ANALISA PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PDIP ANTARA PEMILU LEGISLATIF DPRD KOTA SEMARANG TAHUN 2014 DENGAN 2019

Syurya Muhammad Nur

Abstract


Pemilu sebagai langkah awal bagi parpol dalam persaingan kekuasaan dalam menjajaki kekuasaan eksekutif dan/atau legislatif. Parpol dan kandidat perlu memiliki strategi yang baik untuk meraih kekuasaan. Strategi yang dilakukan oleh PDI-Perjuangan pada pemilu legislatif DPRD Kota Semarang baik tahun 2014 maupun 2019 menempatkan PDI-Perjuangan sebagai partai pemenang dan berhasil mendominasi pendapatan kursi, dimana pada tahun 2014 mendapatkan 15 kursi, dan pada tahun 2019 mendapatkan 19 kursi. Tujuan penelitian ini untuk memahami dan membandingkan strategi komunikasi politik yang digunakan PDI-Perjuangan dalam pemilu legislatif DPRD Kota Semarang antara tahun 2014 maupun 2019.

 

Kata kunci : Strategi Komunikasi Politik, Kampanye, Pemilihan Legislatif.


Full Text:

PDF

References


Mahmud, Insan. 2018. Strategi Pemenangan Partai

Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Pemilu Legislatif Kota Salatiga tahun 2009. Jurnal Ilmu Politik, Vol.9 No.1.

Rosyid, Halimur. 2019. Strategi Pemenangan Caleg Partai

Gerindra pada Pemilihan Umum Legislatif 2014 (Studi Tentang Marketing Politik Caleg DPRD Provinsi Jawa Timur). Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan Vol 11 No 1.

Daniel Pardamean Hutagalung dalam skripsinya yang

berjudul “Strategi Marketing Isu Oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dalam Pemenangan Joko Widodo – Muhammad Jusuf Kalla Pada Pemilihan Presiden di Kabupaten Tapanuli Utara tahun 2014”.

Dery Setyadi dalam skripsinya yang berjudul “Strategi

koalisi partai terhadap pemenangan pasangan Haris-Zardewan dalam pemilihan kepala daerah Kabupaten Pelalawan Tahun 2015”.

Rachmad Prawira A.C dalam skripsinya yang

berjudul “Strategi partai Gerindra dalam meningkatkan perolehan suara pada pemilu Legislatif Tahun 2014 di Kota Pekanbaru”.

https://id.wikipedia.org/wiki/Dewan_Perwakilan_Rakyat_Daerah_Kota_Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats