ANALISIS VIRALITAS MEME WILL SMITH DAN CHRIS ROCK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DRAMA TELYU

Kahfi Dimas Mahendra, Moh Faidol Juddi

Abstract


Internet meme merupakan sebuah fenomena yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat yang berkembang karena beradaptasi dengan perkembangan teknologi internet. Sebuah internet meme memiliki daya difusi tinggi yang disebabkan oleh aspek viralitas yang terdapat dalam sebuah meme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek viralitas pada meme Will Smith dan Chris Rock melalui unggahan di Instagram Drama Telyu yang dipaparkan secara narasi deskriptif. Penelitian akan menggunakan metode penelitian kualitatif yang akan mengacu para teori Malcolm Gladwell terkait tentang Tipping Point atau sebuah fenomena yang terjadi secara cepat dan penyebaran yang cukup luas dan terdapat tiga faktor utama yakni The Law of Few, The Stickiness Factor, dan The Power of  Context. Hasil penelitian menunjukan bahwa viralitas disebabkan oleh seorang mahasiswa Telkom University yang memproduksi sebuah meme dengan idenya tersendiri lalu dibagikan melalui media sosial Instagram Drama Telyu dengan memanfaatkan kekerasan Will Smith dalam gambar sebagai ketegasan pesan dengan memanfaatkan konteks kondisi yang menjadi keresahannya sebagai mahasiswa Telkom University. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa faktor viralitas meme Will Smith dan Chris Rock di Instagram Drama Telyu mengungkapkan seorang mahasiswa Telkom University yang membentuk sebuah meme kreasinya sendiri dan selaras dengan teori The Tipping Point Malcolm Gladwell yang menjelaskan sebuah fenomena dapat memiliki dampak yang besar dan difusi yang tinggi .


Full Text:

PDF

References


Aditya Nugraha, Ratih Hasanah Sudrajat, B. P. S. P. (2020). Fenomena meme di media sosial: Studi etnografi virtual posting meme pada pengguna media sosial instagram. Jurnal Sosioteknologi, 17(101), 500. https://doi.org/https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2015.14.3.3

Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks : Analisis Isi Film. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462

Dawkins, R. (2006). The Selfish Gene (30th ed.). Oxford University Press Inc.

Gladwell, M. (2002). The Tipping Point : How Little Things Can Make a Big Difference. Oxford University Press Inc.

Juditha, C. (2015). Meme di Media Sosial : Analisis Semiotik Meme Haji Lulung Meme in Social Media : Semiotic Analysis Of Hajj Lulung Memes. Jurnal Pekommas, 18(2), 105–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180204

Khasanah, A. N., & Mansoor, A. Z. (2020). Kajian Fenomena Viral Meme Internet Chuck Norris Pendahuluan Hiburan sudah menjadi kebutuhan bagi manusia sejak media hiburan visual. Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual Seni Rupa Dan Media, 1(1), 89–101.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.38010/dkv.v1i1.12 Kajian

Lesmana, S. (2022). Insiden Penamparan di Panggung Oscar, Will Smith Minta Maaf ke Chris Rock. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/hiburan/909191/insiden-penamparan-di-panggung-oscar-will-smith-minta-maaf-ke-chris-rock

Nawawi, E. A., Izzudin, M. F., Atiqah, N., & Zulkafli, M. (2020). Identifying the Factors Affecting Internet Memes to Become Viral on Social Media. 183–186.

Pertiwi, W. K. (2019, December 23). Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia? Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia

Saefullah. (2020, November 30). Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi Terhadap Karakter Anak. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pengaruh-kemajuan-teknologi-komunikasi-dan-informasi-terhadap-karakter-anak

Sakti, L., Rohmah, N., & Kusuma, R. S. (2018). Setyo Novanto Sebagai Meme Internet : Analisis Dimensi Mimetik di Youtube. Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 10(2), 103–122. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/komuniti.v10i2.7884

Shifman, L. (2013). Memes in a Digital World : Reconciling with a Conceptual Troublemaker. Journal of Computer-Mediated Communication Memes, 18, 362–377. https://doi.org/10.1111/jcc4.12013

Shifman, L. (2014a). journal of visual culture. 13(3), 340–358. https://doi.org/10.1177/1470412914546577

Shifman, L. (2014b). Memes in Digital Culture. MIT Press.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (S. Suryandari (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v20i02.474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats