Strategi Komunikasi Pemasaran PT Media Fajar dalam Meningkatkan Pembaca

Julmaharani Julmaharani, Ruslan Ramli, Fajarina Fajarina

Abstract


Abstrak

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan oleh pengelola surat kabar di tengah pesatnya perkembangan media daring. PT Media Fajar adalah penerbit surat kabar yang berusaha bertahan melalui koran Harian Fajar. PT Media Fajar perlu strategi untuk mengadaptasikan perkembangan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi komunikasi pemasaran dan menjelaskan faktor-faktor berpengaruh tehadap peningkatan pembaca koran. Metode penelitian yang dipakai bersifat kualitatif dan deskriptif. Hasilnya adalah PT Media Fajar berpedoman pada strategi komunikasi pemasaran melalui bauran pemasaran yaitu advertising, sales promotion, publicity, personal selling, direct selling, event, dan interactive marketing. Kemudian faktor-faktor yang berpengaruh pada peningkatan pembaca adalah kehadiran kompetitor, kualitas sumber daya manusia yang terbatas, perizinan, dan anggaran.

Kata kunci: strategi, komunikasi pemasaran, bauran pemasaran, faktor-faktor berpengaruh

Abstract

This research focuses on marketing communication strategy held by newspaper operator among the internet media developed. PT Media Fajar is a newspaper creator which survive through Harian Fajar. PT Media Fajar needs strategy to adapt the information technology development. It aims to explain marketing communication strategy and influenced factors toward the increasing of the newspaper readers. The result is PT Media Fajar bases on the marketing communications strategy through the mix marketing; advertising, sales promotion, publicity, personal selling, direct selling, event, dan interactive marketing. Then the influenced factors to increase the readers are competitors, limited human resources quality, rule, and financial.

Key words: strategy, marketing communication, mix marketing, and influenced factors


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dianti, R. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Republika Untuk Menciptakan Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Harian Umum Republika 2018). Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol 1, No 2.

Djauhar, A. 2017. Media di Tengah Ttren Digital Media Cetak Dituntut Lebih Kreatif Mengemas Konten dan Cover dalam https://kominfo.go.id/content/detail.

Katherine, H. 2017. Media Cetak Mampu Mempertahankan Posisinya. Dapat diakses pada situs https://www.nielsen.com/id/en/press-releases.

Kriyantono, R. (2010). Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kotler, P. dan K.L. Keller. 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Lavidge, Robert J. & Gary A. Steiner (1961), “A Model for Predictive Measurements of Advertising Effectiveness,” Journal of Marketing, hal 59-62.

Liliweri, A. 2011. Komunikasi; Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Mappanganro, J. Cangara, H. Amar, Y. 2015. Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Tribun Timur Menghadapi Persaingan Bisnis Surat Kabar di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin. Vol. 3. No. 2. 97-102.

Manovich, L. 2001. The Language of New Media. San Diego. MIT Press.

Morrison. 2016. PR Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta. Kencana

Nielsen, A.C. 2017. The New Trend Among Indonesia’s Netizens How and where digital consumers are watching content online. Hal. 1-21. 26 Juli.

Ramli, R dan Hernald, I.B.Y. 2019. The Analysis of Strategic Management of Fajar in Increasing Corporate Income. Advances in Economics, Business and Management Research, Vol 75. Hal. 241-245.

Saladin, D. 2006. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Siagian, P. S. 2004. Manajemen Stratejik, Jakarta, Bumi Aksara.

Shimp, A. Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wikan, A. 2017. Media di Tengah Ttren Digital Media Cetak Dituntut Lebih Kreatif Mengemas Konten dan Cove. Dapat diakses pada situs https://kominfo.go.id/content/detail




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v17i01.230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats