PENGARUH STRUKTUR IKLAN TELEVISI MIZONE DENGAN LABEL BARU TERHADAP SIKAP KONSUMEN (SURVEI EKSPLANASI: PENGARUH IKLAN TELEVISI MIZONE DENGAN LABEL BARU TERHADAP SIKAP POSITIF SISWA SMUN 27 JAKARTA, 2008)

Ferdinand Nababan

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini mengangkat  tema  pemberitaan  terkait  dengan  ditariknya  minuman  isotonik mizone  dari pasaran   untuk menggantinya  dengan  kemasan  atau label baru. Penelitian  ini akan  melihat  besarnya  pengaruh  iklan  televisi  mizone  terhadap  sikap  positif  konsumen. Peneliti  mencari  pengaruh  pada struktur  iklan televisi  mizone  dengan  label baru terhadap sikap  positif  siswa  SMUN  27  Jakarta.  Dengan  menggunakan  teori  AIDCA  akan  terlihat bahwa  iklan  mizone  dapat  dengan  mudah  diingat  konsumen  khusunya  siswa  SMUN  27

Jakarta, dan untuk mencari sikap yang ditimbulkan  dari konsumen  yaitu sikap positif yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan  dan pemahaman pada konsumen.Peneletian  ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan signifikasi penelitian 0,05. Data dikumpulkan  dengan  data  primer  yaitu  kuesionerdan  survey  terhadap  siswa  SMUN  27

Jakarta dan struktur iklan televisi mizone label baru dengan menggunakan skala likert untuk mengetahui jawaban dari responden; dan populasi penelitian berjumlah 660 dan sampel yang diperoleh  melalui  rumus  Yamane  yang  digunakan  sebesar  87  responden.  Pengambilan sampel  dalam  penelitian  ini adalah  simple  random  sampling  salah  satu bentuk  dari probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan uji  realibilitas,   uji  validitas,  distribusi  frekuensi,  korelasi,  hipotesis,  regresi  dan  uji  Z. Interprestasi dari yang didapatkan pada penelitian ini memperoleh nilai korelasi pada variabel X dan Variabel Y r sebesar 0,562 berada pada tingkatan yang cukup, berarti pengaruh positif terhadap struktur iklan mizone di televisi memiliki pengaruh yang cukup. Uji realibilitas yang diperoleh berdasarkan perhitungan SPSS adalah sebesar 0,794. Adapun data yang valid pada penelitian ini yang tertinggi adalah 0,772  dan data valid terendah sebesar 0,312

 

Kata Kunci: Struktur iklan televisi mizone, sikap siswa SMUN 27 Jakarta


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ahmadi, Abu, Psikologi Sosial, Rineka Cipta, Semarang, 2007

Arens, F.William, Principles and Practice, Prentice

Hall International, USA, 1999

Badudu, J.D, dan Sulatan Mohammad Zain, Kamus Peiklanan, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 1994

Burton, Greme, Membicarakan Televisi, Jalasutra, Jakarta, 2007

Durianto, Darmadi dkk, Inovasi Pasar dengan Iklan

Yang Efektif, Gramedia Pustaka, Jakarta,

Djayakusumah, Tams, Periklanan, Amico, Bandung, 1982

Effendy, Onong Uchjana, Kamus Komunikasi, Mandar Maju, Bandung, 1989

Faisal, Sanapiah, Format-Format Penelitian Sosial, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1995

Hasan, M. Iqbal, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2002

Irawan, Prasetya, Logika dan Prosedur Penelitian, STIA LAN Press, Jakarta, 2000

Jefkins, Frank, Periklanan, Erlangga, Jakarta, 1994

Kasali, Rhenald, Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya, Pustaka Grafiti Utama, Jakarta, 1993

--------------------, Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya, Pustaka Grafiti Utama, Jakarta, 1995

Klepper, Russel, Thomas and Lane, W. Ronald, Tata Cara Periklanan 2nd book, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 1992

Kriyantono, Rachmat, Riset Komunikasi, Prenada

Media Group, Jakarta, 2006

Lowe, Brett William, Periklanan yang efektif (Clever advertising), PT. Citra Aditya Bakti, Jakarta,

M.Cohen,A Preface to logic, Meridien, New york,

Mulyana, Dedi, Ilmu Komunikasi, Remaja

Rosdakarya, Bandung, 2005

Nazir, M,Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1983

Neuman, Lawrence, Social Research Metho, 5th Edition, USA: Pearson Education Inc,

Prasetijo, Ristianti dan Ihalauw, John, Perilaku

Konsumen, Andi, Yogyakarta, 2004

Ruben, Brent D, Communication and Human

Behaviour, New yersey, 1992

Ruslan, Rosady, Manajemen Public Relation dan Media komunikasi, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003

Salim, Agus, Teori Paradigma Penelitian Sosial, PT.

Tiara Jogja, Yogyakarta, 2003

Santoso, Singgih, Tjiptono, Riset Pemasaran; Konsep dan Aplikasinya dengan SPSS, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2004

Saroso, Sarlito Wirawan, Psikologi Remaja, PT.

Grafindo Persada, Jakarta, 2003

Setiadi, J. Nugroho, Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian, Prenada Media Group, Jakarta, 2003

Shimp,Terence.A, Periklanan Promosi, Edisi

Kelima, Erlangga, Jakarta, 2003

Simamora, Bilson, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002

Singarimbun, Masri dan effendi, Sofian, Metode Penelitian Survei 2nd Edition, LP3ES, Jakarta, 1989

Sobur, Alex, Psikologi Umum, Pustaka Setia, Jakarta, 2003

Sugiono, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung, 2007

-----------, Metode penelitian Administratif, Alfabeta, Bandung, 2002

Tata krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia, Direktorat Bina Pers dan Grafika Dept.Penerangan RI, Jakarta, 1983

Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran, Amara Books, Yogyakarta, 2003

Wells, William Burnett dan John Moriarty Sandra, Advertising Principle and practice, Pearson Education, USA, 2000

------------------, Advertising Principle and practice, Pearson Education, USA, 2003

Widyatama, Rendra, Pengantar Periklanan, Pustaka

Book Publisher, Yogyakarta, 2007

Widjaya, A.W, Komunikasi dan hubungan

Masyarakat, Bumi Aksara, Jakarta, 1993




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v5i1.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats