Iklan Layanan Masyarakat COVID-19 Di Media Sosial dan Perilaku Masyarakat Di Jawa Barat

Selly Ananda Pratiwi, Dasrun Hidayat

Abstract


Kajian ini fokus membahas tentang Iklan Layanan Masyarakat (ILM) kementrian Kesehatan Republik Indonesia terkait COVID-19. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh iklan tersebut terhadap perilaku masyarakat di Jawa Barat. Sub variabel yang dikaji terdiri dari; berita, informasi, teguran, peringatan yang dapat merubah perilaku masyarakat serta konten, pidato, pernyataan, tulisan, argumen dan kesimpulan yang diterima oleh masyarakat melalui video ILM Kemenkes RI sebagai tambahan pengetahuan untuk masyarakat di Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan melalui google form. Data di olah menggunakan statistik. Data tersebut dianalisis berdasarkan teori uses and gratification serta beberapa konsep tentang media sosial dan periklanan. Hasil penelitian menunjukan 64,6 % video ILM masyarakat Kemenkes RI memberikan pengaruh terhadap perilaku masyarakat di Jawa Barat. Hasil data ini sesuai dengan konsep teori komunikasi massa dan periklanan yang keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk mempengaruhi dan merubah perilaku masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Asih, G. Y., & Pratiwi, M. M. S. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau Dari Empati Dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, I(1), 33–42. http://eprints.umk.ac.id/268/1/33_-_42.PDF

Boyd, A. (2012). Broadcast Journalism. In Broadcast Journalism. https://doi.org/10.4324/9780080569192

Cho, K. W., Lee, J., Ryu, J. hye, & Kim, S. J. (2017). Effects of anti-smoking public service announcements on the attitudes of Korean college students toward smoking. Osong Public Health and Research Perspectives, 8(6), 397–404. https://doi.org/10.24171/j.phrp.2017.8.6.07

Fajarina. (2018). Perilaku Komunikasi Perempuan Rawan Sosial Ekonomi di Kota Bandung.

Halik, A. (2013). Buku Daras Uin Alauddin Komunikasi Massa Universitas Islam Negeri (Uin). http://repositori.uin-alauddin.ac.id/338/1/KOMUNIKASI MASSA full.pdf

Hidayat, D., & Anisti, A. (2015). Wartawan Media Now dalam Mengemas Berita: Perspektif Situational Theory. Jurnal ASPIKOM, 2(5), 295. https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i5.81

Imran, H. A. (2013). Media Massa, Khalayak Media, The Audience Theory, Efek Isi Media dan Fenomena Diskursif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 47. https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160103

Janna, M. (2016). Pengaruh Iklan Aqua Terhadap Keputusan Membeli Masyarakat Di Kompleks Btn Tritura-Antang Kota Makassar (Studi Iklan Televisi). UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Laksmi. (n.d.). Kampanye Iklan Layanan Masyarakat Produksi PNRI. 43–61.

Mardiana, M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Tingkat Pidana Narkotika di Sulawesi Tenggara. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 101–108. https://doi.org/10.15575/cjik.v2i2.3659

Martani, W., & Psikologi, F. (2012). Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Juni, 39(1), 112–120.

Nisa, N. K. (2015). Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (Ilm) Dalam Pemasaran Sosial. Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (Ilm) Dalam Pemasaran Sosial, 4(2), 158–164.

Nurmansyah, G., Rodliyah, N., & Hapsari, R. A. (2019). PENGANTAR ANTROPOLOGI Sebuah Ikhtisar Mengenal Antropologi.

Pavitasari, S. P., Fadilah, E., & Merdekawati, I. (2019). Persepsi Khalayak Terhadap Radio Komunitas Kampus 107.8 Mandalla FM. Jurnal Kajian Jurnalisme, 3(1), 95. https://doi.org/10.24198/jkj.v3i1.22451

Rahmi, F. (2017). Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Pada Murid Kelas IV SD Negeri 47 Tompotikka Kecamatan Wara Kota Palopo.

Rudianto, Bayu Aji, B., Aulia Nurdini, R., & Fadilah. (2018). Perancangan animasi multimedia iklan layanan masyarakat tentang proses pembuatan e-ktp. 3(1), 31–38.

Rusmono, D. (2018). Filsafat ilmu - Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan. August.

Santoso, H. (2010). Upaya Meningkatkan Minat Dan Budaya Membaca Buku Melalui Iklan Layanan Masyarakat. Upaya Meningkatkan Minat Dan Budaya Membaca Buku Melaui Iklan Layanan Masyarakat, 1, 1–19.

Saputro, G., & Haryadi, T. (2018). Edukasi Kampanye Anti Hoax Melalui Komik Strip. 03(02), 94–111.

Shahab, M. R. (2013). Studi Efek Iklan Layanan Masyarakat ( Studi Tentang Anjuran Membayar Pajak Yang Dilakukan. EJournal Ilmu Komunikasi, 1(2), 311–323.

Subyantoro, E. (2012). Program Pascasrajana Universitas Diponegoro.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 59–70. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290

Ti, L., Fast, D., Small, W., & Kerr, T. (2017). Perceptions of a drug prevention public service announcement campaign among street-involved youth in Vancouver, Canada: A qualitative study. Harm Reduction Journal, 14(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s12954-017-0132-7

Umami, R. (2015). Penggunaan Kalimat Efektif Pada Teks Pidato Kelas X SMA Negeri 1 Kalibitung Lampung Selatan. http://digilib.unila.ac.id/7753/12/BAB II.pdf

Ummanah. (2018). KOMUNIKASI KAMPANYE PEMELIHARAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU PEDAGANG KAKI LIMADI KOTA AMBON.

Wahyuningsih, S. (2012). Efek Komodifikasi Perempuan Dalam Iklan : Perspektif Psikologi Komunikasi Sri Wahyuningsih.

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Widiasari, N. (2012). Analisis Isi Berita Corporate Social Responsibility. 1(2).

Widoawati, D. (2012). Efek Media Massa Terhadap Khalayak. Jurnal Adzikra, 3(1), 75–98. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Winarsih, P. S. R. I., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2014). Makna Verbal Peristilahan Bahasa Pada Iklan Kendaraan Bermotor Di Surat Kabar Solopos.

Yasya, W., Muljono, P., Seminar, K. B., & Hardinsyah, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Dan Dukungan Sosial Online Terhadap Perilaku Pemberian Air Susu Ibu. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(1), 71. https://doi.org/10.31445/jskm.2019.1942

Zikri, Z., Yuliati, L. N., & Simanjuntak, M. (2019). Pengaruh Agen Sosialisasi dan Iklan TV terhadap Sikap dan Perilaku Menyikat Gigi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 12(2), 169–180. https://doi.org/10.24156/jikk.2019.12.2.169




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v17i02.249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats