STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS UNILEVER INDONESIA DALAM MENGHADAPI TUDUHAN BOIKOT PRO ISRAEL

Andita Ravianda Dwitama

Abstract


Penelitian ini menggambarkan strategi komunikasi krisis yang diterapkan oleh Unilever Indonesia dalam merespons tuduhan publik mengenai dukungan terhadap Israel, yang mengarah pada seruan boikot produk perusahaan. Menggunakan metode studi dokumen kualitatif, penelitian ini menganalisis pernyataan resmi, pemberitaan media, dan reaksi publik untuk menilai efektivitas respons Unilever. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Unilever Indonesia mengadopsi strategi multi-lapis yang mencakup klarifikasi afiliasi korporasi, keterlibatan dengan komunitas agama, dan pendekatan media proaktif. Upaya ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan reputasi dan memulihkan kepercayaan konsumen. Penelitian ini menggunakan teori apologia sebagai dasar pemikiran untuk menganalisis bagaimana Unilever melakukan pembelaan diri di tengah krisis ini.

 


Full Text:

PDF

References


Aarti Chopra. (2025). Navigating Crises: The Strategic Role of CSR in Crisis Management and Mitigation. Journal of Information Systems Engineering and Management, 10(4s), 01–10. https://doi.org/10.52783/jisem.v10i4s.465

Alexander, K. (2024). Consumers Protest the Gaza War by Boycotting US Goods. https://www.stimson.org/2024/consumers-protest-the-gaza-war-by-boycotting-us-goods/#:~:text=Social Media Turns Local Boycotts,Global

Alfarizi, M. K. (2023). Unilever Diterpa Isu Boikot karena Diduga Terafiliasi Israel, Ini Kata Bos Apindo. https://www.tempo.co/ekonomi/unilever-diterpa-isu-boikot-karena-diduga-terafiliasi-israel-ini-kata-bos-apindo-115008#goog_rewarded

Fahrudin, N. F. (2023). Isu Boikot Semakin Memanas, Unilever Rilis Pernyataan Tentang Bantuan Kemanusiaan di Timur Tengah. https://www.jawapos.com/internasional/013300526/isu-boikot-semakin-memanas-unilever-rilis-pernyataan-tentang-bantuan-kemanusiaan-di-timur-tengah#google_vignette

Kristian Alexander. (2024, April 9). Consumers Protest the Gaza War by Boycotting US Goods. Stimson.

Kriyantono, R. (2017). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. K E N C A N A.

Mulyono, H., & Rolando, B. (2025). Consumer boycott movements: Impact on brand reputation and business performance in the digital age. Multidisciplinary Reviews, 8(9). https://doi.org/10.31893/multirev.2025291

Mulyono, H., & Rolando, B. (2025). Consumer boycott movements: Impact on brand reputation and business performance in the digital age. Multidisciplinary Reviews, 8(9). https://doi.org/10.31893/multirev.2025291

Natalina Nilamsari. (2014). MEMAHAMI STUDI DOKUMEN DALAM PENELITIAN KUALITATIF. Wacana, XIII.

Noviarti, I., & Tengah, T. (2023). Pernyataan Unilever Indonesia. Unilever.Co.Id, November, 2023.

Nuortimo, K., Harkonen, J., & Breznik, K. (2024). Exploring corporate reputation and crisis communication. Journal of Marketing Analytics, Aven 2013. https://doi.org/10.1057/s41270-024-00353-8

Riyanti, D., & Laily Nisa, F. (2023). DAMPAK AKSI BOIKOT PRODUK BERAFILIASI ISRAEL TERHADAP PERTUMBUHAN PRODUK LOKAL DI ERA KONFLIK ISRAEL-PALESTINA. In DJIEB (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/djieb/index

Saputra, B. (2023). Unilever Indonesia tetapkan Benjie Yap sebagai direktur utama. https://www.antaranews.com/berita/3877824/unilever-indonesia-tetapkan-benjie-yap-sebagai-direktur-utama#:~:text=Didorong oleh ambisi untuk meningkatkan,tujuan sosial yang lebih dalam

Sheifa, S., Syajidah, A., & Mennita, R. (2024). Dampak Boikot Produk Israel Terhadap Kinerja Penjualan PT Unilever Indonesia Tbk. MARGIN ECO: Jurnal Ekonomi Dan Perkembangan Bisnis, 8(2).

Silvia, K. J., & Mu’awwanah, U. (2025). Analisis Himbauan MUI (Boikot Produk Pro-Israel) Terhadap Perilaku Konsumsi. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 6(4), 540–547. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v6i4.7217

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Tempo. (2024, February 8). Unilever Ungkap Dampak Aksi Boikot Israel: Sentimen Negatif Paling Terasa di Padang dan Aceh. Tempo.

Tian, Y., & Yang, J. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company ’ s public news and information . January.

Wibowo, P., Hapsari, R. D., & Ascha, M. C. (2024). RESPON PUBLIK TERHADAP FATWA BOIKOT PRODUK ISRAEL OLEH MAJELIS ULAMA INDONESIA. Journal Publicuho, 7(1), 382–395. https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i1.371

Wibowo, P., Hapsari, R. D., & Ascha, M. C. (2024). RESPON PUBLIK TERHADAP FATWA BOIKOT PRODUK ISRAEL OLEH MAJELIS ULAMA INDONESIA. Journal Publicuho, 7(1), 382–395. https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i1.371

Yap, B., & Direktur, P. (2023). Pernyataan Unilever Indonesia. Unilever.Co.Id, 2024.




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v22i02.1795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats