REPRESENTASI KONFLIK ASIMILASI PADA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM FILM MINARI

Olih Solihin, Efendi Agus Waluyo, Euis Nurul Bahriyah

Abstract


Film merupakan salah satu media berkomunikasi dan penyebaran informasi. Film juga merupakan media audio visual yang terdiri dari potongan gambar yang kemudian disatukan menjadi kesatuan yang utuh dan memiliki kemampuan dalam menangkap realitas dari sosial budaya, membuat film mampu menyampaikan pesannya. Film Minari adalah film yang tayang pada tahun 2020 dan di sutradarai oleh Lee Isaac Chung  . Film ini mengisahkan perjalanan satu keluarga yang merupakan imigran dari Korea yang berusaha mengejar impian mereka di Amerika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna-makna yang terjadi di dalam film dengan menggunakan analisis semiotika dari Roland Barthes, yaitu dengan mencari makna-makna dari denotasi, konotasi dan mitos. Selain itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana film merepresentasikan konflik di dalam keluarga Jacob. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka. Data yang telah diperoleh kemudian melalui proses reduksi data, penyajian, sampai kepada menarik kesimpulan dari penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa film ini bukan hanya menunjukkan makna yang umum tetapi terdapat juga makna denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat di dalam teks dan gambar dalam film. Selain itu, representasi makna pesan sosial dari film ini juga memberikan sudut pandang dalam memaknai komunikasi di dalam keluarga, memaknai perbedaan budaya, serta kerukunan antara orang yang memiliki budaya yang berbeda-beda.

 

Kata kunci : Film Minari, Semiotika Roland Barthes, denotasi, konotasi, mitos


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v20i02.662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats