TARIK-MENARIK KEKUATAN KAPITAL DAN PERJUANGAN IDEALISME ETIKA MEDIA DALAM PERSAINGAN INDUSTRI TELEVISI DI INDONESIA
Abstract
Abstrak
Industri siaran televisi di Indonesia mengalami pertumbuhan dan perubahan arah idealisme pada tahun 80an. Pertumbuhan dan perubahan besar ini diakibatkan oleh kepentingan da- lam ekonomi dan politik yang terjadi. Serangkaian perubahan yang terjadi terutama dengan diwujudkannya aspek legalitas melalui perundang-undangan telah berdampak besar bagi industri penyiaran Tanah Air khususnya televisi. Tidak saja terjadi penambahan jumlah stasiun televisi nasional, namun juga terus berkembang dengan munculnya televisi-televisi daerah dan televisi lokal atau televisi komunitas. Industri penyiaran televisi kemudian muncul sebagai salah satu industri yang menjadi magnet sangat kuat bagi para investor, terutama investor-investor besar yang menanamkan modalnya membangun stasiun televisi nasional dan jejaringnya di daerah.
Kata Kunci: Kekuatan Kapital, Industri Media, Idealisme
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Gerbner, George; Larry Gross, Michael Morgan, dan Nancy Signorielli, “Growing Up with Television: The Cultivation Perspective”, edited by Jennings Bryant and Dolf Zillmann in Media Effects: Anvances in Theory and Research. Lawrence Erlbaum Associates Publishers, Hove UK, 1994.
Hirst, Martin dan Roger Patching. Journalism Ethics: Arguments and Cases. Oxford, New York, 2005.
Ishadi S.K, “Kode Etik Penyiaran: Jawaban Profesional Broadcaster terhadap Idealisme Penyiaran Radio dan Televisi”, Paper yang diseminarkan pada Peringatan Hari Pers Nasional Indonesia, Bandung 8 Februari 2006.
McQuail, Dennis, “McQuail’s Mass Communication Theory”, 4th edition, SAGE Publications, London, 2000.
McChesney dan Nichols, “Our Media, Not Theirs: The Democratic Struggle Against Corporate Media”, McGraw Hill, New York, 2002.
Merrill, John C, “The Dialectic in Journalism: Towards Responsible Use of Press Freedom”, Baton Rouge, Lousiana State University Press, USA, 1989.
Russell, J. Thomas dan W. Ronald Lane, “Kleppner’s Advertising Procedure”, 14th edition. Prentice Hall, New York, 1999.
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v5i1.48
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats