PENGARUH GAYA KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM FOLKATIVE TERHADAP ONLINE ENGAGEMENT (STUDI KASUS MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2019)

Muhammad Hanifan Fadhlan, Kinkin Yuliaty Subarsa Putri

Abstract


Abstract

The Folkative Instagram account is an online media platform that focuses on news, art, culture and local Indonesian products. Folkative is a collective company that focuses on young people, especially millennials. Folkative was created to inspire, inform and represent the voice of the creative culture of young people in Indonesia. Folkative does this by creating interactive online content and events worthy of being known by young people. From the results of the simple linear regression test, the coefficient of determination is 0.610 which means that there is a strong influence of the communication style of the Instagram folkative account on online involvement by 61%, which means that the Instagram folklive account communication style has an effect on online involvement of communication science students at the State University of Jakarta.

Keywords : Communication Style, Folkative, Engagement

 

Abstrak

Akun Instagram Folkative merupakan salah satu platform media online yang berfokus pada berita, seni, budaya, dan produk lokal Indonesia. Folkative adalah perusahaan kolektif yang berfokus pada kaum muda, khususnya kaum millenial. Folkative diciptakan untuk menginspirasi, menginformasikan dan mewakili suara budaya kreatif anak muda di Indonesia. Folkative melakukannya dengan membuat konten online interaktif dan acara yang layak untuk diketahui anak muda. Dari hasil uji regresi linier sederhana didapatkan koefisien determinasi sebesar 0,610 yang berarti adanya pengaruh kuat dari gaya komunikasi akun Instagram folkative terhadap keterlibatan sevara daring sebesar 61% yang artinya gaya komunikasi akun Instagram folkative berpengaruh terhadap keterlibatan secara daring mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Negeri Jakarta.

Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Fokative, Keterlibatan

 


Full Text:

PDF Indonesia

References


Ashenfelter, O., Levine, P. B., & Zimmerman, D. J. (2003). Statistics and econometrics: methods and applications (J. Wiley, ed.).

Calder, B. J., Malthouse, E. C., & Schaedel, U. (2009). An Experimental Study of the Relationship between Online Engagement and Advertising Effectiveness. Journal of Interactive Marketing, 23(4), 321–331. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2009.07.002

Fajrie, M. (2018). Gaya Komunikasi Masyarakat Pesisir Wedung Jawa Tengah. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 53. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.53-76

Handika, M. R., Maradona, A. F., & Dharma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Manajemen Dan Bisnis Undiknas, 15(2), 192–203.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Prenada Media.

Mukhtar, S., Putri, K. Y. S., Putri, M. L., Sary, M. P., Sutjipto, V. W., Istiyanto, B., & Azzahra, A. A. (2020). Digital Social Media: Creative Economy Quarantine during the Coronavirus Pandemic, 2020. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 13(7), 2020. Retrieved from www.ijicc.net

Rahadi, D. R. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1342

Sagiyanto, A., & Ardiyanti, N. (2018). SELF DISCLOSURE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Pada Anggota Galeri Quote). Nyimak (Journal of Communication), 2(1), 81–94. https://doi.org/10.31000/nyimak.v2i1.687

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Humaniora, 16(2), 1–7. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/download/1283/1055

Situmeang, I. V. O. (2016). Pengaruh Program Acara Mata Najwa Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi ( Survey Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia , Jakarta ). Jurnal Ilmu Komunikasi, 13, 31–39.

Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit ALFABETA.

Suryabrata, S. (2000). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Susanto, E. H. (2017). Media Sosial Sebagai Pendukung Jaringan Komunikasi Politik. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 379. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.123




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v18i01.299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats