GLOKALISASI PADA INDUSTRI PERTELEVISIAN (STUDI EKSPLORATORI TELEVISI CNN INDONESIA)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tayangan televisi CNN di Indonesia dan untuk memahami penerapan tayangan televisi global, televisi CNN Internasional di Indonesia. Televisi dapat menjadi salah satu agen perubahan budaya dalam lingkungan masyarakat tertentu, melalui siaran programnya dengan mengusung konsep glokalisasi. Glokalisasi (glocalization) adalah sebuah strategi perusahaan internasional dengan mengadaptasi metode, produk, atau layanannya agar sesuai dengan pasar setempat. terdapat kombinasi dari kata “Globalisasi” dan “Lokalisasi” dimana glokalisasi merupakan strategi transaksional yang melibatkan kombinasi globalisasi dan lokalisasi. Meski kedua strategi menargetkan pasar global, namun, perusahaan menyesuaikan produknya dengan selera atau kebutuhan lokal, bagimana konsep menyebarkan informasi berita ataupun tayangan program acara non fiksi yang dilakukan oleh televisi global, televisi asing pada di Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik nonprobability sampling dengan sampel Purposif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa CNN Indonesia menjadi bagian dari CNN Internasional, CNN Indonesia dan CNN Internasional adalah dua organisasi yang berbeda dan terpisah. Keduanya independen satu sama lain, namun dapat bekerjasama dan saling membantu dalam peliputan berita besar. Elemen glokalisasi juga dapat mentranformasikan nilai – nilai lokal, seperti halnya CNN internasional yang telah dikenal
secara global, namun setelah berhasil menyematkan brandnya di Indonesia dalam naungan Trans Corpora tetap dapat mengikuti nilai – nilai lokal di Indonesia.
Kata kunci : Glokalisasi, Televisi, CNN Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ardianto, et al., (2012), Komunikasi Massa : Suatu Pengantar, Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Ardini, Ni Wayan, (2016), Faktor – factor Penyebab Praktik Glokalisasi Musik Pop Bali, https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/kalangwan/article/view/127/68
Basrowi, & Suwandi., (2008), Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta : Rineka Cipta.
Dominick, Joseph R. 2000. The Dynamics of Mass communication. New York : Random
House.
Hamidi., (2010), Metode Penelitian dan Teori Komunikasi, Malang : UMM Press.
https://cerdasco.com/glokalisasi/
https://www.cnnindonesia.com/
Melani, Cut Ika., (2020), Kebijakan Redaksi Tv Program Cnn Indonesia Good Dalam
Pemilihan Tayangan Berita
Effendy, Onong Uchjana.. 2000. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.
Effendy, Onong Uchjana..2002. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Raco, J, R., (2010), Metode Penelitian Kualitatif : Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya, Jakarta : PT Grasindo.
Rahmatia, Hierarki Pengaruh media dalam program layar pemilu terpercaya di CNN Indonesia, (2018), W, https://scholar.google.com/scholar
Stanley J. Baran, Dennis K.Davis. 2010. Mass Communication Theory: Foundations, Ferment and Future. Belmot: CA, Wadswoth
Shiefti Dyah Alyusi, 2016, Media Sosial : Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial, Kencana Prenada Media, Jakarta Timur
Syafiie, Sri Syamsiah lestari., (2010), Mediamorfosis dan Persaingan Media, The Messenger, Volume II, Nomor 2, Edisi Juli.
Widyasari, Wulan., (2013), Glokalisasi Dalam Media Televisi Di Indonesia,http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/3976
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v19i01.471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats