PENGARUH TERPAAN BERITA IBU KOTA NEGARA (IKN) DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM TERHADAP SIKAP MAHASISWA
Abstract
Kebijakan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) banyak menjadi topik berita sejak awal tahun 2022. IKN yang masih dalam tahap perencanaan dan pembangunan awal membuat masyarakat bergantung akan informasi dalam berita-berita IKN untuk mengetahui perkembangan kebijakan tersebut. Salah satunya melalui pemberitaan IKN di media online Kompas.com. Pemindahan ibu kota merupakan keputusan besar yang memerlukan pemikiran, penilaian dan sikap dari masyarakat, khususnya mahasiswa selaku penerus bangsa dan berperan sebagai sosial kontrol di masyarakat. Sikap mahasiswa sangat diperlukan untuk mengawal kebijakan IKN sehingga tidak terjadi penyelewengan yang merugikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan berita Ibu Kota Negara (IKN) di media online Kompas.com terhadap sikap mahasiswa. Dengan menggunakan pendektan kuantitatif dan metode survei, penelitian ini mendapatkan hasil bahwa terpaan berita Ibu Kota Negara (IKN) di media online Kompas.com mempengaruhi sikap mahasiswa.
Full Text:
PDFReferences
Anindhita, Wiratri, Elisabeth Nugrahaeni, Devie Rahmawati, and Mila Viendyasari. 2022. “The Role of Podcast as a Distance Learning Media during Covid-19 in Higher Education.” Asia Pasific Journal of Management and Education (APJME) 5.
Ardianto,Elvinaro dan Q-Aness, Bambang. 2014. Filsafat Ilmu Komunikasi. Cetakan Ke. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Azhar, Salsabila. 2019. Pengaruh Terpaan Pemberitaan Terorisme Di Media Online Terhadap Persepsi Mahasiswa Pada Pakaian Syar’i.
Babbie, Earl. 2016. The Practice of Social Research. Fourteenth. Boston: Cengage Learning.
Hafizd, Jefik Zulfikar. 2022. “Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah.” Dimasejati 4: 175–84.
Joeliaty. 2017. “Modal Intelektual Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Berbasis Nilai (CARBV) (Studi Pada Program Studi Perguruan Tinggi Negeri Di Bandung Jawa Barat).” Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis 1: 26–35.
Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Cetakan ke. Jakarta: Kencana.
Kurniawan, Agung Widhi, and Zahra Puspitaningtyas. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Littlejohn, Stephen W, and Karen A Foss. 2018. Teori Komunikasi (Theories of Human Communication). Jakarta: Salemba Humanika.
Mahdi, M Ivan. 2022. “Media Online, Sumber Berita Utama Masyarakat Indonesia.” dataindonesia.id. https://dataindonesia.id/digital/detail/media-online-sumber-berita-utama-masyarakat-indonesia (January 30, 2023).
Malhotra, Naresh K. 2010. Marketing Research An Applied Orientation Sixth Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Neuman, W. Lawrence. 2014. Basics of Social Research: Qualitative & Quantitative Approaches. Essex: Pearson Education Limited.
Rakhmat, Jalaluddin. 2018. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Safitri, Dini, Marko Marthin Albar, Muhammad Rafli Alfarisi, and Ghozali. 2021. “Establising An Identity Through Youtube.” Proceeding ICHELSS 2021.
Sari, Endang S. 1993. Audience Research : Pengantar Studi Penelitian Terhadap Pembaca, Pendengar, Dan Pemirsa. Yogyakarta: Andi Offset.
Sekaran, Uma dan Roger Bougie. 2016. Research Method For Business: A Skill-Building Approach 17th Edition. Chichester: Wiley.
Setyadi, Yorri Didit et al. 2021. “Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai ‘Agent Of Change Dan Social Control.’” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5: 1542–47.
Sitorus, Rocky Abisai Benaya. 2017. “Mengenal Sekilas Universitas Negeri Jakarta.” unjkita.com.
Sukarelawati. 2019. Komunikasi Interpersonal Membentuk Sikap Remaja. ed. Tiana S Wijono. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Tusan, Angga Rakadiwak, Ido Prijana Hadi, and Daniel Budiana. 2019. “Pengaruh Terpaan Media Terhadap Sikap Masyarakat Surabaya Pada Program Religi ‘Kata Ustadz Solmed’ Di SCTV.” Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya 7.
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v20i01.574
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats