JURNALISME BEBAS DAN BERTANGGUNG JAWAB

Erman Anom

Abstract


Abstrak

Fungsi media massa adalah pengamatan sosial, korelasi sosial, sosialisasi dan hiburan. Praktek-praktek jurnalisme harus selalu berlandaskan kepada fungsi media massa itu sendiri. Untuk Indonesia dewasa ini ada pendapat yang dipraktekkan ada yang menyebut jurnalisme bermakna, ada yang berpendapat jurnalime patriotisme. Sedangkan pada Orde Baru dikenal dengan jurnalisme pembangunan. Sedangkan yang tepat untuk Indonesia adalah jurnalisme bebas dan bertanggung jawab. Jurnalisme bebas dan bertanggung jawab adalah kebebasan untuk menyatakan serta  menegakkan kebenaran dan keadilan, dan bukanlah kebebasan yang sebebas-bebasnya.

 

Kata Kunci: Media massa, jurnalisme, kebebasan dan bertanggung jawab


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anom, Erman, ”Dasar dan sistem akhbar dalam era kepimpinan Soeharto 1966-1998”, Tesis Doktor Falsafah, Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi, 2006.

Lasswell, Harold, D, ”Politics: who get what when and how”, McGraw Hill Book.co, London, 1936.

McQuail, D.T, ”Mass communication theory: an introduction”, Sage Publications, London, 1983.

Merrill, J.C, “A conceptual overview of world Jurnalism”, Dlm. Hinz Dittrich & John C Merrill (pnyt), Internasional Inter Cultural. Communication, Hasting House Publisher, New York, 1971.

Merrill, J.C, “The Imperative of freedom: a philosophy of journalistic autonomy”, Hastings House Publisers, New York, 1974.

Mohd. Safar Hasim, ”Akhbar dan kuasa: perkembangan sistem akhbar di Malaysia sejak 1806”, Universiti Malaya, Kuala Lumpur, 1996.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v4i2.45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats