PENERAPAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BARU DALAM KOMUNIKASI MASSA

Adinda Vira Eka Reynata

Abstract


Komunikasi massa diartikan sebagai, segala bentuk komunikasi yang menyampaikan informasi secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan menggunakan metode komunikasi satu arah yang di tujukan pada publik. Komunikan pada komunikasi massa juga bersifat anonim dan heterogen. Dengan perkembangan teknologi di masa sekarang, media lama seperti buku, majalah, koran, dan radio bukan berarti akan ditinggalkan dan dilupakan dan digantikan dengan media baru. Melainkan media media lama tersebut diproses dan diadaptasi menjadi media baru dengan menerapkan teknologi digitalisasi. Munculnya media baru pada masa kini membuat nama Youtube menjadi perhatian utama di mata masyarakat. Bahkan semenjak kehadiran Youtube sebagai media baru, tidak sedikit pengguna dan penonton televisi beralih ke Youtube.. Media Baru  ini lebih mudah diakses dan dijangkau oleh para masyarakat dimanapun dan kapanpun  daripada Media Konvensional, meskipun itu merupakan hal yang sangat relatif. Video unggahan di YouTube juga dikemas dengan bagus serta memiliki cirikhas tersendiri dari pengunggahnya. Namun youtube juga memiliki persepsi tersendiri bagi masyarakat. Ada yang pro dan kontra dengan beberapa alasan tersendiri bagi tiap penggunanya sebagai media massa yang modern.

 

Kata Kunci : Komunikasi massa , Media baru,  internet, youtube.


Full Text:

PDF

References


Ardianto , E., Komala, L., & Karlina , S. (n.d.). Komunikasi Massa Suatu Pengantar.

Bayu, D. (2022). DataIndonesia.id. Retrieved from https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022

Kemp, S. (2022). DATAREPORTAL. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Mutia, T., & Yudihastira, R. (2020). Penerapan Media Streaming Youtube Oleh Gemilang Tvsebagai Wadah Informasi Di Indragiri Hilir. E-JOURNAL UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Septiani, I. (2022). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP N 5 TERBANGGI BESAR. UIN Raden Intan Repositori.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats