NEGOSIASI TERPADU SEBAGAI STRATEGI PENANGANAN AKSI MASSA (STUDI KASUS PENANGANAN AKSI MAHASISWA “KORUPSI REFORMASI” OLEH LEMBAGA KEPOLISIAN)

Erna Febriani, Dani Vardiansyah, Pratna Paramitha, Erwan Baharudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi lobi dan negosiasi aparat penegak hukum dalam menghadapi aksi massa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menemukan bahwa Polda Metro Jaya sebagai aparat penegak hukum menangani massa dengan pendekatan lobi tradisional diikuti dengan Strategi Negosiasi Terpadu (win-win solution) untuk menghindari konflik dengan massa mahasiswa. Taktik negosiasi yang diterapkan adalah agenda setting dan taktik bluffing. Polisi sebagai aparat penegak hukum perlu menggunakan pendekatan komunikasi dalam menghadapi massa yang dilakukan oleh mahasiswa. Salah satu yang telah dilakukan adalah melalui pendekatan komunikasi yang dinegosiasikan untuk mencegah konflik dalam penanganan massa.

 

Kata kunci: lobi, negosiasi integratif, massa, demonstrasi


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Cahyo Suprobo, Hatta Muhammad, Eko Nurharyanto. (2018) Jurnal “Kajian Hasil Penelitian Hukum”, Vol.2 (1) ; e-ISSN : 2598-2435

Febriani, Erna. (2018). Aktivitas Public Relation dalam Institusi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Studi: Penyelenggaraan Kegiatan Open Ship KRI Spica-934 Satsurvei Pushidrosal. Forum Ilmiah 15(1)

Khuswatun Hasanah. (2019). Strategi Lobi dan Negosiasi Nadhatul Ulama dalam konflik Kebijakan Hari Sekolah. Alfuad 3(2).

Legowo Saputro. (2015). Direksi Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia Dalam Penanganan Massa Aksi Unjuk Rasa dan Implikasinya Terhadap Ketahanan (Studi Di Kepolisian Resort Kota Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional 21(2).

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oliver, D. (2011). How to Negotiate Effectively 3rd ed.United Kingdom: Kogan Page.

Panuju, Redi. (2010). Jago Lobi dan Negosiasi. Jakarta: Interprebook

Partao, Abidin. (2006). Teknik Lobi dan Diplomasi Untuk Insan Public Relation. Jakarta: PT.INDEKS Kelompok Gramedia.

Permatasari, Seftyono. (2014). Musyawarah Mufakat atau Pemilihan Lewat Suara Mayoritas? Diskursus Pola Demokrasi di Indonesia, 13(2).

Ruslan, Rosady. (2014). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Vardiansyah, Dani & Febriani, Erna. (2018). Filsafat Ilmu Komunikasi Pengantar Ontologi, Epistemologi, Aksiologi. Jakarta: Indeks.

Wiyono,R. (2013). Pengadilan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Yin, Robert K. (2011). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta :Rajagrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats