DAMPAK KOMUNIKASI PSIKO-SOSIAL ERA INFORMASI SOSIAL MEDIA PADA GENERASI MILLENIAL

Ummanah Ummanah, Nizirwan Anwar, Euis Heriyati

Abstract


Era digital memang menyuguhkan fasilitas berkomunikasi yang sangat mumpuni, tak lain adalah untuk memfasilitasi interaksi satu orang dengan orang yang lain. Sebagai makhluk sosial, manusia sudah dipastikan membutuhkan interaksi. Sayangnya, kemampuan komunikasi tersebut tak dibarengi dengan kemampuan berbahasa yang baik. Selain itu, isu keamanan data juga menjadi hal yang patut diperhatikan di tengah disrupsi arus data yang rawan dicuri oleh para pelaku tidak bertanggung jawab. Penelitian mengarah pada generasi millennial yang berdasarkan data yang dirilis oleh Asosiasi Penyedia Jaringan Internet Indonesia sebagai kelompok umur yang paling banyak menggunakan layanan internet.   Selain itu, selama beberapa tahun terakhir di Indonesia banyak kejadian yang terjadi berdampak dari luas dan mudahnya akses media sosial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kenaikan pengguna dan perluasan penetrasi internet di Indonesia berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah kasus kebocoran data yang terjadi.


Full Text:

PDF

References


We are Social Hootsuite. (2020). 10 Media Sosial yang Sering Digunakan 2020. In Databoks (p. 1). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia

Fatmawati, E. (2017). Dampak Media Sosial Terhadap Perpustakaan. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 5(1), 1. https://doi.org/10.21043/libraria.v5i1.2250

Sabani, N. (2018). Generasi Millenial Dan Absurditas Debat Kusir Virtual. Informasi, 48(1), 95. https://doi.org/10.21831/informasi.v48i1.18078

Utomo, W. P. (2019). Indonesia Millenial Report. https://www.idntimes.com/indonesiamillennialreport2019

Hidayah, A. A., & Ezerli, S. (2020). Kasus kebocoran data. Lokadata. https://lokadata.id/artikel/kasus-kebocoran-data-semakin-banyak-belanja-daring-paling-rentan

Khairuzzaman, M. Q. (2016). Kerangka Literasi (Vol. 4, Issue 1).

Deloitte Indonesia Perspectives. (2019). Komposisi Penduduk Menurut Generasi. https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/id/Documents/about-deloitte/id-about-dip-edition-1-chapter-4-id-sep2019.pdf

Ahmadi, A. (1998). Landasan Teori. In Psikologi Umum (pp. 1–34). Rineka Cipta.

Irawan, A. W., Yusufianto, A., Agustina, D., & Dean, R. (2020). Laporan Survei Internet Apjii 2019-2020 (Q2). 2020, 15.

Kurnia, N., Wendratama, E., Adiputra, W. M., & Poerwaningtias, I. (2019). Literasi Digital Keluarga: Teori dan Praktik Pendampingan Orangtua terhadap ... - Novi Kurnia, Engelbertus Wendratama, Wisnu Marta Adiputra, Intania Poerwaningtias - Google Buku. 1–133. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=PWKnDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=Literasi+digital++ADALAH&ots=g7HE4etSCp&sig=BZzFq7oEHfDU3VJDCtsk2kfx4Vg&redir_esc=y#v=onepage&q=Literasi digital ADALAH&f=false

Fauzan, A. U. (2018). Moralitas , Pasar , Dan Gerakan Dakwah. Sosiologi Reflektif, 13(1), 133–167.

Darmayanti, A. (2019). Panduan Pintar Keamanan Siber (M. Salahuddin & B. . Donny (eds.)). Siber Kreasi Kominfo.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2016). Pedoman Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat. In Kemenpppa.

Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78.

Kominfo. (2017). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2017. Teknopreneur, 31 August 2018, Hasil Survey.

Kominfo. (2016). PENETRASI & PERILAKU PENGGUNA INTERNET INDONESIA TAHUN 2016. August.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2017). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. Apjii, 51. https://apjii.or.id/survei2018s/download/TK5oJYBSyd8iqHA2eCh4FsGELm3ubj

Sari, E. A. (2020). Pengaruh Aktifitas Penelusuran Informasi Terhadap Jejak Digital Di Youtube Bagi Generasi Millenial. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 42–55. http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/download/14755/5992

Widyaningrum, Y., & Sumarwoto, V. D. (2016). Pengaruh Bimbingan Pribadi-Sosial Dengan Pendekatan Rational Emotive Therapy Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i2.251

Setyowati, Y. D., Krisnatuti, D., & Hastuti, D. (2017). Pengaruh Kesiapan Menjadi Orang Tua dan Pola Asuh Psikososial Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 95–106. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.2.95

Nofitasari. (2018). Pengaruh Media Sosial terhadap Civic Disposition Generasi Milenial. Journal of Moral and Civic Education, 2(2), 64–76.

APJII. (2018). Pengguna Internet Berdasarkan Kelompok Usia. In Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2018 (p. 7).

APJII. (2019). Pengguna Internet Indonesia. In E-Marketer (p. 3). https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 47–60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Aswandi, R., & Sultan, P. R. N. M. M. (2018). PERLINDUNGAN DATA DAN INFORMASI PRIBADI MELALUI INDONESIAN DATA PROTECTION SYSTEM (IDPS). 14, 63–65. https://doi.org/10.15900/j.cnki.zylf1995.2018.02.001

Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., Setiyawati, N., Pratiwi, A. I., & Saputri, V. G. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. 1–153. www.freepik.com

Statista. (2019). Ranking Pengguna Internet Indonesia di Asia.

Internetworldstats. (2019). Ranking Pengguna Internet Indonesia di Dunia. internetworldstats.com

Qonitatin, N., Helmi, A. F., Kartowagiran, B., Yogyakarta, U. N., Psikologi, F., & Diponegoro, U. (2020). Relasi Remaja – Orang Tua dan Ketika Teknologi Masuk di Dalamnya The Adolescent – Parent Relationships and When Technology Gets Involved. Buletin Psikologi, 28(1), 28–44.

Badan Pusat Statistik. (2554). Statistik Telekomunikasi Indonesia. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Sulastriana, E. (2018). Strategy of Language Politeness in Effort to Buildcharacter. KnE Social Sciences, 3(9), 531. https://doi.org/10.18502/kss.v3i9.2715

Dumitru, E.-A. (2020). Testing Children and Adolescents’ Ability to Identify Fake News: A Combined Design of Quasi-Experiment and Group Discussions. Societies, 10(3), 71. https://doi.org/10.3390/soc10030071

Azis, Moh. Pemerintah Indonesia Resmi Memakai TV Digital pada Tahun 2017. 2013. http://tvkuindo.wordpress.com/pemerintah-indonesia-resmi-memakai-tv-digital-pada-tahun-2017.

Haryati. "Hubungan Antara Karakteristik Sosial Ekonomi Dengan Pengambilan Keputusan Inovasi Siaran Televisi Digital." Jurnal Penelitian Komunikas (BPPKI Bandung) 16, no. 2 (2013).

Kemenkominfo. Siaran Pers No. 55/DJPT.1/KOMINFO/5/2008. Mei 12, 2008. www.postel.go.id/info_view_c_26_p_713.htm (accessed Desember 28, 2013).

Klingemann, Hans-Dieter, and Andrea Rommele. Public Information Campaign & Opinion Research, . London: Sage Publications, 2012.

Kuswandi, Wawan. Komunikasi Massa, Sebuah Analisis Media Televisi. Jakarta: Rieneka Cipta, 1996.

Mar’at. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukuran. Jakarta : Ghalia Indonesia, 1981.

Singarimbun, Masri. Metode Penelitian Survey (Edisi Revisi) . Jakarta: Pustaka LP3ES, 2011.

Soemarsono, dkk. "Studi Kesiapan Masyarakat terhadap Penerapan Sistem Penyiaran Televisi Berteknologi Digital di Indonesia." (Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo) 2010.

Stone, Gerald, M Singletary , and V.P Richmond. Clarifying Communication Theories: A Hand-on Approach. Ames: Iowa State University., 1999.

Suryana, Nana. " Apresiasi Masyarakat Terhadap Televisi Digital." Jurnal Ilmiah (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)), no. 11 (2013).

Venus, Antar. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2004.

Wahyudi, J. B. Teknologi Informasi dan Produks, Citra Bergerak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1992.

Yusuf, Iwan Awaluddin. "Problematika Infrastruktur dan Teknologi dalam Transisi dari Sistem Penyiaran Analog Menuju Digital." IPTEK-KOM 14, no. 2 (2012): 177-190

Kemp, S. (2020). Digital 2020: Global Digital Overview. Https://Wearesocial.Com/Blog/2020/01/Digital-2020-3-8-Billion-People-Use-Social-Media.

Sudrajat, A. (2020). Apakah Media Sosial Buruk untuk Kesehatan Mental dan Kesejahteraan? Kajian Perspektif Remaja. Jurnal Tinta, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v2i1.274

Pratama, B. A., & Sari, D. S. (2020). Dampak Sosial Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Berupa Sikap Apatis di SMP Kabupaten Sukoharjo. Gaster, 18(1), 65. https://doi.org/10.30787/gaster.v18i1.487

Rezkisari, I. (2020). Psikiater: Media Sosial Pemicu Depresi Terbesar Remaja. Republika. https://republika.co.id/berita/q6vhhd328/psikiater-media-sosial-pemicu-depresi-terbesar-remajaAPJII. (2018). Pengguna Internet Berdasarkan Kelompok Usia. In Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2018 (p. 7).

APJII. (2019). Pengguna Internet Indonesia. In E-Marketer (p. 3). https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa

Badan Pusat Statistik. (2020a). Kelompok Umur Korban Kejahatan (p. 46).

Badan Pusat Statistik. (2020b). Tingkat Risiko Kejahatan (p. 10).

BPS Statistik Indonesia. (2019). Penduduk Indonesia Menurut Kelompok Umur 2019. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/13/jumlah-penduduk-indonesia-diproyeksikan-mencapai-270-juta-pada-2020

BPS Statistik Indonesia. (2020). BPS Statistik Kriminal 2020.

Deloitte Indonesia Perspectives. (2019). Komposisi Penduduk Menurut Generasi. https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/id/Documents/about-deloitte/id-about-dip-edition-1-chapter-4-id-sep2019.pdf

Diahnisa, T. (2017). Generasi Langgas di Mata Yoris Sebastian. https://swa.co.id/swa/review/book-review/generasi-langgas-di-mata-yoris-sebastian

Internetworldstats. (2019). Ranking Pengguna Internet Indonesia di Dunia. internetworldstats.com

Kemp, S. (2020). Digital 2020: Global Digital Overview. Https://Wearesocial.Com/Blog/2020/01/Digital-2020-3-8-Billion-People-Use-Social-Media.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2020). Data Pornografi dan Cyber Crime. https://www.kpai.go.id/publikasi/infografis/update-data-infografis-kpai-per-31-08-2020

Pewresearch. (2019). Defining generations: Where Millennials end and Generation Z begins. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2019/01/17/where-millennials-end-and-generation-z-begins/

Pratama, B. A., & Sari, D. S. (2020). Dampak Sosial Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Berupa Sikap Apatis di SMP Kabupaten Sukoharjo. Gaster, 18(1), 65. https://doi.org/10.30787/gaster.v18i1.487

Rakhmat, J. (2001). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Rezkisari, I. (2020). Psikiater: Media Sosial Pemicu Depresi Terbesar Remaja. Republika. https://republika.co.id/berita/q6vhhd328/psikiater-media-sosial-pemicu-depresi-terbesar-remaja

Statista. (2019). Ranking Pengguna Internet Indonesia di Asia.

Sudrajat, A. (2020). Apakah Media Sosial Buruk untuk Kesehatan Mental dan Kesejahteraan? Kajian Perspektif Remaja. Jurnal Tinta, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v2i1.274

Sulastriana, E. (2018). Strategy of Language Politeness in Effort to Buildcharacter. KnE Social Sciences, 3(9), 531. https://doi.org/10.18502/kss.v3i9.2715

We are Social Hootsuite. (2021). Total Pengguna Internet Indonesia Berdasarkan Jenis Kelamin. In Data Digital (p. 45).

Diahnisa, T. (2017). Generasi Langgas di Mata Yoris Sebastian. https://swa.co.id/swa/review/book-review/generasi-langgas-di-mata-yoris-sebastian

Pewresearch. (2019). Defining generations: Where Millennials end and Generation Z begins. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2019/01/17/where-millennials-end-and-generation-z-begins/




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v18i02.361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats