MAKNA PESAN MORAL DALAM SERIAL KARTUN NARUTO SHIPPUDEN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Hani Astuti, Sumartono Sumartono, Faisal Hadi Kurnia

Abstract


ABSTRACT

This research was conducted to analyze the meaning of moral messages that appear in the series Naruto Shippuden using Semiotics Roland Barthes with a tagging system signification on signs that is signifier, signified, denoted, connotation, and myth. This study attempts to find meaning denoted of the moral values naruto shippuden and then represented. The result of this research shows that there is meaning the moral values that viewed as denoted. This is based on signifier and signified if in represented, moral messages contained in the cartoon series Naruto Shippuden is the moral message which shows the good and true ethics, moral motivation, moral message which shows to keep promises, moral message that indicates to always be patient, the moral message which indicates to remain humble, moral message that indicates to never give up the moral message, and shows to try to determine its destiny. Suggestions in this study is expected to be a useful reference materials for Communication student friends who need to do research on Semiotics thesis in a film in the future. Keywords: semiotics, meaning, moral messages, naruto shippuden.

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis makna pesan moral yang muncul dalam Serial Naruto Shippuden dengan menggunakan metode Semiotika Roland Barthes dengan sistem penandaan pada tanda yaitu penanda, petanda, denotasi, konotasi, dan mitos. Penelitian ini bertujuan untuk mencari makna denotasi dari pesan moral Naruto Shippuden dan kemudian direpresentasikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat makna pesan moral yang dilihat secara denotasi. hasil tersebut berdasarkan penanda (ekspresi) dan petanda (konten) yang jika di representasikan, pesan moral yang terdapat dalam Serial Kartun Naruto Shippuden merupakan pesan moral yang menunjukan etika yang baik dan benar, pesan moral motivasi, pesan moral yang menunjukan untuk menepati janji, pesan moral yang menunjukan untuk selalu bersabar, pesan moral yang menunjukan untuk tetap rendah hati, pesan moral yang menunjukan untuk pantang menyerah, dan pesan moral yang menunjukan untuk berusaha menentukan takdir. Saran dalam Penelitian ini diharapkan menjadi bahan referensi yang berguna bagi teman-teman mahasiswa Komunikasi yang hendak melakukan penelitian skripsi mengenai Semiotika dalam sebuah film pada masa yang akan datang. Kata kunci : semiotika, makna, pesan moral, naruto shippuden.

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Chaer. (2008). Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta : Reneka Karya.

Andi Prastowo. (2010). Menguasai Teknik-teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. Jogjakarta : DIVA Press.

Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. (2004). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. (2000). Media Pengajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Bungin Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, Dan Diskursus Teknologi Komunikasi Di Masyarakat. Jakarta : Kencana.

Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Cangara, Havied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Darwanto Sastro Subroto. (1994). Produksi Acara Televisi. Yogyakarta : Duta Wacana University Press

Dr Prasetya Irawan. MSc. (2007). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Departemen Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.

Fajar, Marhaeni. (2009). Ilmu Komunikasi Teori & Praktek . Yogyakarta : Graha Ilmu

Kridalaksana, Harimurti. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Moleong. Lexy J. (2005). Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja RosdaKarya.

Mulyana Deddy. (2011). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sobur Alex. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sobur Alex. (2006). Analisis Teks Media “Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing ”. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sobur Alex. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Stanley J. Baran dan Dennis K. Davis. (2010). Teori Komunikasi Massa, Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan. Jakarta : Salemba Humanika.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Vera Nawiroh. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor : Ghalia Indonesia

Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. (2013). Semiotika Komunikasi – Aplikasi Praktis Bagi Penelitian Dan Skripsi Komunikasi. Jakarta : Mitra Wacana Media

W.J.S. Poerwadarminta. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Lain-lain :

Sulton. M. (2005). Pemanfaatan Media Kartun Animasi Pada Pembelajaran Geografi di Jurusan Geografi Fakultas MIPA UNM. Jurnal Pendidikan Volume 1 Nomor 5, Oktober 2005, (Online) http://www.iswaramanggara_jp/ejtk, (Diakses 5 April 2016 Pukul 00.49 WIB).

http://www.akibanation.com/berikut-10-perihal-harus-kamu-ketahui-seputar-anime/, (Diakses pada 22 April 2016 pukul 20.46 WIB).

www.referensimakalah.com/2013/01/pengertian-film-animasi.html?m=1, (Diakses pada 15 April 2016 pukul 02.06 WIB).

www.needsindex.com/01242321/10-anime-jepang-terbaik-dan-terpopuler-di-dunia.php. (Diakses 5 april 2016 pukul 01.29 WIB).

http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-moral-menurut-para-ahli.html# (Di akses pada tanggal 15 Mei 2016, pukul 18.24 WIB).

http://www.gurupendidikan.com/11-pengertian-moral-menurut-para-ahli-lengkap/ (Diakses pada tanggal 17 Mei 2016, pukul 11.13 WIB)

http://www.kompasiana.com/anggraini.m.e/representasi-sebagai-perangkat-konsep-yang-menghubungkan-bahasa-dan-makna_552fbbb66ea834032a8b457e, (Diakses pada tanggal 31 Juli 2016, pukul 17.15 WIB)




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v16i2.215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats