ANALISIS SENTIMEN DAN OPINI DIGITAL KAMPANYE 3M DI MASA COVID-19 MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER

Fajar Rizali Rakhman, Rizky Wulan Ramadhani, Yohanes Ari Kuncoroyakti

Abstract


Peningkatan kasus covid-19 di Indonesia mengharuskan pemerintah melakukan langkah strategis untuk menekan angka penularan dan kenaikan kasus positif baru. Kampanye Gerakan 3M saat ini sedang gencar dilaksanakan dengan memanfaatkan media sosial Twitter. Tujuan dari penelitian ini mengetahui aktor yang terlibat dalam pembentukan persepsi atau opini digital menggunakan analisis sentimen dan Social Network Analysis yang terbentuk pada pengguna Twitter dalam kampanye 3M di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Method dengan menggabungkan kuantitatif untuk perhitungan statistik jaringan komunikasi dengan sampel 1000 datatweet, jumlah aktor 51 dan 43 relasi menggunakan netlytic dan gephi dan kualitatif untuk menganalisis teks menggunakan digital movement opinion yang akan menggambarkan dan menjelaskan jaringan sosial didasarkan pada struktur jaringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye gerakan 3M mampu menciptakan mobilitas pendapat pengguna Twitter yaitu 87% bingung, 11% mendukung, dan 2% sarkasme terhadap kampanye gerakan 3M, namun belum efektif dalam suatu jaringan komunikasi. Dibantu aktor populer @poljokesid, @subtanyarl, 38 kedekatan aktor, perantara 0.0, dan @poljokesid sebagai aktor penting dengan memiliki nilai sentimen positif sebesar 5,4%, negatif 62,9% dan netral 31,7%. Reaksi emosional yang ditunjukkan adalah fear, surprise, joy, anger, sadness, disgust.


Full Text:

PDF Indonesia

References


Airoldi, M., Barisione, M., & Michailidou, A. (2019). Understanding a Digital Movement of Opinion : The Case of # RefugeesWelcome. Information, Communication & Society, 22(8), 1–44.

Anwar, R. K., & Rusmana, A. (2017). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengelola Perpustakaan (Studi Kasus pada Sekolah/Madrasah di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(3), 204–208. journdharmakarya/article/viewFile/11437/5233al.unpad.ac.id/

Barisione, M., & Ceron, A. (2017). A Digital Movement of Opinion ? Contesting Austerity Through Social Media. https://doi.org/10.1057/978-1-137-59890-5

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082

Cahyono, Y. (2017). Analisis Sentiment pada Sosial Media Twitter Menggunakan Naїve Bayes Classifier dengan Feature Selection Particle Swarm Optimization dan Term Frequency. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 14. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1500

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. PT. Pustaka Pelajar.

Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Prenadamedia Group.

Eriyanto. (2019). Hashtags and Digital Movement of Opinion Mobilization : A Social Network Analysis / SNA Study on # BubarkanKPAI vs # KamiBersamaKPAI Hashtags. Jurnal Komunikasi Indonesia, VIII(3).

Hadiana, A. I., & Witanti, W. (2017). Analisis Jejaring Sosial Menggunakan Social Network Analysis untuk Membantu Social CRM bagi UMKM di Cimahi. 29–36.

Hamidati, A. (2011). Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi. Mata Padi Pressindo. https://books.google.co.id/books?id=X_lHDwAAQBAJ&pg=PR4&dq=Alfa+Hartoko+2011&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwij__PWsMXrAhWTbX0KHVknCM4Q6AEwAnoECAYQAg#v=snippet&q=Brand&f=false

Hartanto. (2017). Text Mining dan Sentimen Analisis Twitter Pada Gerakan LGBT. Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(1), 18–25.

Isanta, S. A., Fatichah, C., & Purwitasari, D. (2016). Ekstraksi Kata Kunci Metadata Twitter Berbahasa Indonesia dengan Pendekatan Grammatical Tagging untuk Visualisasi Trend Produk Brand. Jurnal Inspiration, 6(2), 92–104.

Kemenkes. (2020). Kampanye Nasional Disiplin Pakai Masker. https://www.kemkes.go.id/article/view/20083000003/kampanye-nasional-disiplin-pakai-masker.html

Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana.

Kurniawan, R., & Apriliani, A. (2020). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Virus Corona Berdasarkan Opini Dari Twitter Berbasis Web Scraper. Jurnal INSTEK (Informatika Sains Dan Teknologi), 5(1), 67. https://doi.org/10.24252/instek.v5i1.13686

Muyasaroh, S. (2013). KAMPANYE PERUBAHAN SOSIAL (Kesadaran Masyarakat, Aspek Perubahan Kognitif dan Prilaku). Jurnal Heritage, 2(1), 17–38.

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(7), 639–648. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569

Perdana, R. S., Fatichah, C., & Purwitasari, D. (2015). PEMILIHAN KATA KUNCI UNTUK DETEKSI KEJADIAN TRIVIAL PADA DOKUMEN TWITTER MENGGUNAKAN AUTOCORRELATION WAVELET COEFFICIENTS. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 13(2), 152–159.

Rafita, Y. (2014). SOCIAL NETWORK ANALYSIS DALAM MELIHAT KECENDERUNGAN PEMBERITAAN PADA AKUN TWITTER “@ detikcom ” dan “@ Metro _ TV .” Jurnal Khazanah, 6(2), 67–81.

Ramadhani, D. P., Alamsyah, A., & Wicaksono, M. B. (2018). Eksplorasi Pemimpin Opini Untuk Alternatif Pendukung Pemasaran Pt . Net Mediatama Indonesia Menggunakan Metode Analisis Jejaring Sosial Dengan Kata Kunci “@ Netmediatama ” Di Twitter. Jurnal Wacana Ekonomi, 17(2013), 13–24.

Sampurno, M. B. T., Kusumandyoko, T. C., & Islam, M. A. (2020). Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6), 529–542. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210

SatgasCovid-19. (2020). Strategi dan Konsep Dasar Perubahan Perilaku.

Suryono, S., Utami, E., & Luthfi, E. T. (2018). KLASIFIKASI SENTIMEN PADA TWITTER DENGAN NAIVE BAYES CLASSIFIER. Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, Angkasa, X(1), 89–96.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 59–70. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290

Tjahyana, L. J. (2019). Gerakan opini digital #truebeauty pada twitter untuk pemeran film adaptasi komik webtoon.

Widyasari, K. L., Nuranna, F. S., Sulasmi, A. L., Rokayah, Wihartono, W., Sinuraya, N. E., Lestari, Chodijah, S., Finaka, A. W., Oscario, N., Sejati, D. F., Pamungkas, C. A., & Riswan, H. (2018). MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM LEMBAGA PEMERINTAH. In Kominfo. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, iii Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Wiratmo, L. B. (2020). Sosialisasi Pemutusan Rantai Penyebaran Covid-19 Di Kelurahan Tlogosari Kulon Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1, Mei), 57–65.

Wulandari, A., Rahman, F., Pujianti, N., Sari, A. R., Laily, N., Anggraini, L., Muddin, F. I., Ridwan, A. M., Anhar, V. Y., Azmiyannoor, M., & Prasetio, D. B. (2020). Hubungan Karakteristik Individu dengan Pengetahuan tentang Pencegahan Coronavirus Disease 2019 pada Masyarakat di Kalimantan Selatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(1), 42–46.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v18i01.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats