MODEL FLKC SEBAGAI MODEL ANALISIS PENGGUNA DAN KURIKULUM DALAM PENENTUAN MODEL LITERASI INFORMASI DI PERGURUAN TINGGI

Wina Erwina, Yulianti Yulianti

Abstract


Abstrak

Program  literasi  informasi  menjadi  keharusan  yang  diadakan  bagi  setiap  mahasiswa  di lingkungan perguruan tinggi oleh perpustakaan.  Melalui program ini diharapkan mahasiswa mampu mandiri melalui proses belajar yang tepat, cermat dan sesuai dengan etika dan hukum yang  berlaku.  Literasi  informasi  mengarahkan  kemampuan  belajar  seumur  hidup.  Agar program  ini  berhasil  sesuai  tujuan,  diperlukan  perencanaan  terlebih  dahulu.  Diperlukan sebuah model yang dapat melakukan analisis pengguna dalam hal ini adalah mahasiswa dan kurikulum  pendidikan  yang  akan  ditempuh  sebagai  suatu  bentuk  perencanaan.  Analisis dilakukan terstruktur sehingga dapat menghasilkan  penentuan model literasi informasi yang tepat,  dari  berbagai   pilihan   model  literasi  yang  ada.  Model   analisis   ini  selain  dapat mengarahkan  untuk  menentukan  model  literasi  informasi  juga  menjadi  alat  bantu  dalam meraih keberhasilan literasi informasi di perguruan tinggi.  Metode penelitian yang digunakan melalui studi literature dan observasi yang dilakukan di Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD. Hasil yang didapat berupa model FLKC yang menganalisis  pengguna  dari beberapa  aspek yaitu social budaya, pendidikan, tingkat ekonomi, perspektif mengenai literasi informasi dan keahlian informasi dengan terpaan factor yang mempengaruhi yaitu kurikulum.

 

Kata Kunci: Literasi, Informasi, Model


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

ALA., “The Information Literacy Competency Standard for Higher Education”, The Association of College and Research Libraries, Chicago, 2000.

Basuki, Sulistyo, ”Pengantar Dokumentasi”, Rekayasa Sains, Jakarta, 2004.

Dikti, “Program Kreativitas Mahasiswa”, Dikti

RI, Jakarta, 2009.

Mahmudin, ”Pengantar Ilmu Perpustakaan”, Materi Pelatihan Singkat Pengelolaan perpustakaan Unpas, Bandung., 2006.

Stueart, Robert D, “Library and Information Center Management”, Libraries Unlimited, London, 2000.

Sutarno, NS, “Tanggung Jawab Perpustakaan.”, Panta Rei, Jakarta, 2005.

Sutarno-NS, ”Perpustakaan dan Masyarakat”,.

Sagung Seto, Jakarta, 2007.

Wardhani, Eka, ”Perpustakaan Sebagai Tempat Pembelajaran Seumur Hidup”, Artikel ilmiah dalam Majalah Visi Pustaka. Perpustakaan Nasional, Jakarta, 2007.

Wilson, T.D, ”Information Needs and Uses. Ed, fifty Years of Progress A Journal of Documentation review”, Aslib. Http://www.fiu.edu/~libra ry/ili/goals.html, diakses tanggal 4

September 2007.

Witarko, Djoko, ”Seri Panduan Rumah Belajar: Bagaiman Mengelolanya?” The Coca-Cola Foundation, Jakarta, 2006.

World Summit on the Information Society di Geneva. Proceedings of the World Summit on the Information Society, Geneva, 2003.

Yusuf, Pawit M, ”Pedoman Penyelenggaraan

Perpustakaan Sekolah”, Kencana, Jakarta, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats