HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DENGAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PT MMT

Dina Artika Lubis

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan komunikasi antarpribadi pimpinan dengan karyawan serta sesama karyawan untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan di PT. MMT. Penelitian menggunakan metode deskriptif korelasional, yaitu untuk mengetahui sejauhmana satu variabel atau lebih berperan dalam mempengaruhi variabel yang  lain. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, teknik pengambilan berupa sensus pada 30 responden. Analisa data dilakukan dengan menggunakan:

  1. Koefisien Korelasi Pearson, digunakan untuk menjelaskan tingkat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat yang dinyatakan dengan berbagai tingkat hubungan.
  2. Koefisien Determinasi, digunakan mengukur seberapa besar variabel-variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen.
  3. Uji hipotesis dengan t-test, digunakan untuk mengetahui apakah variabel independen signifikan atau tidak terhadap variabel dependen secara individual untuk setiap variabel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi pimpinan dengan karyawan serta sesama karyawan mempunyai hubungan positif dengan motivasi kerja, sehingga semakin baik komunikasi antarpribadi semakin tinggi motivasi kerja karyawan dengan kontribusi sebesar 40.7%. Berdasarkan hal ini, maka komunikasi antarpribadi pimpinan dengan karyawan serta sesama karyawan di PT MMT harus terus dijaga agar selalu kondusif sehingga dapat meningkatkan motivasi karyawan. Sehingga karyawan memberikan kontribusi yang lebih baik lagi kepada perusahaan.

 

Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Motivasi Kerja


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adair, John, “Effective Decision Making”, Rupa & Co., Calcuta, 1998.

Asnawi, Sahlan, “Aplikasi Psikologi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan” , Pusgrafin, Jakarta, 1999.

Budyatna, Nina M dan Mutmainah, ”Komunikasi AntarPribadi”, Universitas Terbuka, Jakarta, 1994.

Company Profile PT Metro Media Technologies (untuk internal).

Effendy, Onong Uchana, ”Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi”, Citra Aditya Bhakti, Bandung, 1993.

Handoko, T. Hani, ”Manajemen”, BPFE, Yogyakarta, 2000.

Hasibuan, Malayu, ”Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas”, PT Bumi Aksara, Jakarta, 1994.

Kartini, Kartono, ”Pemimpin dan Kepemimpinan”, Rajawali Press, Jakarta, 1998.

Le Boeuf, Michael, ”Kiat Kerja”, terjemahan Haris Munandar, Mitra Utama, Jakarta, 2000.

Liliweri, Alo, ”Perspektif Teoritis Komunikasi AntarPribadi”, Citra Aditya, Bandung, 1994.

Morgan, King, Weisz & Schopler, “Introduction to Psychology”, Mc. Graw-Hill Book Company, 1986.

Muhammad, Arni, ”Komunikasi Organisasi”, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2002.

Mujib, Abdul dan Mudzakir, Jusuf, ”Nuansa-nuansa Psikologi Islam”, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2001.

Mulyana, Deddy, ”Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar”, Rosda Karya, Bandung, 2002.

Pace, R. Wayne dan Faules Don F, “Organizational Communication”, Second Edition, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey, 1989.

Rogers, Everett M, “Communication Technology”, The Free Press, New York, 1986.

Sendjaja, Sasa Djuarsa, et. al., ”Pengantar Komunikasi”, Universitas Terbuka, Jakarta, 1996.

Singarimbun, Masri, ”Metode Penelitian Survei”, LP3ES, Jakarta, 1995.

Stefanie & Sandra Lanto, “Beat Stress with Strength”, Park Avenue Production, USA, 1997.

Sugiyono, ”Metode Penelitian Administrasi”, Alfabeta, Bandung, 2002.

Umar, Husein, ”Metode Riset Komunikasi Organisasi”, Gramedia, Jakarta, 2002.

WS, Indrawan, ”Kamus Lengkap Bahasa Indonesia”, Lintas Media, Jombang, 2004.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v3i2.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats