I. (2021, Oktober 12). Menjajal Lingerie untuk Kesehatan Mental Perempuan [Weblog]. Diakses dari https://tirto.id/menjajal-lingerie-untuk-kesehatan-mental-perempuan- gkho
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior. (Fifteenth Edition) Boston: Pearson. Diakses dari https://hostnezt.com/cssfiles/businessadmin/Organizational%20Beha vior%20By%20Stephen%20P%20Robbins%20&%20Timothy%20A% 20Judge%205th%20Ed.pdf
Schunk D.H. (1995) Self-Efficacy and Education and Instruction. In: Maddux J.E. (eds) Self-Efficacy, Adaptation, and Adjustment. The Plenum Series in Social/Clinical Psychology. Boston: Springer. Diakses dari https://doi.org/10.1007/978-1-4419-6868-5_10
Syamsiyah, M. N. (2020, Januari 31). Misi Nipplets untuk Bikin Perempuan Percaya Diri Pakai Lingerie. [Artikel Weblog]. Diakses dari https://kumparan.com/kumparanwoman/misi-nipplets-untuk- bikinperempuan-percaya-diri-pakai-lingerie-1skWuFGc64Q
Venus, A. (2009). Manajemen Kampanye. Bandung, Indonesia: Simbiosa Rekatama Media.
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v20i01.539
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats