KESESUAIAN ANTARA ISI SIARAN PERS DENGAN PEMBERITAAN DI SURAT KABAR IBUKOTA JAKARTA PERIODE TAHUN 2005 (ANALISIS ISI SIARAN PERS KANZEN MOTOR)

Melissa Melissa

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif, dimana penulis menganalisis isi siaran pers  Kanzen periode tahun 2005 dengan berita yang dimuat di surat kabar ibukota kemudian dihitung secara kuantitatif untuk setiap distribusi frekuensi dari masing-masing bahan penelitian berdasarkan kategori jenis judul, kategori jenis lead, kategori kelengkapan unsur 5W+1H dalam isi, dan kategori unsur  nilai berita. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan berdasarkan pencocokan antara siaran pers dengan berita yang dimuat di surat kabar ibukota, yaitu sebesar masing-masing 10 (sepuluh) sampel. Koder penelitian yaitu terdiri dari dua wartawan surat kabar ibukota dan satu staf pengajar di Universitas Indonusa Esa Unggul, yang diberi bahan penelitian, coding sheet, serta definisi kategori yang sama. Kemudian dari pengodingan tersebut, menghasilkan coefisien reliability sebesar 0.88 (80%). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesesuaian antara siaran pers Kanzen dengan berita yang dimuat dari kategori jenis judul sebesar 80%, kategori jenis lead sebesar 60%, kategori kelengkapan unsur 5W+1H sebesar 80%, kategori unsur nilai berita sebesar 90%. Dari pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa apabila praktisi public relation memiliki ketrampilan menulis sebuah siaran pers, memperhatikan kaidah-kaidah dan pola dasar penulisan siaran pers, serta menulis siaran pers layaknya wartawan menulis berita, maka besar kemungkinan siaran pers tersebut dapat dimuat di media massa khususnya surat kabar yang juga ditunjang oleh hubungan dengan pers yang terjalin baik.

 

Kata Kunci:   Kesesuaian Siaran Pers dan Berita di Surat Kabar 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdullah, Aceng, ”Press Relations, Kiat Berhubungan dengan Media Massa”, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Bivins, Thomas, “Public Relations Writing, The Essential of Style and Format”, NTC/Contemporary Publishing Group, Lincolnwood Illinois USA, 1999.

Bulaeng, Andi, ”Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer”, ANDI, Yogyakarta, 2004.

Data Penjualan Motor Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, AISI, Jakarta 2005.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-2, Balai Pustaka, Jakarta, 1991

Effendy, Onong Uchjana, ”Human Relations dan Public Relations”, CV Mandar Maju, Jakarta, 1993.

Ermanto, ”Wawasan Jurnalistik Praktis”, Cinta Pena, Yogyakarta, 2005.

Iriantara, Yosal, ”Media Relations, Konsep, Pendekatan dan Praktik”, Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2005.

Jefkins, Frank, ”Public Relations”, Edisi ke-4, Erlangga, Jakarta, 1992.

Kasali, Rhenald, ”Manajemen Public Relations, Konsep dan Aplikasi di Indonesa”, PT Pustaka Utama Grafiti, Jakarta, 2000.

Kusumaningrat, Hikmat dan Purnama Kusumaningrat, ”Jurnalistik Teori dan Praktek”, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.

Rakhmat, Jalaluddin, ”Metode Penelitian Komunikasi”, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002.

Ritonga, Jamiluddin, ”Riset Kehumasan”, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2004.

Ruslan, Rosady, ”Manajemen Humas & Komunikasi, Konsepsi & Applikasi”, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2002.

Sendjaja, S. Djuarsa, ”Teori Komunikasi”, Universitas Terbuka, Jakarta, 1994.

Soehoet, Hoeta, A.M, ”Dasar-Dasar Jurnalistik”, Yayasan Kampus Tercinta IISIP, Jakarta, 2003.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto, ”Dasar-Dasar Public Relations”, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002.

Sumadiria, Haris, ”Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature”, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v3i1.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats