SOCIAL MEDIA MARKETING : MENCIPTAKAN PROSPEK KETERLIBATAN KONSUMEN MELALUI KONTEN KREATIF PADA AKUN BISNIS PERUSAHAAN
Abstract
Media sosial saat ini telah menjadi lebih dari sekadar representasi individual, tetapi juga merupakan alat yang ditujukan untuk bisnis, merek, dan perusahaan. Salah satu sektor bisnis yang telah memanfaatkan tren media sosial secara strategis adalah industri penerbangan, khususnya maskapai Indonesia AirAsia. Dalam upaya menciptakan prospek keterlibatan konsumen melalui konten kreatif pada akun bisnis perusahaan, , seperti memfokuskan konten media sosial pada target penumpang dan stakeholder, melakukan analisis untuk perencanaan pembuatan konten berikutnya, menggunakan hastag khusus untuk mengkomunikasikan visi perusahaan, dan memanfaatkan konten edukasi dan informasi untuk menarik khalayak. Media sosial yang dimiliki oleh Indonesia AirAsia tertuju pada targetnya yaitu penumpang dan stakeholder lainnya. Dalam hal pembuatan konten, pihak media sosial AirAsia juga melakukan analisa dari hasil publikasi konten sebelumnya, pembuatan konten pada media sosial Indonesia AirAsia juga tidak terlepas dari ketentuan yang berlaku pada pihak perusahaan Konten yang didistribusikan ditujukan tidak hanya untuk konten yang tren dikalangan Generasi Milenial dan Gen Z, namun juga berupa konten edukatif dan informasi yang masih sesuai untuk Generasi Baby Boomers. Pemilihan media sosial yang menjadi media utama Indonesia AirAsia adalah instagram. Tim Corporate Communication Indonesia AirAsia menyadari bahwa media sosial menyediakan akses terbuka bagi siapa pun dapat terlibat baik itu memberikan komentar, sejalan dengan kondisi yang interaktif tersebut, maka pihak tim media sosial AirAsia juga harus dengan cepat memberikan responnya. Indonesia AirAsia juga memiliki tim yang bertanggung jawab untuk merespon dengan cepat interaksi di media sosial yaitu Customer Hapiness.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Almadina (2023) - Strategi Sosial Media Marketing Untuk Meningkatkan Minat Masyarakat Dalam Menggunakan Layanan PT Pos Indonesia. Jurnal Organisasi dan Manajemen Bisnis Logistik Edisi April Vol 01, No.01. (2023), pp. 113-137.
Azizah (2021) - Peran social media marketing gabag indonesia dalam mempertahankan brand equity pada pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi Profesional Vol 5, No 2, 2021.
Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.
Dijk, Van J. (1999). The Network Society : Social Aspects of New Media. L. Spoonrenberg (Trans). Thousand Oaks : Sage.
Doorn, J. Van et al. (2010) ‘Customer Engagement Behavior ’: doi: 10.1177/1094670510375599.
Florensia (2023) - Analisis Social Media Marketing Scarlett Whitening di Instagram. Prologia EISSN 2598-0777 Vol. 7, No. 2, Oktober 2023, Hal 336-345 29.
Gunelius, Susan. 2011. 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.
Harto (2023) - Strategi Social Media Marketing Melalui Dukungan Teknologi Informasi dalam Kajian Kualitatif Pada UMKM Kota Bandung. Komversal : Jurnal Komunikasi Universal Volume 5 Nomor 2 (2023) 244-261.
J.Paul Peter & jerry c. Olson (2000). Consumer Behavior Perilaku Konsumen 2nd. ed. 4 Jakarta: .Penerbit Erlangga
Moleong, Lexy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Roesdakarya
Moriansyah (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 19 No.3, Desember 2015: 187-196.
Mulyana, Deddy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Novila Mileva, D. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Dan Persepsi Kualitas Terhadap Niat Beli Surabaya Snowcake (Studi Pada Masyarakat Surabaya Timur). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(2), 446–452.
Rizki, Y. S. (2013). Peran Masakapai Penerbangan Berbiaya Murah/Low Cost Carrier (LCC) di Bandara Adisutjipto-Yogyakarta untuk Mendukung Peningkatan Jumlah Wisatawan Domestik. Jurnal Perhubungan Udara, 39 (2), 145-166.
Solis, Brian. (2010). Engage! The Complete Guide For Brand and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Thurlow, C., Lengel, L., & Tomic, A. (2004). Computer Mediated Communications: Social Interaction and The Internet. London, Inggris: SAGE Publication Ltd.
Tuten, Tracy L. (2008). Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World. Greenwood Publishing Group.
Weinberg, Tamar. (2009). The New Community Rules: Marketing on the Social Web. CA : O’Reilly Media, Inc.
Willems, Hans. (2011). “Transitioning into a Blueconomy: White Paper CustomerDriven Online Engagment, 1-18
Wright, K.B., Lynne., M.W. (2011). Computer-Mediated Communication In Personal Relationship. New York: Peter Lang Publishing
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v21i02.1143
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats