STRATEGI HUMAS DALAM MEMPUBLIKASIKAN PARIWISATA PULAU KOMODO (STUDI PADA KEMENTRIAN KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA)

Ilona V. Oisina Situmeang

Abstract


Abstrak

Humas Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata memiliki salah satu tugas untuk mempublikasikan informasi-informasi bagi masyarakat seputar kebudayaan dan pariwisata yang terdapat di Indonesia, salah satunya adalah pariwisata Pulau Komodo. Tujuan dilakukan publikasi ini adalah untuk memperkenalkan pulau komodo kepada masyarakat agar mengetahui dan merawat tempat pariwisata tersebut. Dalam mempublikasikannya Humas menggunakan media publikasi diantaranya: kampanye, printed media, surat kabar, televisi, dan internet. Media publikasi ini dianggap yang paling efektif untuk menyampaikan informasi-informasi tentang Pulau Komodo dan untuk mendukung Indonesia dalam mengikuti kontes tujuh keajaiban dunia. Hasil yang diperoleh melalui publikasi lewat printed media, surat kabar dan televisi merupakan media yang paling sesuai untuk mendukung penyampaian informasi tentang Pulau Komodo.

 

Kata kunci: strategi humas, media, publikasi


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Jefkins F. “Public relations”. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga. Jakarta. 2003

Morissan. “Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Profesional”. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. 2008

Neuman LW. “Social research methods qualitative and quantitative approaches”. Boston: Pearson. Boston. 2006

Prisgunanto, I. “Komunikasi pemasaran”. Ghalia Indonesia. Bogor. 2006

Rumanti, Maria A. “Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik”. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta. 2005

Ruslan, R. “Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi”. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 2005




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v9i2.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats