STRATEGI PRESS RELATIONS HUMAS HOTEL CIPUTRA JAKARTA DALAM MEMBINA HUBUNGAN YANG HARMONIS DENGAN WARTAWAN

Dwi Julita, Sumartono Sumartono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi press relations humas Hotel Ciputra Jakarta dalam membina hubungan yang harmonis dengan wartawan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa berdasarkan kedudukan humas di Hotel Ciputra Jakarta yaitu dibawah departemen sales dan marketing, maka humas lebihdifungsikan membantu departemen ini. Dalam menjalankan fungsi press relations, humas HCJ mempunyai strategi tersendiri antara lain media visit, inviting media, joint promotions, maintain relations, mengirimkan program acara-acara/paket-paket unik, melakukan kontak dengan para wartawan serta memberikan sedikit perhatian. Kepada pimpinan HCJ disarankan agar humas difungsikan lebih maksimal lagi. Serta kepada humas HCJ agar menerapkan strategi dengan lebih baik dan efektif mengena pada wartawan agar tercipta hubungan harmonis.

 

Kata kunci: press relations, strategi, relasi


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdullah, Aceng, ”Press Relations Kiat Hubungan Dengan Media Massa”, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2003.

Abrar, Ana Nadhya, ”Mengurangi Permasalahan Jurnalisme”, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 1995.

Anggoro, M Linggar, ”Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di Indonesia”, Bumi Aksara, Jakarta, 2001.

Cutlip, M Scott, Allen H Centre, Glen M Broom, “Effective Public Relations”, Eight Edition, Prentice Hall, USA, 2000.

___________________________, ”Effective Public Relations”, Edisi kesembilan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2006.

Djaja, H.R, Danan, ”Peranan Hubungan Masyarakat dalam Perusahaan”, Alumni, Bandung, 1997.

Effendy, Onong Uchana, ”Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis”, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1997.

Iriantara, Yosal, ”Media Relations Konsep, Pendekatan, dan Praktik, Simbiosa Rekatama Media”, Bandung, 2005.

Ishwara, Luwi, ”Jurnalisme Dasar”, Kompas, Jakarta, 2005.

Jefkins, Frank, ”Public Relations”, Erlangga, Jakarta, 1992.

Kusumastuti, Frida, ”Dasar-dasar Humas”, Ghalia Indonesia dan UMM Press, Jakarta, 2002.

Moleong, Lexy J, ”Metodologi Penelitian Kualaitatif”, Remaja Rosdakarya, Bandung. 2004.

Mulyana, Deddy, ”Metodologi Penelitian Kualitatif”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Nurudin, Syaifullah Muhammad, ”Media Relations Panduan Praktis Praktisi Public Relations”, Cespur, Malang, 2004.

Partao, Zainal Abidin, ”Media Relations Strategi Meraih Dukungan Publik”, Indeks, Jakarta, 2006.

Rachmadi, F, ”Public Relations dalam Teori dan Praktek”, Gramedia Pustaka Utama, Bandung, 1996.

Ruslan, Rosady, ”Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi”, Rajawali Pers, Jakarta, 2003.

Soemirat, Soleh, & Elvinara Ardianto, ”Dasar-dasar Public Relations”, Rosda, Bandung, 2002.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v7i1.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats