STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENGENALAN KERIS DI MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN SENI DAN BUDAYA INDONESIA

Erwan Baharudin, Ernawati Ernawati, Lukman Cahyadi, Rini Hidayati

Abstract


Salah satu ciri yang melekat kepada manusia Indonesia salah satunya adalah percaya takhayul. Takhayul ini dapat berupa kepercayaan tertentu terhadap keberadaan suatu benda, binatang, dan tanaman yang dapat memberikan pengaruh baik dan buruk dalam kehidupan manusia. Keris, salah satunya adalah benda yang banyak dipercaya oleh masyarakat memiliki kemampuan magis yang berpengaruh pada kehidupan manusia. Hal ini wajar, karena dalam sejarah dan cerita keris, selain sebagai senjata keris juga mempunyai fungsi sebagai pelengkap sesajian dalam ritual tertentu. Cerita-cerita yang beredar di masyarakat kemudian beredar meluas melalui majalah, komik, dan film yang semakin membuat citra keris semakin menakutkan dan menyeramkan. Oleh sebab itu, dengan alasan menyesatkan pada tahun 2020 terjadi pemusnahan masal keris pusaka yang viral di media sosial. Namun di satu sisi, keris Indonesia telah diakui oleh UNESCO pada tahun 2005 sebagai Intangible Cultural Heritage (warisan agung budaya dunia non bendawi), apabila kita tidak menjaga warisan budaya ini, bisa jadi penghargaan keris tersebut dapat dialihkan kepada negara lain. Oleh sebab itu, pelestarian keris ini menjadi tanggung jawab bersama  baik pemerintah, akademisi, dunia usaha, komunitas, maupun perseorangan. Tujuan penulisan ini adalah memberikan arahan strategi komunikasi dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat yang melihat keris sebagai benda yang negatif, sehingga mampu mengajak mereka untuk ikut bersama dalam melestarikan keris Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Antara, I. P. H., Darmawiguna, I. G. M., & Sunarya, I. M. G. (2015). Pengembangan Aplikasi Markerless Augmented Reality Pengenalan Keris Dan Proses Pembuatan Keris. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 4(5), 1–8.

Effendy. (2011). Ilmu komunikasi: teori dan prakteknya. Remaja Rosdakarya.

Fitra Andriana, Y. (2017). Kajian Fetisisme Pada Keris Jawa. Jurnal Rupa, 1(1), 40–50. https://doi.org/10.25124/rupa.v1i1.735

Jiwa, K. J. B. (2020). Kitab Lengkap Keris Jawa Dimensi Spiritualitas Nusantara. Narasi.

Lubis, M. (2013). Manusia Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sudrajat, W. W. U. (2010). Keris dalam Perspektif Keilmuan.

Tajuddin, Y., Tengah, J., & Dakwah, S. (2014). Walisongo Dalam Strategi komunikasi dakwah. Addin, 8(2), 367–390.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats