PENGARUH PROGRAM ACARA MATA NAJWA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI (SURVEY MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BUNDA MULIA, JAKARTA)

Ilona V. Oisina Situmeang

Abstract


Abstract

Mata Najwa program is one program on TV that provides in-depth information about events experienced political figures , government to the general public that is worthy to note the problem. Presenting a variety of programs that important information such whether it can meet the information needs for students of Communication Studies University of Bunda Mulia, Jakarta. Correlation of test results done shows 0.717 , which means there is a strong influence among the programs Najwa Eyes on the fulfillment of information needs. From regression obtained for 71.7 % of programs affecting the fulfillment of the information and the hypothesis test conducted found results Ha accepted and Ho rejected, which means there is influence between Mata Najwa programs to meet the needs of information for students of Communication Studies University of Bunda Mulia , Jakarta.

 

Keywords : Program , Mata Najwa , Information.

 

Abstrak

Program acara Mata Nazwa merupakan salah satu program acara di media TV yang memberikan informasi yang mendalam tentang kejadian yang dialami tokoh politik, pemerintahan sampai ke masyarakat umum yang layak untuk diketahui permasalahannya. Program acara yang menyajikanberbagai informasi penting tersebut apakah dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia, Jakarta. Dari hasil Uji korelasi yang dilakukan diperoleh hasil 0,717 yang artinya terdapat pengaruh yang kuat antara program acara Mata Nazwa terhadap pemenuhan kebutuhan informasi. dari uji regresi yang diperoleh sebesar 71,7% program acara mempengaruhi pemenuhan kebutuhan informasi dan dari Uji hipotesis yang dilakukan didapatkan hasil Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh antara program acara Mata Nazwa terhadap pemenuhan kebutuhan informasi bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia, Jakarta

 

Kata kunci: Program, Mata Najwa, Informasi.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ancok D. (1995). Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Dalam metode penelitian survai. Diedit oleh Singarimbun dan Sofian effendi. Jakarta : LP3ES.

Ashenfelter O, Levine PB, Zimmerma DJ. (2003). Statistics and econometrics: methods and applications. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Babbie E. (1992). The practice of social research. Edisi Enam. Belmont, California: Wadsworth Publishing Company.

Bonar SK. (1993). Hubungan masyarakat modern. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin B. (2006). Metodologi penelitian kuantitatif-komunikasi, ekonomi dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Effendy OU. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra aditya Bakti.

Elvinaro A. (2007). FilsafatIlmuKomunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Iriantara Y. (2004). Manajemen Strategis Public Relation. Bandung: Ghalia Indonesia.

Jogiyanto HM. (2008). Metodologi penelitian sistem informasi: Pedoman dan contoh melakukan penelitian di bidang sistem teknologi informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kerlinger NF. (2002). Azas-azas penelitian behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kriyantono R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana. Jakarta.

Muda DI. (2003). Jurnalisitik Televisi. Bandung: Rosda Karya.

Morissan. (2008). Jurnalisitik Televisi Mutakhir. Prenada Media Group.

Muda Deddy Iskandar. (2004). Jurnalistik Televisi. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Seviela CG, Ochave A, Punsalan G, Regala P, Uriarte. (1993). Pengantar metode penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Sutabri T. (2005). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit ALFABETA.

Yusuf PM. (2009). Ilmu Informasi Komunikasi dan Kepustakaan. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats