PENGARUH DAYA TARIK PENYIAR TELEVISI TERHADAP MINAT MENONTON KHALAYAK DALAM PROGRAM BERITA PADA PT. CIPTA TPI
Abstract
Abstrak
Obyek Penelitian ini adalah warga RT.05/RW.07 penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui program berita di TPI yang paling digemari dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik penyiar televisi terhadap minat menonton khalayak. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kuantitatif eksplanatif yaitu penelitian yang berusaha menjelaskan korelasiantara suatu gejala sosial satu (variabel X) dengan gejala sosial lain (variabel Y), sekaligus menjawab mengapa ini terjadi melalui pengujian hipotesis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yaitu meneliti populasi yang relatif luas dengan cara menentukan sampel yang mewakili (representatif) dari populasi yang diteliti. Metode survey dilakukan dengan cara menyebar kuesioner pada daerah yang menjadi obyek penelitian. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara daya tarik televisi dengan minat menonton khalayak.
Kata kunci : Pengaruh, Daya Tarik Penyiar Televisi, Minat Menonton Khalayak
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ardianto, Elvinaro dan lukiati Komala Erdinaya, “Komunikasi Suatu Pengantar”, edisi 3, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007
Baksin, Askurifai, “Jurnalistik Televisi teori dan praktik”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2006
Bungin, Burhan, “Metode Penelitian Kuantitatif“, Kencana, Jakarta, 2005
Burton, Graeme, “Membincangkan Televisi Sebuah Pengantar Kepada Studi Televisi, Talking Television: An Introduction to The study Talk Television.”, Jalasutra, Yogyakarta, 2007
Harahap, arifin, “Jurnalistik Televisi Teknik Memburu dan Menulis Berita”, PT.Gramedia, Jakarta, 2006.
Krisyantono, Rachmat, “Teknik Praktis Riset
Komunikasi”, Kencana, Jakarta, 2007.
Muda, Deddy Iskandar, “Jurnalistik Televisi Menjadi Reporter Profesional”, Edisi kedua, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2006
Naratama, “Menjadi Sutradara Televisi dengan Single Kamera dan Multi Kamera”, PT. Grassindo Anggota Ikapi, Jakarta, 2005
Nurudin, “Pengantar Komunikasi Massa”, PT.
Grafindo Persada, Jakarta, 2007.
Pane, Teddy Resmisari, “Speak Out; Panduan Praktis dan jitu Memasuki Dunia Broadcasting dan Public Speaking”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004
Pusat Bahasa, “Kamus Besar Bahasa
Indonesia”,edisi 3, Balai Pustaka, Jakarta, 2005.
Rakhmat, Jalaludin, “Metode Penelitian komunikasi”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.
Sujianti, Agus Eko, “Aplikasi Statistik Dengan SPSS untuk pemula”, Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta, 2007
Suprapto, Tommy, “Berkarier di bidang Broadcasting”, Media Pressindo, Yogyakarta, 2006
Wiryanto, “Pengantar Ilmu komunikasi”, PT.
Grasindo Anggota Ikapi, Jakarta, 2006
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v6i1.76
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats