PENGARUH UNGGAHAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI MINUMAN KOPI

Bagas Darmawan, Kinkin Yuliaty Subarsa Putri

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mencari tau bagaimana pengaruh unggahan pada media sosial Instagram terhadap minat beli minuman kopi. Penelitian ini didasari oleh perkembangan teknologi internet dan media sosial yang sangat masif khususnya di Indonesia, dari media sosial tersebut muncullah berbagai dampak, salah satunya adalah perilaku konsumtif pada masyarakat dan penyebaran berbagai trend dalam media sosial. Hal ini lah yang mengakibatkan munculnya trend minum kopi pada masyarakat khususnya generasi muda, bahkan beberapa kedai kopi saat ini banyak menggunakan media sosial Instagram untuk mempromosikan produk mereka, merek-merek kopi tersebut juga menggunakan influencer untuk mengunggah produk mereka pada media sosial Instagram influencer tersebut. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuesioner terbuka yang berisi 6 pertanyaan dan mewakili 2 variabel. Kuesioner ini telah dijawab oleh 82 responden yang seluruhnya menggunakan media sosial Instagram dan meminum kopi. Analisis data dilakukan menggunakan program SPSS 18 pada sistem operasi windows. Peneliti melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, dan uji hipotesis. Dari keseluruhan pengujian tersebut didapatkan hasil positif dan mendukung bagi penelitian ini. hasil analisis deskriptif juga mendapatkan bahwa dalam skala satu sampai 10, ketertarikan responden untuk membeli minuman kopi ketika melihat pada unggahan dalam Instagram mencapai angka 6,13. Peneliti menyarankan kepada pengguna media sosial khususnya Instagram untuk menggunakan Instagram sesuai dengan ketentuannya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v17i02.241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats