PENGARUH IKLAN DIGITAL SPECS KOLABORASI BAMBANG PAMUNGKAS #BP20SHAMAN TERHADAP BRAND LOYALTY

Aldian Rahmat, Velda Ardia Murdiana

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan digital specs kolaborasi Bambang Pamungkas #BP20SHAMAN. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu teori Komunikasi Pemasaran, teori Iklan, teori Iklan Digital dan teori Brand Loyalty. Penelitian ini merupakan metode Kuantitatif dengan metode survei dan pengumpulan data yang menggunakan Kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pengguna aktif Instagram yang menge-tag akun Instagram Specs @specs_indonesia didapatkan sebanyak 517 dan sampel yang digunakan dengan hasil 84 yang sudah dirumuskan atau dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Data yang terkumpul kemudian di olah menggunakan software SPSS versi 25 untuk mendapatkan perhitungan yang akurat. Nilai rekapitulasi terbesar angket pada variabel X sebagai berikut. Yaitu X21 dengan jumlah nilai Mean yakni 4,44, dengan pernyataan “Saya merasa tepat, brand Specs mempromosikan produk #BP20SHAMAN melalui Iklan Digital Instagram”. Nilai rekapitulasi terbesar angket pada variabel Y nilai Mean yakni 4,47 pada Y9 dengan pernyataan “saya merasa nyaman menggunakan brand Specs”. Berdasarkan perhitungan tersebut, hasil perhitungan t hitung 12,423 > t tabel yaitu  1,664 maka dapat ditentukan H0 ditolaj H1 diterima. Pengaruh Iklan Digital Specs Kolaborasi Bambang Pamungkas #BP20SHAMAN terhadap Brand Loyalty sebesar 75,6%, sementara sisanya yaitu 24.4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian.

Kata Kunci : Iklan Digital, Instagram, Brand Loyalty


Full Text:

PDF

References


Burns, Daugherty and Eastin, 2011. Handbook of Research on Digital Media and Advertising. Usa : IGI Global.

Fitriah. 2018. Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Sleman :CV Budi utama

Khoziah, Lubis. “Pengaruh Iklan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @kpopconnection”. Jurnal Ilmu Komunikasi : Vol. 10 No. 1 tahun 2021.

Kriyantono. 2012. Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Kusuma. “Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction dan Brand Trust Harley Davidson di Surabaya”. Jurnal Manejemen Pemasaran : Vol. 2 No. 1 tahun 2014.

Liliweri. 2011. Komunikasi Serba ada Serba Makna. Jakarta :Kencana Prenada Media group.

Lumba. “PERAN BRAND LOVE TERHADAP BRAND LOYALTY DAN WILLINGNESS TO PAY PREMIUM PRICE PADA PEMBELI IPHONE DI SURABAYA. Jurnal Manajemen dan Ekonomi : Vol. 7 No. 1 tahun 2019

Morissan. 2015. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Prenada Media group.

Priansa. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sari, Pebrianggara, Oertajo. 2021. Digital Marketing. Jawa Timur : UMSIDA PRESS

Saskara. 2021. Buku Ajar Media Periklanan Berbasis Implementasi Tutorial Praktek “Dasar Penggunaan dan Pembuatan Iklan. Denpasar Bali : Swasta Nulus

Septiani. 2022. Dasar – Dasar Pemasaran Digital. Surabaya : Cipta Media Nusatara.

Sugiama, Pambudi. “Pengaruh Kemasan, Kewajaran Harga dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty. Jurnal Manejemen maranatha : Vol. 17 No. 1 Tahun 2017.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penilitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryani & Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Susanto. “Aktivitas Bauran Komunikasi Pemasaran di Perusahaan Jamu Tjipto”. Jurnal Ilmu Komunikator : Vol. 9 No. 1 Tahun 2017.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v20i02.656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats