PENGARUH JINGLE IKLAN GULAKU TERHADAP BRAND AWARENESS AUDIENCE IBU-IBU ARISAN KOMPLEK MERUYA – JAKARTA BARAT

Helmi Geisfarad

Abstract


Penelitian ini diharapkan dapat menjadi suatu pengetahuan bagi pembaca mengenai keberhasilan suatu produk dalam membangun merek dengan bantuan jingle dan juga fungsi jingle dalam beriklan. Serta diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak Sugar Group sehingga data atau informasi hasil penelitian yang dikumpulkan dapat memberi sumbangan pemikiran dan saran ataupun ide yang bermanfaat dalam meningkatkan kegiatan advertising ataupun marketing public relations. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif Deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Pada umumnya penelitian ini menggunakan statistik induktif untuk menganalisis data penelitiannya. Format deskriptif ini dapat dilakukan pada penelitian studi kasus dan survei, sehingga  format deskriptif studi kasus atau format deskriptif survei. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Yang menjadi variabel bebas adalah jingle iklan Gulaku, dan variabel terikatnya adalah brand awareness Audience Ibu-Ibu Arisan Komplek Meruya. Hasil penelitian di lapangan, Audience Ibu-Ibu Arisan Komplek Meruya memberikan respon yang positif terhadap jingle iklan Gulaku. Menurut mereka, jingle iklan tersebut menarik, dapat langsung dicerna dan mereka dengan mudah mengingat dan menyanyikan jingle iklan tersebut. Mereka menganggap lagu popular yang digunakan sebagai jingle iklan berpengaruh besar, karenanya jingle iklan Gulaku ini banyak disukai.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v19i01.499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats