GAIRAH NOLLYWOOD MENYAINGI GEMERLAPNYA HOLLYWOOD DAN BOLLYWOOD

Zinggara Hidayat

Abstract


Abstrak

Makalah ini menyoroti pertumbuhan industri film yang sangat pesat di Nigeria yang dikenal sebagai Nollywood.  Kemampuan  para praktisi film memanfaatkan  kemajuan  medium film dengan  mengalihkan  orientasi  dari  layar  lebar  yang  ongkos  produksinya  mahal  ke  dalam industri rumahan yang diproduksi massal di seluruh negeri dengan memanfaatkan  kamera- genggam, bahkan kamera digital, mengedit movie di komputer rumah dan menjualnya dalam keping  digitaal  DVD  dan  VCD  melalui  jalur  distribusi  yang  pendek-pendek  dan  efisien. Industri  ini telah  membawa  iklim  perekonomian  maju  secara  signifikan  bagi  Nigeria  dan patut   dijadikan   teladan   bagi   pengembangan   industri   film   Indonesia.   Sudah   saatnya pemerintah dan legislatif memberi perhatian dan program-program strategis dan berorientasi kepada usaha skala kecil-menengah.

 

 

Kata kunci: Nollywood, film industry, cultural industry


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Al-Amin Ciroma, Abuja: “NIPC Partners NFC On Film Business” www.allafrica.com, 9 November 2007.

Arthur S. De Vany, “Hollywood Economics: How Extreme Uncertainty Shapes the Film Industry”, Routledge Publishers, Los Angeles, 2004.

Gordon, April A, “Nigeria’s Diverse Peoples: A Reference Sourcebook”, Santa Barbara, ABC-CLIO, California, 2003.

Harold L. Vogel, “Entertainment Industry Economics: a Guide for Financial Analysis”, Cambridge University Press, USA, 2001.

Haynes, Jonathan, “Nigerian Video Film”, Ohio

University Press, Ohio, 2007.

Iwenjora, Fred: “Information Minister Storms NFC to Lay Foundation Stones” www.allafrica.com, diakses pada 15 December 2007.

Jury, Louise, “Film Gives Nigeria’s Side of the

Slave Trade,” in Evening Standard, May 10, 2007.

Korieh et al, “Religion, History, and Politics in Nigeria: Essays of Ogbu U”, Kalu. Lanham, Maryland: University Press of America, Inc. Maryland, 2005.

Larkin, Brian, “Signal and Noise: Media, Infrastructure, and Urban Culture in Nigeria”, Durham, NC: Duke University Press, USA, 2008.

Mahajan, Vijay, “Africa Rising: How 900 Million African Consumers Offer More than You Think”, Upper Saddle River, Pearson Education, Inc. Publishing as Wharton School Publishing, New Jersey, 2009.

Ogbaa, Kalu, The Nigerian Americans.”, Westport, CT: Greenwood Press, Inc, USA, 2003.

Pfaff, Françoise, “Focus on African Films”, Bloomington, IN: Indiana University Press, Indiana, 2004.

Selvaraj Velayutham, “Tamil Cinema: The Cultural Politics of India's Other Film Industry”, Routledge Publishers, Los Angeles, 2008.

Sobrino, Rut Gomez, “Nigerian Film Industry, Closer to India” www.creativecontent.unesco.org, diakses pada 12 April, 2009.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v6i1.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats