Strategi Promosi Menarik Minat Mahasiswa Baru Di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang

Probo Sari, Hedi Pudjo Santosa

Abstract


Abstract – Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang merupakan perguruan tinggi swasta jurusan ilmu komunikasi pertama di Jawa Tengah yang telah berdiri sejak tahun 1969. STIKOM Semarang sebagai sebuah kampus
tentu membutuhkan mahasiswa baru dalam proses perkuliahan. Jumlah mahasiswa baru setiap tahun belum mengalami peningkatan yang signifikan. Permasalahan tersebut membuat ketua pelaksana dan staf promosi membuat perencaaan strategi promosi yang tepat. Teori utama yang digunakan sebagai landasan perencanaan strategi yaitu bauran promosi antara lain advertising, sales promotion, publisitas, dan personal selling. Teori tersebut sesuai dengan strategi promosi yang dibutuhkan STIKOM Semarang. Penelitian ini  menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena tujuannya untuk menangkap berbagai macam informasi yang dibutuhkan. Peneliti mampu mendapatkan data lengkap dan komprehensif dengan cara menggunakan teknik wawancara mendalam dan perekaman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa strategi promosi yang dilakukan STIKOM Semarang sesuai dengan teori yang digunakan oleh peneliti.

Kata Kunci : perguruan tinggi, strategi promosi, bauran promosi 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v19i01.437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats