ON EMPOWERMENT: CASE OF WOMEN FISHERMEN IN SIDOARJO USING SOCIAL ENTREPRENEURSHIP APPROACH

Didiek Tranggono, Praja F Nuryananda

Abstract


Salah satu stratifikasi sosial di masyarakat yang termasuk dalam kategori di bawah kemiskinan adalah nelayan perempuan. Faktor-faktor kompleks yang saling berhubungan merupakan sumber utama yang melemahkan kemampuan masyarakat dalam membangun kawasan dan meningkatkan kesejahteraannya dan karenanya menyebabkan kemiskinan dan pengasingan. Di daerah pesisir, khususnya kelompok nelayan perempuan, kemiskinan dan pengasingan merupakan isu-isu khusus, masalah yang konsisten hampir di seluruh wilayah pesisir Indonesia. Artikel ini mencoba untuk menemukan model pemberdayaan perempuan nelayan lokal di Kabupaten Sidoarjo menggunakan pendekatan kewirausahaan sosial. Model ini kemudian dikombinasikan dengan pendekatan partisipatif yang didefinisikan sebagai upaya untuk mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan wanita nelayan dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, dan pemanfaatan sumber daya dan optimalisasi potensi lokal melalui pembentukan kebijakan, program, kegiatan dan bantuan sesuai dengan esensi masalah dan prioritas pemenuhan kebutuhan dasar melalui pengembangan potensi ekonomi lokal dengan memperhatikan kelestarian lingkungan secara terpadu.


Full Text:

PDF

References


Aldito. 2013. Keterlibatan Perempuan Pesisir Masih Lemah, [online]. Available at: http://www.rcl.or.id/berita-167-keterlibatan-perempuan-pesisir-masih-lemah.html. Accessed on 31st August 2014.

Craig, G. and Mayo M. 1995. Community Empowerment. A Raider in Participation and Development. London: Zed Book.

Dajani, Haya-Al and Susan Marlow. 2013. “Empowerment and entrepreneurship: a theoretical framework”, in International Journal of Entrepreneurial Behaviour & Research Vol. 19, No. 5, 2013.

Hikma., 2006. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama Press.

Kan, Man Yee. 2002. Gender Asymmetry in the Division of Labour. Department of Sociology Univercity of Oxford.

Kusnadi, Sumarjono, Sulistiowati, Yunita, Subchan, Puji. 2007. Strategi Hidup Masyarakat Nelayan. Yogyakarta: LkiS, Pelangi Aksara.

-----------. 2009. Pemberdayaan Nelayan dan Dinamika Ekonomi Pesisir. Pusat Penelitian Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. University of Jember Research Institution.

Mulyono, Budi. 2007. Dimensi Sosial Kehidupan Nelayan. Jakarta: Rajawali Press.

Phan, Ly. 2015, “Measuring Women’s Empowerment at Household Level Using DHS Data of Four Southeast Asian Countries”, in Soc Indic Res (2016), Springer.

Sonja, Andarini, Megahnanda A. K., Sarah Anabarja. 2014. Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Surabaya: PT. Revka Petra Media.

Suharto, E. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategi Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Wesely, Marissa and Dina Dublon. 2015. “Empowering Women at the Grassroots”, in Stanford Social Innovation Review, Spring 2015.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v20i02.697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats