MOTIVASI KULIAH DAN CITRA PROGRAM PENDIDIKAN EKSEKUTIF UIEU DI MATA MAHASISWANYA

Tjen Chian Guo Nefowan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi kuliah (objek penelitian-1) dan citra program pendidikan eksekutif UIEU (objek penelitian-2) bagi 50 responden (subjek penelitian) yang merupakan mahasiswa program eksekutif  dari seluruh fakultas uang ada di UIEU. Penelitian dilakukan selama Desember 2005 – Januari 2006.Metode Penelitian yang dipakai ialah survey deskriptif untuk mengetahui kesan responden. Alat pengumpul data adalah kuesioner dan wawancara, teknik sample yang dipakai aksidential sampling. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan tabulasi dengan melihat kecenderungan persentase untuk mengetahui kesan yang dimiliki subjek penelitian terhadap objek penelitian. Hasil penelitian atas motivasi kuliah menunjukkan 54% mencari gelar, 22% mencari pekerjaan, 12% mencari pengetahuan, 10% mencari teman, dan 2% mengisi waktu. Hasil penelitian menunjukkan 63% responden menilai citra program pendidikan eksekutif UIEU berada pada level biasa saja. 

 

Kata Kunci:  Motivasi, citra, program pendidikan eksekutif


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bruce, Anne, “How to Motivate Every Employee”, PT. Bhuana Ilmu Populer, Jakarta, 2004.

Cangara, Hafied, ”Pengantar Ilmu Komunikasi”, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1998.

Clegg, Brian, ”Instant Motivation”, Erlangga, Jakarta, 2001.

Departemen Pendidikan Nasional, ”Kamus Besar Bahasa Indonesia”, edisi ke tiga, Balai Pustaka, Jakarta, 2001.

Echols & Shadily, ”Kamus Inggris Indonesia”, Gramedia, Jakarta, 1989.

Effendy, Onong, ”Human Relations dan Public Relations”, CV Mandar Maju, Bandung, 1993.

Jefkins, Frank, ”Public Relations”, Alih bahasa; Rosady Ruslan, edisi ke - 4, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1995.

Herujito, Yayat, ”Dasar-dasar Manajemen”, Grasindo, Jakarta 2001.

Kasali, Rhenald, ”Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya”, Pustaka Utama Grafiti, Jakarta 2003.

Koran Kompas, ”Catatan Akan Bongkar Pasang Kurikulum”, Jakarta, 2005.

Kotler, Philip, ”Manajemen Pemasaran”, Edisi Milenium 1, Prentice Hall PT. INDEKS Gramedia, Jakarta, 2004.

Moore, Frazier, ”Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi”, Rosda, Bandung, 2004.

Pace, R.Wayne, “Organizational Communication”, Prentice Hall, New Jersey, 1989.

Parangin-angin, Loina Lalolo, ”Konsep dan Aplikasi Membina Hubungan Baik dengan Publik”, Jakarta 2001.

Poetro, Santoso Sastro, ”Pendapat Publik, Pendapat Umum dan Pendapat Khalayak dalam Komunikasi Sosial”, Jakarta 1987.

Ritonga, M. Jamiluddin, ”Riset Kehumasan”, PT. Grasindo, Jakarta, 2004.

Ruslan, Rosady, ”Manajemen Public Relations & Media Komunikasi”, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.

--------, ”Metodologi Penelitian : Public Relations dan Komunikasi”, edisi 1, cetakan 1, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003.

Simandjuntak, John, ”Public Relations”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2003.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, ”Metode Penelitian Survai”, LP3ES, Jakarta, 1989.

Suryabrata, Sumadi, ”Metode Penelitian”, cetakan ke - 15, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1983.

Umar, Husein, ”Metode Riset Komunikasi Organisasi”, Gramedia, Jakarta, 2002.

Universitas Indonusa Esa Unggul, ”Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru”, Jakarta, 2005.

______,”Evaluasi Pelayanan & Fasilitas Universitas Indonusa Esa Unggul”, Jakarta, 2004.

______,”Evaluasi Proses Belajar Mengajar”, Jakarta, 2002.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v3i1.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats