EVALUASI ATAS PROGRAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG KESELAMATAN DAN KETERTIBAN MUDIK DI TAHUN 2016

Resman Muharul Tambunan

Abstract


Abstract

This study was conducted to find out how many people homecoming who already know the public service advertisement (PSA) from the Ministry of Transportation about "ketertiban saat mudik" and "keselamatan berkendara saat mudik." Knowing what influences the community (travelers) to know or do not know about advertising services the public from the Ministry of Transportation about "Ketertiban saat mudik" and "keselamatan dalam berkendara saat mudik." In addition this research will also answer some hypothesis as follows: The quality of advertising affects the effectiveness of advertising, the attractiveness of advertising affect the effectiveness of advertising, The two regression equations generated are as follows Y = 1.117 + 0.368X1 + 0.327X2 + 0,048X3 - Hypothesis for PSA Keselamatan version. The quality of PSA Version of Keselamatan Safety affects the effectiveness of PSA Mudik Safety version shows the value of t equal to 6,282 and sign 0,00 (> 0.05); The attraction of PSA Version of Keselamatan affects the effectiveness of PSA Keselamatan version shows the value of t equal to 6,294 and sign 0,00 (<0.05); Media Impact PSA affects the effectiveness of PSA Keselamatan version shows the value of t of 1.891 and sign 0.059 (> 0.05). With these figures show that PSA Media Impact does not significantly affect the effectiveness of PSA Keselamatan Version. But that figure can still be expressed significantly influence with 90% confidence level. Y = 1.555 + 0.195X1 + 0.413X2 + 0.057X3 - Hypothesis for PSA version of Order PSA Ketertiban Version of Order affects the effectiveness of ILM Mudik version of Order shows the value of t equal to 4,206 and sign 0,00 (> 0.05). ; The attraction of PSA KetertibanVersion of Safety affects the effectiveness of ILM Mudik Safety Version; From result of analysis show t value equal to 11.358 and sign 0,00 (<0.05). ; Media Impact PSA affects the effectiveness of PSA “Ketertiban”Version of Order From the analysis result shows t value equal to 2,770 and sign 0,006 (<0.05).Y: The effectiveness of PSA “Ketertiban” or “ Keselamatan Version; X1: Quality of PSA “Ketertiban” or “ Keselamatan Version; X2: Attractions of PSA “Ketertiban” or “ Keselamatan Version; X3: Media Impact of PSA “Ketertiban” or “ Keselamatan Version. Keywords : public services advertisement, advertisement attract, advertisement quality, media exposure

 

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa banyak masyarakat (pemudik) yang sudah mengetahui iklan layanan masyarakat dari Kementerian Perhubungan tentang “ketertiban saat mudik” dan “keselamatan berkendara saat mudik”. Mengetahui apa saja yang mempengaruhi masyarakat (pemudik) untuk tahu atau tidak tahu tentang iklan layanan masyarakat dari Kementerian Perhubungan tentang “ketertiban saat mudik” dan “keselamatan berkendara saat mudik”. Selain itu penelitian ini juga akan menjawab beberapa hipotesis sebagai berikut : Kualitas iklan berpengaruh terhadap efektivitas iklan, Daya tarik iklan berpengaruh terhadap efektivitas iklan, Terpaan media berpengaruh terhadap efektivitas iklan. Dua persamaan regresi yang dihasilkan adalah sebagai berikut : Y = 1.117 + 0.368X1 + 0.327X2 + 0,048X3 – Hipotesis untuk ILM versi keselamatan. Kualitas ILM Mudik Versi Keselamatan berpengaruh terhadap Efektifitas ILM Mudik Versi Keselamatan menunjukan nilai t sebesar 6.282 dan sign 0,00 (>0.05); Daya Tarik ILM Mudik Versi Keselamatan berpengaruh terhadap Efektifitas ILM Mudik Versi Keselamatan menunjukan nilai t sebesar 6.294 dan sign 0,00 (<0.05); Terpaan ILM Mudik berpengaruh terhadap Efektifitas ILM Mudik Versi Keselamatanmenunjukan nilai t sebesar 1.891 dan sign 0,059 (>0.05). Dengan angka-angka tersebut menunjukan bahwa Terpaan ILM Mudik tidak signifikan berpengaruh terhadap Efektifitas ILM Mudik Versi Keselamatan. Tetapi angka tersebut masih bisa dinyatakan berpengaruh secara signifikan dengan tingkat kepercayaan 90%. Y = 1.555 + 0.195X1 + 0.413X2 + 0,057X3 - Hipotesis untuk ILM versi Ketertiban ILM Mudik Versi Ketertiban berpengaruh terhadap Efektifitas ILM Mudik Versi Ketertibanmenunjukan nilai t sebesar 4.206 dan sign 0,00 (>0.05). ; Daya Tarik ILM Mudik Versi Keselamatan berpengaruh terhadap Efektifitas ILM Mudik Versi Keselamatan; Dari hasil analisis menunjukan nilai t sebesar 11.358 dan sign 0,00 (<0.05). ; Terpaan ILM Mudik berpengaruh terhadap Efektifitas ILM Mudik Versi KetertibanDari hasil analisis menunjukan nilai t sebesar 2.770 dan sign 0,006 (<0.05). Y : Efektifitas ILM Versi Keselamatan atau Ketertiban; X1: Kualitas ILM Mudik Versi Keselamatan atau Ketertiban; X2: Daya Tarik ILM Mudik Versi Keselamtan atau Ketertiban ; X3 : Terpaan responden terhadap ILM Mudik. Kata kunci : iklan layanan masyarakat, daya tarik iklan, kualitas iklan, terpaan media


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) online yang beralamat : www.bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php.

Shimp Terence. (2003). Periklanan Promosi, Jakarta; Erlangga.

Thomas E. Barry. (1987). yang berjudul “The Development of the Hierarchy of Effects: An Historical Perspective”.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v15i1.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats