PENGARUH STRUKTUR IKLAN TELEVISI MIZONE DENGAN LABEL BARU TERHADAP SIKAP KONSUMEN (SURVEI EKSPLANASI: PENGARUH IKLAN TELEVISI MIZONE DENGAN LABEL BARU TERHADAP SIKAP POSITIF SISWA SMUN 27 JAKARTA, 2008)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengangkat tema pemberitaan terkait dengan ditariknya minuman isotonik mizone dari pasaran untuk menggantinya dengan kemasan atau label baru. Penelitian ini akan melihat besarnya pengaruh iklan televisi mizone terhadap sikap positif konsumen. Peneliti mencari pengaruh pada struktur iklan televisi mizone dengan label baru terhadap sikap positif siswa SMUN 27 Jakarta. Dengan menggunakan teori AIDCA akan terlihat bahwa iklan mizone dapat dengan mudah diingat konsumen khusunya siswa SMUN 27
Jakarta, dan untuk mencari sikap yang ditimbulkan dari konsumen yaitu sikap positif yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman pada konsumen.Peneletian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan signifikasi penelitian 0,05. Data dikumpulkan dengan data primer yaitu kuesionerdan survey terhadap siswa SMUN 27
Jakarta dan struktur iklan televisi mizone label baru dengan menggunakan skala likert untuk mengetahui jawaban dari responden; dan populasi penelitian berjumlah 660 dan sampel yang diperoleh melalui rumus Yamane yang digunakan sebesar 87 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling salah satu bentuk dari probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan uji realibilitas, uji validitas, distribusi frekuensi, korelasi, hipotesis, regresi dan uji Z. Interprestasi dari yang didapatkan pada penelitian ini memperoleh nilai korelasi pada variabel X dan Variabel Y r sebesar 0,562 berada pada tingkatan yang cukup, berarti pengaruh positif terhadap struktur iklan mizone di televisi memiliki pengaruh yang cukup. Uji realibilitas yang diperoleh berdasarkan perhitungan SPSS adalah sebesar 0,794. Adapun data yang valid pada penelitian ini yang tertinggi adalah 0,772 dan data valid terendah sebesar 0,312
Kata Kunci: Struktur iklan televisi mizone, sikap siswa SMUN 27 Jakarta
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ahmadi, Abu, Psikologi Sosial, Rineka Cipta, Semarang, 2007
Arens, F.William, Principles and Practice, Prentice
Hall International, USA, 1999
Badudu, J.D, dan Sulatan Mohammad Zain, Kamus Peiklanan, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 1994
Burton, Greme, Membicarakan Televisi, Jalasutra, Jakarta, 2007
Durianto, Darmadi dkk, Inovasi Pasar dengan Iklan
Yang Efektif, Gramedia Pustaka, Jakarta,
Djayakusumah, Tams, Periklanan, Amico, Bandung, 1982
Effendy, Onong Uchjana, Kamus Komunikasi, Mandar Maju, Bandung, 1989
Faisal, Sanapiah, Format-Format Penelitian Sosial, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1995
Hasan, M. Iqbal, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2002
Irawan, Prasetya, Logika dan Prosedur Penelitian, STIA LAN Press, Jakarta, 2000
Jefkins, Frank, Periklanan, Erlangga, Jakarta, 1994
Kasali, Rhenald, Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya, Pustaka Grafiti Utama, Jakarta, 1993
--------------------, Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya, Pustaka Grafiti Utama, Jakarta, 1995
Klepper, Russel, Thomas and Lane, W. Ronald, Tata Cara Periklanan 2nd book, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 1992
Kriyantono, Rachmat, Riset Komunikasi, Prenada
Media Group, Jakarta, 2006
Lowe, Brett William, Periklanan yang efektif (Clever advertising), PT. Citra Aditya Bakti, Jakarta,
M.Cohen,A Preface to logic, Meridien, New york,
Mulyana, Dedi, Ilmu Komunikasi, Remaja
Rosdakarya, Bandung, 2005
Nazir, M,Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1983
Neuman, Lawrence, Social Research Metho, 5th Edition, USA: Pearson Education Inc,
Prasetijo, Ristianti dan Ihalauw, John, Perilaku
Konsumen, Andi, Yogyakarta, 2004
Ruben, Brent D, Communication and Human
Behaviour, New yersey, 1992
Ruslan, Rosady, Manajemen Public Relation dan Media komunikasi, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003
Salim, Agus, Teori Paradigma Penelitian Sosial, PT.
Tiara Jogja, Yogyakarta, 2003
Santoso, Singgih, Tjiptono, Riset Pemasaran; Konsep dan Aplikasinya dengan SPSS, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2004
Saroso, Sarlito Wirawan, Psikologi Remaja, PT.
Grafindo Persada, Jakarta, 2003
Setiadi, J. Nugroho, Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian, Prenada Media Group, Jakarta, 2003
Shimp,Terence.A, Periklanan Promosi, Edisi
Kelima, Erlangga, Jakarta, 2003
Simamora, Bilson, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002
Singarimbun, Masri dan effendi, Sofian, Metode Penelitian Survei 2nd Edition, LP3ES, Jakarta, 1989
Sobur, Alex, Psikologi Umum, Pustaka Setia, Jakarta, 2003
Sugiono, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung, 2007
-----------, Metode penelitian Administratif, Alfabeta, Bandung, 2002
Tata krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia, Direktorat Bina Pers dan Grafika Dept.Penerangan RI, Jakarta, 1983
Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran, Amara Books, Yogyakarta, 2003
Wells, William Burnett dan John Moriarty Sandra, Advertising Principle and practice, Pearson Education, USA, 2000
------------------, Advertising Principle and practice, Pearson Education, USA, 2003
Widyatama, Rendra, Pengantar Periklanan, Pustaka
Book Publisher, Yogyakarta, 2007
Widjaya, A.W, Komunikasi dan hubungan
Masyarakat, Bumi Aksara, Jakarta, 1993
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v5i1.53
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats