MODEL FLKC SEBAGAI MODEL ANALISIS PENGGUNA DAN KURIKULUM DALAM PENENTUAN MODEL LITERASI INFORMASI DI PERGURUAN TINGGI
Abstract
Abstrak
Program literasi informasi menjadi keharusan yang diadakan bagi setiap mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi oleh perpustakaan. Melalui program ini diharapkan mahasiswa mampu mandiri melalui proses belajar yang tepat, cermat dan sesuai dengan etika dan hukum yang berlaku. Literasi informasi mengarahkan kemampuan belajar seumur hidup. Agar program ini berhasil sesuai tujuan, diperlukan perencanaan terlebih dahulu. Diperlukan sebuah model yang dapat melakukan analisis pengguna dalam hal ini adalah mahasiswa dan kurikulum pendidikan yang akan ditempuh sebagai suatu bentuk perencanaan. Analisis dilakukan terstruktur sehingga dapat menghasilkan penentuan model literasi informasi yang tepat, dari berbagai pilihan model literasi yang ada. Model analisis ini selain dapat mengarahkan untuk menentukan model literasi informasi juga menjadi alat bantu dalam meraih keberhasilan literasi informasi di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan melalui studi literature dan observasi yang dilakukan di Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD. Hasil yang didapat berupa model FLKC yang menganalisis pengguna dari beberapa aspek yaitu social budaya, pendidikan, tingkat ekonomi, perspektif mengenai literasi informasi dan keahlian informasi dengan terpaan factor yang mempengaruhi yaitu kurikulum.
Kata Kunci: Literasi, Informasi, Model
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
ALA., “The Information Literacy Competency Standard for Higher Education”, The Association of College and Research Libraries, Chicago, 2000.
Basuki, Sulistyo, ”Pengantar Dokumentasi”, Rekayasa Sains, Jakarta, 2004.
Dikti, “Program Kreativitas Mahasiswa”, Dikti
RI, Jakarta, 2009.
Mahmudin, ”Pengantar Ilmu Perpustakaan”, Materi Pelatihan Singkat Pengelolaan perpustakaan Unpas, Bandung., 2006.
Stueart, Robert D, “Library and Information Center Management”, Libraries Unlimited, London, 2000.
Sutarno, NS, “Tanggung Jawab Perpustakaan.”, Panta Rei, Jakarta, 2005.
Sutarno-NS, ”Perpustakaan dan Masyarakat”,.
Sagung Seto, Jakarta, 2007.
Wardhani, Eka, ”Perpustakaan Sebagai Tempat Pembelajaran Seumur Hidup”, Artikel ilmiah dalam Majalah Visi Pustaka. Perpustakaan Nasional, Jakarta, 2007.
Wilson, T.D, ”Information Needs and Uses. Ed, fifty Years of Progress A Journal of Documentation review”, Aslib. Http://www.fiu.edu/~libra ry/ili/goals.html, diakses tanggal 4
September 2007.
Witarko, Djoko, ”Seri Panduan Rumah Belajar: Bagaiman Mengelolanya?” The Coca-Cola Foundation, Jakarta, 2006.
World Summit on the Information Society di Geneva. Proceedings of the World Summit on the Information Society, Geneva, 2003.
Yusuf, Pawit M, ”Pedoman Penyelenggaraan
Perpustakaan Sekolah”, Kencana, Jakarta, 2007.
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v6i1.74
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats