MAKNA LOGO, ASPEK KOGNITIF DAN AFEKSI (HUBUNGAN ANTARA MAKNA LOGO, ASPEK KOGNITIF DAN AFEKSI KARYAWAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL)

Heriyanti Heriyanti

Abstract


Abstrak

Logo merupakan simbol visual identitas perusahaan yang dapat digunakan sebagai poin untuk publik mengingat atau menghubungkannya dengan nama perusahaan tertentu. Terdapat tiga kategori simbol logo yang dapat digunakan perusahaan dalam membentuk identitas visual perusahaan. Bentuk logo ini akan berhasil bila dalam logo tersebut menggambarkan karakter tentang perusahaan. Pemasalahan penelitian, dapat disimpulkan untuk dampak Kognitif, karyawan Universitas Esa Unggul memahami tentang perubahan logo baru yang lebih colour full. Untuk dampak Afeksi bagaimana logo tersebut dapat menyentuh perasaan karyawan secara emosional terhadap perubahan logo lama.  Item-item dalam kuesioner telah melalui uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha dan uji korelasi bivariate antara masing-masing skor indikator dengan total skor konstruksi untuk menguji validitas. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90. Pengambilan sampel dengan dengan metode acak sederhana (simple random sampling).Hasil penelitian menggunakan uji korelasi Person’s Product Moment menyatakan memperlihatkan adanya hubungan yang signifikan (r = 0,403) dan ketika dibagi dalam makna logo denotatif dan konotatif ternyata makna logo denotatif (r = 0,370) memiliki angka hubungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan makna logo konotatif (r = 0,303) ketika dihubungkan dengan aspek kognitif. Makna logo dihubungkan dengan aspek afeksi memperlihatkan  angka yang rendah (r = 0,340), tetapi ternyata hubungan makna logo konotatif lebih tinggi dibandingkan dengan makna logo denotatif dan masih lebih tinggi dibandingkan dengan makna logo secara umum. Artinya bahwa makna konotatif dapat menentukan sikap.

 

Kata kunci: denotatif, kognitif dan afeksi, konotatif

 

 

Abstract

Logo is a symbol of corporate visual identity that can be used as a point for the public to remember or relate it to a specific company name. There are three categories of symbols that can be used by company logo in shaping the visual identity of the company. Shape of logo will be successful if the logo depicts the character of the company.While connected to the research problem, it can be concluded for cognitive effects, Esa Unggul University employees are understand about the changes the new logo is more full color. For Affective impact  how to the logo can be emotionally touching about mployees to change the old logo. The items in the questionnaire have been through with less cronbach alpha reliability test and test bivariate correlations between each indicator score with a total score validitys.This researchusing 90 sample. Sampling with simple random method (simple random sampling).The results using correlation test Person's Product Moment states showed a significant correlation (r = 0.403) and when divided into the meaning of the logo denotative and connotative turns the meaning of the logo denotative (r = 0.370) has a number of connections is higher than the meaning of the logo connotative (r = 0.303) when associated with cognitive aspects. Meaning of the logo associated with affective aspects showed a low number (r = 0.340), but it ties connotative meaning of the logo is higher than the denotative meaning of the logo and still higher compared with the general meaning of the logo. This means that the connotative meaning to take a stand. Thus, the authors concluded that there is a significant relationship between the meaning of the logo, the cognitive and affective Esa Unggul University employees.

 

Keywords: denotative, cognitive and affective , connotative  


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Azwar, Drs. Saifuddin, “Sikap Manusia”, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2002

Abdullah, Aceng, “Press Relation”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung 2000

Artini Kusmiati R, Sri Pudjiastuti, Pamudji Suptandar, “Teori Dasar Disain Komunikasi Visual”, Jakarta, 1991

Cutlip.M Scott, Allen H Centre, Glen M Broom., “Effective Public Relations”, Edisi ke-9, Prenada Media Group, Jakarta, 2006.

Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariat, dengan Program SPSS”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2005

Hasan, Iqbal. M., “Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian & Aplikasinya”, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2002

Kartono, Kartini, “Pengantar Metodologi Riset Sosial”, Mandar Maju, Bandung, 1990

Kotler,m P., G. Armstrong, J. Saunders, dan V. Wong, “Principles of Marketing”, Prentice Harlow

Keller, “Manajemen Pemasaran”, Penerbit Erlangga, 2009

Kriyantono, Rachmat, “Teknik Praktis Riset Komunikasi”, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2007

Mulyana, “Suatu Pengantar ilmu Komunikasi”, Rosda, 2001

Mar’at, Prof, Dr, “Sikap Manusia Perubahan serta Pengukurannya”, Ghalia Indonesia, Bandung, 1981

Laura A. King, “Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif”, Salemba Humanika, Jakarta, 2010

Lexy moleong, “Metode Penelitian Kualitatif Penerbitan PT. Remaja Rosdakarya”, 2006

Purnawan Junaidi, “Pengantar Analisis Data”, Rineka Cipta, Jakarta, 1995

Rakhmat, Jalaluddin, “Psikologi Komunikasi”, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007

Rhenald Kasali, “Manajemen Periklanan, Konsep dan Aplikasi di Indonesia”, Jakarta, 1992

Rivai, Veithzal, Prof, “Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi”, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003

Robin, Stephen. P., “Perilaku Organisasi”, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta, 2003

Ruslan, Rosady, “Praktik dan Solusi Public Relations Cetakan Pertama”, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1999

Schiffmann, Leon, dan Leslie Lazar Kanuk, “Perilaku Konsumen, alih bahasa Drs. Zoelkifli Kasip”, PT Indeks, Jakarta, 2007

Singarimbun, Masri &Effendy Sofyan, “Metode Penelitian Survey”, LP3ES, Jakarta, 1989

Suharyadi, dan Purwanto S.K., “Statistika untuk Ekonomi danKeuangan Modern 2”, Salemba Empat, Jakarta, 2004

Umar Husen, “Metode Riset Bisnin”, Jakarta, 2003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats