TELEVISI RAMAH ANAK
Abstract
Abstrak
Dalam teori perkembangan anak dikatakan tumbuh-kembang anak tidak akan terpi- sahkan dari kelima sistem interaksi seperti tersebut di atas. Pada proses interaksi inilah banyak institusi yang akan menyosialisasikan nilai-nilai dan pengetahuan kepada anak. Oleh karena itu, orangtua tidak dapat dengan sempurna menginginkan anaknya menjadi seperti yang ia inginkan, karena banyak institusi yang turut berperan dalam proses sosialisasi, salah satunya yang paling berpengaruh di era global ini adalah media massa dengan menyebutnya kehadiran medianya saja telah membawa pesan, “medium is message”.
Kata Kunci: Televisi, Tumbuh Kembang Anak, Pengetahuan
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Baran, SJ & Davis, DK, ”Mass Communication Theory: Foundations, Ferment, and Future”, Wadsworth, Canada, 2000.
Becker, L. Samuel, “Discovering Mass
Communication”, Routledge, Los Angeles,
Dedi Supriadi, “Kontroversi tentang Dampak Kekerasan Siaran Televisi terhadap Perilaku pemirsanya dalam Bercinta dengan Televisi”, Remaja Rosda Karya, Bandung,
Dominick, Joseph R, “The Dynamics of Mass
Communication”, Mass, New York, 1996.
Gardner, Howard, “Multiple Intelligences: The Theory in Practice”, Routledge, New York, 1993.
Gertz, C, “The Interpretation of Cultures: Selected Essays”, Fontana, London, 1993.
Hadad, Tini, “Analisis Konseptual dan Kondisi Riil dalam Pertelevisian Indonesia”, Rosdakarya, Bandung, 1997.
Koentjaraningrat, ”Pengantar Antropologi 1”, Aksara Baru Urie Bronfenbrenner, Jakarta, 1979.
McBride, S, et al, “Many Voices, One World”, Report by the International Commission for the Study of Communication Problems, UNESCO, Paris, 1980.
McComb, ME & Shaw, DL, ‘The Agenda-Setting Function of the Press’, Public Opinion Quarterly 36: 176-187, 1972.
McLuhan, M, “Understanding Media: The Extensions of Man.”, McGRaw-Hill Book Company, New York, 1964.
McQuail, D, “Mass Communication Theory”, 2nd
Edition. Beverly Hills, Sage, CA, 1987.
Muttaqin, “Perspektif Budaya dalam Pengembangan Anak Usia Dini”, Bappenas (tidak diterbitkan), Jakarta, 2007.
Sendjaja, Sasa Djuarsa, “Pengantar Komunikasi”, Rosdakarya, Bandung, 1993.
Sri Andayani dan Hanif Suranto, “Perilaku Antisosial di Layar Kaca dalam Bercinta dengan Televisi”, Remaja Rosda Karya, Bandung, 1997.
Scramm, W, “Mass Media and National De velopm ent.”, Stanford U nivers ity Press, Stanford, 1964.
Siregar, A, “Peranan Strategis Media Massa dalam Pembangunan Jatidiri Bangsa: Antara Cita dan Realita”, Forum Diskusi Kebudayaan BAPPENAS, Jakarta, 2004.
Sukadental, A. ‘Masyarakat Informasi dan Model Politik Komunikasi’. Jurnal Komunikasi Audientia Vol. I No.3/1993.
Skomis, “Television and Society; An Incuest and Agenda”, McGwar Hill, Lodon, 1985.
Trenaman, JSM & McQuail, D, “Television and the
Political Image”, Mathuen, London, 1961.
Wirodono, Sunardian, “Matikan TV-mu”, Resist
Book, Yogyakarta, 2006.
Zulkifli, A, “PDI di Mata Golongan Menengah Indonesia”, PT Pustaka Utama Grafiti, Jakarta, 1996.
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v5i2.57
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats