KONFLIK DALAM PEMBERITAAN MEDIA MASSA

Sumartono Sumartono

Abstract


ABSTRAK

Disaat krisis, pers seharusnya memberikan informasi yang seimbang, sehat, dan menenangkan suasana, dan bukannya malah memanas-manasi atau memprovokasi  publik untuk ikut mengamuk. Secara ideal pers atau media seharusnya menyediakan informasi yang jujur, jernih dan seluas mungkin mengenai apa yang layak dan perlu diketahui oleh masyarakat sehingga dapat membantu meredakan dan menyelesaikan krisis.

 

Kata Kunci: Konflik, Pemberita, Media Massa "serif";mso-fareast-font-family:"Times New Roman";mso-bidi-font-family: Arial;color:black;mso-ansi-language:SV;mso-fareast-language:EN-US;mso-bidi-language: AR-SA;mso-bidi-font-weight:bold'>Penggunaan Media, Media Massa Televisi.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Fisher S., et al, “Mengelola Konflik, Keterampilan dan Strategi Bertindak”, The British Council Indonesia, Jakarta, 2000.

Mulyana D, “Intergroup Labelling di Indonesia, Kontribusi Media Massa Terhadap Crisis ommunication”, dalam Ispandriarno, 2002.

L, Hanitzsch T, & Loeffelholz M, (ed), “Media-Militer-Konflik, Crisis Communication: Perspekti Indonesia dan Internasional”, Friedrich Ebert Stiftung dan Galang Pers, Jakarta.

Putra, GN, “Liputan Media Terhadap Tragedi WTC”, Kasus Liputan Kompas dan The Jakarta Post, dalam Ispandriarno L, Hanitzsch T, & Loeffelholz M, (ed): Media-Militer-Konflik, Crisis Communication: Perspekti Indonesia dan Internasional, Friedrich Ebert Stiftung dan Galang Pers, Jakarta, 2002.

Scanlon, T. Joseph, Rudy Lukko & Gerarld Morten, “Media Coverage of Crises. Better Than Reported, Worse Then Necessary”, dalam Journalism Quarterly. Vol 55, 1978.

Siebert, Peterson & Schramm, “Empat Teori Pers“, Intermasa, Jakarta, 1986.

Soekanto, S, “Sosiologi suatu Pengantar”, Rajawali, Jakarta, 1989.

Sudibyo, Hamad, Qodari, “Kabar-Kabar Kebencian Prasangka Agama di Media Massa”,: Institut Studi Arus Informasi, Jakarta, 2001.

Sumarno, Karimah K dan Damayanti NA, “Filsafat dan Etika Komunkasi”, Univeristas Terbuka Press, Jakarta, 2000.

Trijono, L, “Peran Komunikasi dalam Konflik dan Untuk Perdamaian”, dalam Ispandriarno L, Hanitzsch T, & Loeffelholz M, (ed): Media-Militer-Konflik, Crisis Communication: Perspekti Indonesia dan Internasional. Friedrich Ebert Stiftung dan Galang Pers, Jakarta, 2002.

Kompas, 16 Desember 2003.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v1i1.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats