PENGARUH DAYA TARIK PENYIAR TELEVISI TERHADAP MINAT MENONTON KHALAYAK DALAM PROGRAM BERITA PADA PT. CIPTA TPI

Ferdinand Nababan

Abstract


Abstrak

Obyek  Penelitian  ini  adalah  warga  RT.05/RW.07  penggilingan,  Cakung,  Jakarta  Timur. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui program berita di TPI yang paling digemari dan untuk mengetahui  seberapa  besar pengaruh  daya tarik penyiar televisi terhadap  minat menonton   khalayak.   Penelitian   ini  dilakukan   dengan  pendekatan   penelitian   kuantitatif eksplanatif yaitu penelitian yang berusaha menjelaskan korelasiantara suatu gejala sosial satu (variabel X) dengan gejala sosial lain (variabel Y), sekaligus  menjawab  mengapa  ini terjadi melalui  pengujian  hipotesis.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode survey  yaitu  meneliti  populasi  yang  relatif  luas  dengan  cara  menentukan  sampel  yang mewakili (representatif) dari populasi yang diteliti. Metode survey dilakukan dengan cara menyebar   kuesioner   pada   daerah   yang   menjadi   obyek   penelitian.   Hasil   penelitian menjelaskan  bahwa  terdapat  hubungan  yang  kuat antara  daya  tarik  televisi  dengan  minat menonton khalayak.

 

Kata kunci : Pengaruh, Daya Tarik Penyiar Televisi, Minat Menonton Khalayak


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ardianto, Elvinaro dan lukiati Komala Erdinaya, “Komunikasi Suatu Pengantar”, edisi 3, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007

Baksin, Askurifai, “Jurnalistik Televisi teori dan praktik”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2006

Bungin, Burhan, “Metode Penelitian Kuantitatif“, Kencana, Jakarta, 2005

Burton, Graeme, “Membincangkan Televisi Sebuah Pengantar Kepada Studi Televisi, Talking Television: An Introduction to The study Talk Television.”, Jalasutra, Yogyakarta, 2007

Harahap, arifin, “Jurnalistik Televisi Teknik Memburu dan Menulis Berita”, PT.Gramedia, Jakarta, 2006.

Krisyantono, Rachmat, “Teknik Praktis Riset

Komunikasi”, Kencana, Jakarta, 2007.

Muda, Deddy Iskandar, “Jurnalistik Televisi Menjadi Reporter Profesional”, Edisi kedua, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2006

Naratama, “Menjadi Sutradara Televisi dengan Single Kamera dan Multi Kamera”, PT. Grassindo Anggota Ikapi, Jakarta, 2005

Nurudin, “Pengantar Komunikasi Massa”, PT.

Grafindo Persada, Jakarta, 2007.

Pane, Teddy Resmisari, “Speak Out; Panduan Praktis dan jitu Memasuki Dunia Broadcasting dan Public Speaking”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004

Pusat Bahasa, “Kamus Besar Bahasa

Indonesia”,edisi 3, Balai Pustaka, Jakarta, 2005.

Rakhmat, Jalaludin, “Metode Penelitian komunikasi”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.

Sujianti, Agus Eko, “Aplikasi Statistik Dengan SPSS untuk pemula”, Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta, 2007

Suprapto, Tommy, “Berkarier di bidang Broadcasting”, Media Pressindo, Yogyakarta, 2006

Wiryanto, “Pengantar Ilmu komunikasi”, PT.

Grasindo Anggota Ikapi, Jakarta, 2006




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v6i1.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats