STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMENUHI EKSPENTASI JURNALISTIK

Indrawadi Tamin

Abstract


Abstrak

Hampir semua insan pers meyakini akan tanggung jawabnya terhadap masyarakat banyak. Mereka percaya bahwa tanggung jawab mereka itu adalah menyediakan informasi dan menyampaikan umpan balik pada masyarakat (They belief their responsibility: to provide information and to provide feedback). Dalam hal ini, keinginan mereka yang utama adalah untuk men-dapatkan fakta.Their desire: to get facts. Disini, mereka sangat tidak bisa menerima kalau humas dianggap menyembunyikan fakta yang mereka inginkan. Klaim/tuduhan mereka terhadap sumber berita: tertutup, suka merahasiakan sesuatu, dan sensitif  (overly insulated, secretive, dan sensitive. Banyak yang tidak tahan dikritik dan alergi terhadap “public right to know.” Karena  tuntutan untuk mendapatkan fakta, wartawan minta agar dimaklumi bahwa kadang-kadang etiket, sopan satun, bahkan kadang aspek legal terabaikan (in the pursuit of facts, etiquette, civility, and even legality are sometimes forgone).

 

Kata Kunci: Pers Indonesia, esensi tugas PR, beberapa teknik dalam melayani pers

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Baskin, Otis; Aronoff, Craig and Latimore, “Public Relations: The Profession and The Practice”, Brown & Benchmark, Madison WI, 1997.

Black, Caroline, “The PR Practioner’s Desktop Guide”, Thorogood, London, 2003.

Cutlip M, Scott; Center, Allen H; and Broom, Glen M, “Effective Public Relations”, Upper Saddle, Prentice Hall, NJ, 2000.

Herstgaard, Mark, “Journalist Played Dead for Reagan-Will They Roll Over again for Bush?” Journalism Review, Washington, 1989.

Hariwijaya, ”Lobi &Negosiasi, Tugu”, Yogyakarta, 2006.

Joseph A. DeVito, ”Komunikasi Antar Manusia”, Professional Books, Jakarta, 1997.

Peter Fleming, ”Negosiasi Yang Sukses Dalam Sepekan”, Megapoint Jakarta, 1993.

Naisbitt, John, “Megatrends: Ten New Directions Transforming Our Lives”, Warner Books, New York, 1982.

Othman Puteh, “Esei-esei kesusasteraan”, Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi, 1981.

Ryan, Michael; Martinson, David L, “Journalist and Public Relations Practitioner. Why the Antagonism?” Journalism Quarterly, 1988.

Seitel, Fraser P, “The Practice of Public Relations”, Macmillan Publishing Co, New York, 1992.

Schramm, W, “The process and effects of mass communications”, University of Illinois Press, Urbana, 1977.

Shukor Kholil, “Liputan agensi berita antara bangsa tentang dunia Islam yang disiarkan dalam akhbar Indonesia”, Jurnal Komunikasi. 16 (16): 161-176, 2000.

Siti Suryani Othman, ”Objektifiti bahasa dalam Utusan Malaysia dan Berita Harian: satu kajian terhadap pelaksanaan Bahasa Inggeris dalam mata pelajaran sains dan matematik”, Thesis S2, Pusat Pengajian Media dan Komunikasi, Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi, 2004.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v4i2.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats