STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SMK TERATAI PUTIH GLOBAL 3 BEKASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

Euis Nofita Widiyati, Edy Prihantoro

Abstract


Perkembangan internet yang begitu cepat saat ini menuntut berbagai perusahaan maupun perorangan mampu beradaptasi mengikuti perubahan teknologi dan lebih menguasai teknologi. Demikian halnya pada dunia pendidikan dimana adanya wabah covid-19 ini, menuntut sekolah untuk dapat berinovasi dalam hal melakukan promosi kegiatan penerimaan peserta didik baru dengan memanfaatkan media komunikasi berbasis digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengetahui strategi komunikasi pemasaran SMK TPG 3 Bekasi melalui media social instragram dalam penerimaan peserta didik baru dan factor apa saja yang mendukung terlaksananya strategi komunikasi pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru. Tantangannya adalah bagaimana pesan dan informasi SMK TPG 3 dapat tersampaikan dengan jelas konsisten kepada target audiens dikemas melalui konten yang menarik pada  media social  sehingga menyankinkan calon siswa maupun orang tua untuk mendaftar di SMK TPG 3 Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif . Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK TPG 3 Bekasi telah melakukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat melalui media social seperti facebook, youtube, whatsapp dan instagram dengan baik. Diantara keempat media social tersebut, instagram adalah media yang paling aktif digunakan untuk berkomunikasi dengan masyarakat dan dinilai berhasil dalam menarik minat dan menyakinkan calon siswa untuk mendaftar di SMK TPG 3 Bekasi. Hal lain yang mendukung keberhasilan strategi ini adalah nama baik, akreditasi sekolah, dan SDM yang kompeten.

 

Kata Kunci :Strategi Komunikasi Pemasaran, Instagram, PPDB


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v20i01.530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats