GAIRAH NOLLYWOOD MENYAINGI GEMERLAPNYA HOLLYWOOD DAN BOLLYWOOD
Abstract
Abstrak
Makalah ini menyoroti pertumbuhan industri film yang sangat pesat di Nigeria yang dikenal sebagai Nollywood. Kemampuan para praktisi film memanfaatkan kemajuan medium film dengan mengalihkan orientasi dari layar lebar yang ongkos produksinya mahal ke dalam industri rumahan yang diproduksi massal di seluruh negeri dengan memanfaatkan kamera- genggam, bahkan kamera digital, mengedit movie di komputer rumah dan menjualnya dalam keping digitaal DVD dan VCD melalui jalur distribusi yang pendek-pendek dan efisien. Industri ini telah membawa iklim perekonomian maju secara signifikan bagi Nigeria dan patut dijadikan teladan bagi pengembangan industri film Indonesia. Sudah saatnya pemerintah dan legislatif memberi perhatian dan program-program strategis dan berorientasi kepada usaha skala kecil-menengah.
Kata kunci: Nollywood, film industry, cultural industry
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Al-Amin Ciroma, Abuja: “NIPC Partners NFC On Film Business” www.allafrica.com, 9 November 2007.
Arthur S. De Vany, “Hollywood Economics: How Extreme Uncertainty Shapes the Film Industry”, Routledge Publishers, Los Angeles, 2004.
Gordon, April A, “Nigeria’s Diverse Peoples: A Reference Sourcebook”, Santa Barbara, ABC-CLIO, California, 2003.
Harold L. Vogel, “Entertainment Industry Economics: a Guide for Financial Analysis”, Cambridge University Press, USA, 2001.
Haynes, Jonathan, “Nigerian Video Film”, Ohio
University Press, Ohio, 2007.
Iwenjora, Fred: “Information Minister Storms NFC to Lay Foundation Stones” www.allafrica.com, diakses pada 15 December 2007.
Jury, Louise, “Film Gives Nigeria’s Side of the
Slave Trade,” in Evening Standard, May 10, 2007.
Korieh et al, “Religion, History, and Politics in Nigeria: Essays of Ogbu U”, Kalu. Lanham, Maryland: University Press of America, Inc. Maryland, 2005.
Larkin, Brian, “Signal and Noise: Media, Infrastructure, and Urban Culture in Nigeria”, Durham, NC: Duke University Press, USA, 2008.
Mahajan, Vijay, “Africa Rising: How 900 Million African Consumers Offer More than You Think”, Upper Saddle River, Pearson Education, Inc. Publishing as Wharton School Publishing, New Jersey, 2009.
Ogbaa, Kalu, The Nigerian Americans.”, Westport, CT: Greenwood Press, Inc, USA, 2003.
Pfaff, Françoise, “Focus on African Films”, Bloomington, IN: Indiana University Press, Indiana, 2004.
Selvaraj Velayutham, “Tamil Cinema: The Cultural Politics of India's Other Film Industry”, Routledge Publishers, Los Angeles, 2008.
Sobrino, Rut Gomez, “Nigerian Film Industry, Closer to India” www.creativecontent.unesco.org, diakses pada 12 April, 2009.
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v6i1.75
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats