TARIK-MENARIK KEKUATAN KAPITAL DAN PERJUANGAN IDEALISME ETIKA MEDIA DALAM PERSAINGAN INDUSTRI TELEVISI DI INDONESIA

Zinggara Hidayat

Abstract


Abstrak

Industri siaran televisi di Indonesia mengalami pertumbuhan  dan perubahan arah idealisme pada tahun 80an.   Pertumbuhan  dan perubahan besar ini diakibatkan oleh kepentingan da- lam ekonomi dan politik yang terjadi. Serangkaian perubahan yang terjadi terutama dengan diwujudkannya  aspek  legalitas  melalui  perundang-undangan   telah  berdampak  besar  bagi industri  penyiaran  Tanah  Air  khususnya  televisi.  Tidak  saja  terjadi  penambahan  jumlah stasiun  televisi  nasional,  namun  juga terus berkembang  dengan  munculnya  televisi-televisi daerah dan televisi lokal atau televisi komunitas. Industri penyiaran televisi kemudian muncul sebagai  salah satu industri  yang menjadi  magnet  sangat  kuat bagi para investor,  terutama investor-investor  besar  yang menanamkan  modalnya  membangun  stasiun  televisi  nasional dan jejaringnya di daerah.

 

Kata Kunci: Kekuatan Kapital, Industri Media, Idealisme


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Gerbner, George; Larry Gross, Michael Morgan, dan Nancy Signorielli, “Growing Up with Television: The Cultivation Perspective”, edited by Jennings Bryant and Dolf Zillmann in Media Effects: Anvances in Theory and Research. Lawrence Erlbaum Associates Publishers, Hove UK, 1994.

Hirst, Martin dan Roger Patching. Journalism Ethics: Arguments and Cases. Oxford, New York, 2005.

Ishadi S.K, “Kode Etik Penyiaran: Jawaban Profesional Broadcaster terhadap Idealisme Penyiaran Radio dan Televisi”, Paper yang diseminarkan pada Peringatan Hari Pers Nasional Indonesia, Bandung 8 Februari 2006.

McQuail, Dennis, “McQuail’s Mass Communication Theory”, 4th edition, SAGE Publications, London, 2000.

McChesney dan Nichols, “Our Media, Not Theirs: The Democratic Struggle Against Corporate Media”, McGraw Hill, New York, 2002.

Merrill, John C, “The Dialectic in Journalism: Towards Responsible Use of Press Freedom”, Baton Rouge, Lousiana State University Press, USA, 1989.

Russell, J. Thomas dan W. Ronald Lane, “Kleppner’s Advertising Procedure”, 14th edition. Prentice Hall, New York, 1999.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v5i1.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats