Persepsi Diri Penikmat Musik Rap dalam Memaknai Lagu No Doubt (Studi Kasus pada Komunitas Timore Art Graffiti)
Abstract
Komunikasi dapat membantu seseorang dalam memahami dan memaknai dirinya sendiri, misalnya melalui musik yang dinikmatinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi diri penikmat musik rap dalam memaknai lagu No Doubt, dengan mengaitkannya pada teori persepsi diri oleh Daryl Benn dan komponen pembentukan sikap. Dalam penelitian ini digunakan metode studi kasus kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan focus group discussion, yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penikmat musik rap memiliki beragam persepsi diri dalam memaknai lagu No Doubt, yang tampak pada perilaku kognitif, afektif, dan konatif. Secara kognitif, mereka memahami lagu tersebut; secara afektif, mereka merasa terwakili dan mendapat nilai penting seperti pantang menyerah dan persahabatan; dan secara konatif, mereka menunjukkan reaksi emosional dan perilaku aktif terhadap lagu tersebut.
Kata Kunci : Persepsi Diri, Musik Rap, Lagu No Doubt.
Full Text:
PDFReferences
Ariyanto, E. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: DIVA Press.
Djulianto, H., & Sukendro, G. G. (2022). Musik Rap Sebagai Budaya Hip-Hop di Mata Generasi Milenial (Studi Kasus Pelaku dan Penikmat Kolektif Dreamfilled). Kiwari, 288-292.
Erlambang, M, F., Fuady, I., & Wibowo, K, A. (2021). Analisis Konten Kesehatan Mental Dalam Karya Musik Kendrick Lamar. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 46-52.
Fitriah, M. (2022, Juni 21). Makna Pesan Komunikasi Melalui Musik.
Isnawijayani. (2019). Menulis Berita di Media Massa & Produksi Feature. Yogyakarta: Andi.
Komariyah, F., & Farhan, A. (2020). Pengaruh Persepsi Masyarakat Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Studi Kasus pada Masyarakat Kota Sidoarjo dan Surabaya. Media Mahardika, 341-344.
Lubis, M. A. (2019). Musik Hip-Hop dan Identitas Diri Komunitas Dwell dan Exito di Kota Medan. Jurnal Seni Musik, 7-12.
Morissan. (2013). Teori Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Harfa Creative.
Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka baru Press.
Nurudin. (2017). Ilmu Komunikasi: Ilmiah dan Populer. Jakarta: Rajawali Pers.
Putri, I. E. E., Midiana, A., Elfani, S., Subagyo, R. A., Awwaluddin, M. A. M., & Fauzi, A. M. (2019). Persepsi Mahasiswa yang Kuliah di Surabaya Tentang Keterlibatan Artis Dalam Pilihan Legislatif 2019 Daerah Pilihan Jawa Timur. JIPP: Jurnal Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan, 22-33.
Suciati, S. (2022). Rap di Freiburg: Ekspresi Identitas dan Respons Kelas Sosial*. Lembaran Antropologi, 185-203.
Sulistyo P, B. (2020). Strategi Komunikasi dalam membentuk Budaya Keselamatan kerja melalui Implementasi Observasi PEKA (Pengamatan Keselamatan Kerja) di PT. X. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1-12.
Susanto, D., Risnita., Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 53-61.
Wildani, N., Sari, S., & Narti, S. (2023). Musik Hip-Hop Sebagai Identitas Diri Komunitas Planktone.Ind. Jurnal ISO, 163-168.
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v21i02.1108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats