REALITAS SOSIAL DALAM PESAN POLITIK (Tinjauan Filosofi Komunikasi Politik)

Syurya M. Nur

Abstract


Penelitian ini menganalisa secara filosofis tentang realitas sosial dalam pesan politik, yang mana Komunikasi Politik lebih ditekan kepada pesan politik. tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara filosif pesan politik pada komunikasi politik. Metode pengumpulan dan pengolahan data yang digunakan dalam kajian ini menggunakan studi pustaka (library research) sebagai bahan literatur yang dapat menyajikan data. Pesan pada komunikasi politik merupakan yang keharusan yang merupakan suatu realitas sosial di masyarakat. secara filosofis ontologis bahwa dasar abstrak ontologi dalam komunikasi politik bersumber pada konsep- konsep filosofis yang berhubungan dengan kenyataan, keberadaan, serta wawasan. memahami realitas sosial pesan politik sebagai hasil dari konstruksi sosial pengetahuan. Aksiologi dapat membantu masyarakat memahami komunikasi politik dengan cara yang sejalan dengan nilai-nilaipesan dianalisis secara filosofis, dengan salah satu komponennya berfokus pada ontologis pesan politik, dimana dalam ilmu komunikasi, pesan politik adalah pusat kehadiran komunikasi politik. kita dapat memahami bagaimana pesan politik memainkan peran penting dalam pemahaman kita tentang dunia kita. Aksiologi dapat membantu masyarakat memahami dan menafsirkan komunikasi politik sesuai dengan nilai dan etika masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Ahmed, A.M. (2008). Ontological, Epistemological and Methodological Assumptions: Qualitative versus Quantitative.

Arifin, A. (2011). Komunikasi Politik–Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan Dan Komunikasi Politik Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hart, S.L. (1971). Axiology--Theory of Values. Philosophy and Phenomenological Research, 32, 29.

Klaus Krippendorff. (1984). An Epistemological Foundation for Communication, Journal of Communication, Volume 34, Issue 3, 21-36.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. (2008). Theories Of Human Communication. California: Thomson Wadsworth

Mulyana, D. (2010). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya

Nimmo.D. (1989). Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan Dan Media (Edisi. Terjemahan Oleh Tjan Sujarman). Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Rat, N. R. S. D. N. (2023). Filsafat Komunikasi Politik: Filsafat Komunikasi Politik. Commed Jurnal Komunikasi Dan Media, 7(2), 99-112

Riauan, M. A. I. (2020). Konstruksi Realitas Pada Pesan Politik Calon Walikota Pekanbaru Di Riau Pos. Ettisal, 5(1).

Sumarno & Suhandi. (1993). Pengantar Studi Komunikasi Politik, Bandung, Orba Shakti.

Turnomo, R. (2011). Konstruksi Teori (Komunikasi) Dalam Logika Hypothetico-Dedactive. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 107-122.

Wahid, Umaimah. (2016).Komunikasi Politik, Media Baru, Umaimah Wahid. hlm 34.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v21i01.693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats