PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR KPOP (STUDI FENOMENOLOGI TENTANG PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR KPOP SEBAGAI AUDIENS VIDEO MUSIK GIRLBAND BLACKPINK DI KOMUNITAS BLINKEU)

Rusdiansyah Rusdiansyah, Fajarina Fajarina

Abstract


ABSTRACT

This research is entitled “Communication Behavior of Kpop Fans (Phenomenological Study of Communication Behavior of Kpop Fans as Audience of Blackpink Girlband Music Video in Blinkeu Community). The purpose of the research is to understand the communication behavior of kpop fans as the audience of Blackpink's music videos in the Blinkeu community. In this study, the researcher used a descriptive qualitative research method in revealing facts from the field. This study aims to find data from individual kpop fans because the opinions of each individual are different in responding to kpop culture, researchers have selected five informants. In this study, what will be studied is the communication behavior of the Blinkeu community with verbal and nonverbal behavior using phenomenological theory with motives because motives and in order to motives. Researchers describe the steps and stages of communication behavior by using a descriptive study. The researcher interprets that the phenomenological approach in qualitative research is an appropriate way or method to answer the phenomenon of a problem that is studied more deeply on an object of research.

Keywords: Communication Behavior, Phenomenology, Kpop.

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Perilaku Komunikasi Penggemar Kpop (Studi Fenomenologi Tentang Perilaku Komunikasi Penggemar Kpop Sebagai Audiens Video Musik Girlband Blackpink  Di Komunitas Blinkeu)”. Tujuan dari penelitian yaitu untuk memahami perilaku komunikasi penggemar kpop jadi audiens video musik Blackpink di komunitas Blinkeu. Dalam studi ini peneliti memakai metode penelitian kualitatif yang sifatnya deskriptif guna ungkapkan fakta dari lapangan. Tujuan studi ini guna mencari data dari penggemar kpop secara individu disebabkan pendapat dari tiap  individu berbeda-beda guna sikapi budaya kpop peneliti telah memilih lima orang informan. Dalam penelitian ini yang akan diteliti peneliti adalah perilaku komunikasi komunitas Blinkeu dengan perilaku verbal dan nonverbal menggunakan teori fenomenologi dengan motif “Because Of Motif dan In Order To Motif. Peneliti  mencoba mendeskripsikan langkah-langkah dan tahapan sebuah perilaku komunikasi dengan menggunakan studi deskriptif. Peneliti menginterpretasikan pendekatan fenomenologi pada studi kualitatif ialah cara yang sesuai guna jawab fenomena suatu permasalahan penelitian lebih dalam pada suatu objek penelitian.

Kata Kunci: Perilaku Komunikasi, Fenomenologi, Kpop


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. “Kamus lengkap sosiologi : menguraikan arti istilah-istilah sosiologi dari pakar bahasa untuk pelajar dan mahasiswa”. (Surakarta:Aneka,1990), hlm.108.

Arni Muhammad. 2011. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Bungin, Burhan. 2001. “Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif”. Yogyakarta:Gajah Mada Press.

Barnard, M. 2011. “Fashion Sebagai Komunikasi”. Yogyakarta: Jalasutra

Hollows, Joanne. 2000. “Feminisme, Feminitas dan Budaya Populer”. Yogyakarta: Jalasutra.

Hidayat, D. N. 2007. “Pengantar Komunikasi Massa”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ian Craib, “Teori-Teori Sosial Moderen: Dari Parsons Sampai Habermas”, (Jakarta: Rajawali Pers, 1992), hlm. 127-128.

Krisyanto, Rachmat. 2007. “Teknis Praktis Riset Komunikasi”. Jakarta:Kencana.

Laurens, Joyce Marcella. 2004. “Arsitektur dan Perilaku Manusia”. Jakarta: PT. Grasindo.

Lexy J. Moleong. 1990. “Metodelogi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong. 2001. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong. 2005. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong. 2006. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2008. “Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy & Solatun. “Metode Penelitian Komunikasi”. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008), hlm.91

Mulyana, Deddy. 2005. “Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Newman, W L. 1997. “Social Research Methods Qualitative and Quantitative Approache”. Boston: Allyn & Bacon.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. “Pendidikan dan Perilaku Kesehatan”. Jakarta: PT Asdimahasatya.

Riswandi, “Ilmu Komunikasi, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009)”, hlm. 1-2.

Ritzer, George and Douglas J. Goodman. 2014. “Teori Sosiologi Sosiologi”. Bantul: Kreasi Wacana.

Ritzer, George dan Barry Smart. (2012). “Handbook Teori Sosial”. Jakarta:Nusa Media.

Schutz, A.1967 [1932]. “The Phenomenology of the Social World. Trans”. G. Walsh/F. Lehnert.Evanston: Northwestern University Press.

Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Wiryanto. 2004. “Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan ke-3”. Jakarta: PT. Grasindo-Gramedia Widiasarana Indonesia.

Widjaja, A.W. 2000. “Komunikasi dan Hubungan Masyarakat”. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito, B. (2010). “Pengantar psikologi umum”. Yogyakarta: Andi.

Jurnal :

Anwar, C. R. (2018). “Mahasiswa dan k-pop (studi interaksi simbolik k-popers di Makassar)”. Jurnal Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim, 1(1), 1-12.

Kusumawati. 2016. “Komunikasi Verbal dan Nonverbal”. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(2).

Nurfadiah, R. T., & Yulianti, A. (2017). “Konformitas dengan kepercayaan diri pada remaja komunitas pecinta korea di Pekanbaru”. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 2(2), 1-12

Simbar, Frulyndese. K. 2016. “Fenomena Konsumsi Budaya Korea Pada Anak Muda Di Kota Manado”. Jurnal Holistik. Volume (18).

Wahyudi, Akmaliah Muhammad. 2013. “Memahami Fenomena Halyyu. Jurnal Masyarakat dan Budaya”. Vol.15. hal. 201-212.

Website :

Dewanti, I. F. 2015. “Analisis isi Komentar Pemberitaan pada Portal Berita Republika Online (Studi Analisis Isi Komentar Pemberitaan tentang Pro Kontra Menteri Susi Pudjiastuti pada Portal Berita Republika Online Periode 27 Oktober 2014-13 November 2014”. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Nataliwaty, Rizkie Dwie. 2002. “Penggemar setia Sheila On 7 studi tentang fanatisme dan pengidolaan public figur”.Yogyakarta:UGM From https://text-id.123dok.com/document/zlnvvx2q-analisis-perilaku-fanatisme-penggemar-boyband-korea-studi-pada-komunitas-safel-dance-club.html

Nugraini, E. D. (2016). “Fanatisme remaja terhadap musik populer korea dalam perspektif psikologi sufistik (Studi kasus terhadap EXO-L) (skripsi)”. Fakultas Ushuluddin UIN Walisongo. Semarang.

Rafsanjani, A. (2014). “Analisis perilaku fanatisme penggemar boyband korea (studi pada komunitas safel dance club)”. Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v19i02.466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats