BENTUK PENYAJIAN PESAN “BROSUR UNTUK KARYAWAN” PT GARUDA INDONESIA DAN TINGKAT PEMAHAMAN KARYAWAN PADA ISINYA

Fenny Triani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penyajian pesan dan tingkat pemahaman karyawan pada isi ”Brosur untuk Karyawan”. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa bentuk penyajian pesan di dalam ”Brosur untuk Karyawan” yang baik, dengan memperhatikan struktur pesan yang dua sisi, urutan penyajian pyramidal, penarikan kesimpulan eksplisit, serta memperhatikan daya tarik pesan yang rasional. Sedangkan untuk tingkat pemahaman karyawan PT Garuda Indonesia, didapatkan bahwa sebagian besar karyawan Garuda memiliki tingkat pemahaman yang tinggi, yakni sebesar 76 %. Kepada pihak manajemen dan humas perusahaan perlu tetap memperhatikan dan menjaga agar setiap pesan yang disajikan di dalam media komunikasi internal, seperti halnya ”Brosur untuk Karyawan” tetap baik untuk menciptakan pemahaman karyawan yang tinggi.

 

Kata Kunci:  Bentuk Penyajian Pesan dan Pemahaman.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bachtiar, Aly, ”Teknik Hubungan Masyarakat”, Universitas Ter-buka, Jakarta, 1995.

Badudu, J.S., & Sutan Mohammad Zain, ”Kamus Umum Bahasa Indonesia”, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 1996.

Danan, Djaja, ”Pernanan Humas dalam Perusahaan”, Alumni Bandung, 1985.

Djuroto, Totok, Suprijadi, Bambang, ”Menulis Artikel dan Karya Ilmiah”, PT. Remaja Rosda-karya, Bandung, 2005.

Dominick, Wimmer, “Mass Media Reaserch”, Sixth Edition, Wadsworth Publishing Company, Belmont, CA, 2000.

Hasan, Iqbal, ”Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya”, PT Ghalia Indonesia, Jakarta, 2002.

Husein, Umar, ”Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa”, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2003.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Depdikbud, Balai Pustaka, 1991.

Kencana, Syafiie, Inu, ”Pengantar Filsafat”, PT Refika Aditama, Bandung, 2004.

Kusumastuti, Frida, ”Dasar-Dasar Humas”, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2002.

Nimmo, Dan, ”Komunikasi Politik : Khalayak dan Efek”, Cetakan Pertama, Remaja Rosda Karya, Bandung,1989.

Putra, I Gusti Ngurah, ”Management Human”, Universitas Atmajaya Yogyakarta, Yogya, 1999.

Ritonga, Jamiluddin, ”Riset Kehumasan”, PT. Grasindo, Jakarta, 2004.

Ritonga, Jamiluddin, ”Tipologi Pesan Persuasif”, PT Indeks, Jakarta, 2005.

Ruslan, Rosady, ”Metode Penelitin – Public Relations dan Komunikasi”, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sendjaja, Sasa Djuarsa, ”Pengantar Komunikasi”, Universitas Terbuka, Jakarta, 1999.

Singarimbun, Masri, ”Metode Penelitian Survey”, LP3ES, Jakarta, 1995.

Siregar, Ashadi, Pasariburondang, ”Bagaimana Mengelola Media Korporasi-Organisasi”, Kani-sius, Yogyakarta, 2000.

Soehoet, Hoeta, ”Dasar-Dasar Jurnalistik”, Yayasan Kampus Tercinta – IISIP Jakarta, 2003.

Suratin, Citobroto, ”Teknik-Teknik Komunikasi”, Bharata Press, Jakarta, 1986.

Syah, Muhibin, ”Psikologi Pendidikan dengan Penelitian Baru”, PT Remaja Rosda Karya, Bandung, 2002.

Tondowidjojo, John, ”Dasar dan Arah Public Relations”, PT Grasindo, Jakarta, 2002.

Tubbs, Stewart L. Sylvia Moss, ”Human Communication – Prinsip-prinsip Dasar”, PT Remaja Rosdakarya, Bandung,1996.

Venus, Antar, ”Manajemen Kam-panye”, Singbiosa Rekatama Media, Bandung, 2004.

Widjaja, H.A.W., ”Ilmu Komunikasi Pengantar Studi”, Rineka Cipta, Jakarta, 2000.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v3i2.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats