IMPLEMENTASI STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA PENCEGAHAN, PEMBERANTASAN, PENYALAHGUNAAN, DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN) PADA GENERASI MILLENNIALS (STUDI KASUS PADA BADAN NARKOTIKA NASIONAL)
Abstract
Government Public Relations has the task of providing information, educating, convincing, gaining sympathy, and generating public interest in something and making people understand and accept a situation. The National Narcotics Agency through the Public Relations Bureau and the Main Secretariat Protocol carries out various activities or Government Public Relations practices to achieve the BNN's vision and mission, namely eradicating drugs in Indonesia with efforts to prevent, eradicate, abuse, and illicit drug trafficking (P4GN) to the millennial generation. In this study, the researcher chose a descriptive qualitative research method with a case study method that aims to determine the BNN's Public Relations strategy in efforts to prevent, eradicate, abuse and illicit drug trafficking (P4GN) with the target of the millennial generation. The theory used by the author is the theory of PENCILS Public Relations Strategy which in detail and deeply analyzes the Public Relations strategy carried out by the National Narcotics Agency. It was found that BNN Public Relations carried out a strategy of publication, events, engagement with the community, information, lobbying and negotiation as well as social responsibility.
Pada praktiknya Government Public Relations memiliki tugas memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu dan membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. Badan Narkotika Nasional melalui Biro Humas dan Protokol Sekretariat Utama melakukan berbagai aktivitas atau praktik Government Public Relations untuk mencapai visi dan misi BNN yakni memberantas narkoba di Indonesia dengan upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada generasi millennials. Dalam penelitian ini, peneliti memilih metode penelitian kualitatif deskriptif dengan dengan metode studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui strategi Public Relations BNN dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dengan sasaran yakni generasi millennials. Teori yang digunakan penulis adalah teori Strategi Public Relations PENCILS dimana secara detail dan mendalam menganalisis strategi Public Relations yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional. Ditemukan bahwa, Humas BNN melakukan strategi publikasi, event, keterlibatan dengan komunitas, informasi, lobi dan negosiasi serta tanggung jawab sosial.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Astuti, H., Ilmu, F., Universitas, K., Unggul, E., Tomang, T., Jeruk, K., Komunikasi, F. I., Jaya, U. B., & Mulya, M. (2020). Etika komunikasi whatsapp dan jarak sosial pada generasi milenial. 1 7(Komunikologi). https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index. php/KM/article/viewFile/235/222
Febriani, E. (2018). Aktivitas Public Relations dalam Institusi Tentara Nasiomal Indonesia Angkatan Laut (Studi: Penyelenggaraan Kegiatan Open Ship KRI SPICA-934 SATSURVEI PUSHIDROSAL). 15. 15.
Frida, K. (2002). Dasar-Dasar Humas. Jakarta. PT. Ghalia Indonesia.
Moleong J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung Remaja Rodakarya. Nasional, B. N. (n.d.). Penggunaan narkotika kalangan remaja meningkat.
Oliver, D. (2011). How to Negotiate Effectively. United Kingdom. Kogan Page.
Prezi.com. (2014). Generasi X,Y,Z.
Renaldi, K. (2011). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ruslan, R. (2007). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R. (2012). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Saputra. W dan R.N. (2011). Public Relations 2.0: Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber. Jakarta. Gramata Publishing.
Yusuf Wibisono. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Jakarta. PT.Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v18i02.384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats