CITRA POLISI: PENGGAMBARAN CITRA POLISI DI SURAT KABAR KOMPAS DAN POS KOTA PERIODE JANUARI – AGUSTUS 2004

Sari Dewi Kusumayantie

Abstract


Abstrak

Penelitian bertujuan  untuk mengetahui bagaimana citra polisi (institusi maupun anggota) dalam berita Kompas dan Pos Kota. Citra dalam penelitian ini dibagi dalam empat aspek: kinerja, kompetensi, profesionalitas, dan moralitas. Dalam berita mengenai institusi polisi, Kompas dan Pos Kota menggambarkan secara positif kinerja, kompetensi, dan  profesionalitas.  Untuk aspek moralitas anggota polisi diberitakan secara negatif oleh Kompas dan Poskota. Dengan kata lain, masalah moralitas adalah aspek citra yang menjadi pekerjaan rumah paling besar bagi kepolisian.

 

Kata Kunci: Citra, Polisi, Suratkabar


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abrar, Ana Nadya, ”Panduan Buat Pers Indonesia”, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2001.

Anoraga, Pandji, ”Psikologi Kerja”, Rineka Cipta, Jakarta, 1998.

Assegaff, Djafar, ”Jurnalistik Masa Kini: Pengantar Praktek Kewartawanan”, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1983.

Dharma, Agus, ”Manajemen Prestasi Kerja”, Rajawali, Jakarta, 1985.

Effendi, Onong Uchjana, ”Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikasi”, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1992.

------------------------------, ”Human Relation dan Public Relation Dalam Manajemen”, Alumni, Bandung, 1979.

Fisher, Aubrey, ”Teori-Teori Komunikasi”, Penterjemah Soejono Trimo, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2001.

Hamad, Ibnu, ”Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa”, Granit, Jakarta, 2004

Jefkins, Frank, ”Hubungan Masyarakat”, Intermasa, Jakarta, 2002.

Lull, James, ”Media Komunikasi Kebudayaan: Suatu Pendekatan Global”, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, 1998.

McQuail, Dennis, ”Teori Komunikasi Massa: Suata Pengantar”, Penterjemah Agus Dharma, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2000.

Kasali, Rhenald, ”Manajemen Public Relation: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia”, Grafiti Press, Jakarta, 1994.

Nasution, Z., ”Sosiologi komunikasi Massa”, Universitas Terbuka, Jakarta, 1993.

Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), ATVSI, SPSl, PRSSNI, ”Media Scene 2005”, Jakarta, 2005.

Rakhmat, Jalaluddin, ”Psikologi Komunikasi”, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002.

Ritonga, Jamiluddin, ”Riset Kehumasan”, Grasindo, Jakarta, 2004.

Ruky, Achmad S, ”Performance Management System: Panduan Praktis untuk Merancang dan Meraih Kinerja Prima”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001.

Ruslan, Rosady, ”Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi”, Rajawali Press, Jakarta, 2002.

-------------------, ”Praktik dan Solusi Public Relation Dalam Situasi Krisis dan Pemulihan Citra”, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1995.

-------------------, ”Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation”, Raja Grafindo, Jakarta, 1997.

Sendjaja, Sasa Djuarsa, ”Teori Komunikasi”, Universitas Terbuka, Jakarta, 2002.

Shoemaker, Pamela J and Stephen D. Reese, “Mediating The Message:Theories of Influence on Mass Media Content”, Longman, London, 1996.

Suprihanto, John, ”Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan dan Pengembangan Karyawan”, BPFE, Yogyakarta, 1998.

Susanto, AB, ”Competency-Based HRM”, Bisnis Indonesia, 20 Juni 2004

Suwardi, Harsono, ”Peranan Pers Dalam Politik di Indonesia”, Sinar Harapan, Jakarta, 1993.

Wimmer, Roger dan Joseph Dominick, ”Mass Media Research: An Introduction”, Second Edition, Wadsworth, California, 1988.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v2i2.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats